Pansus Pemilihan Wagub DKI Mulai Rapat pada 20 Mei 2019

Oleh: Fadiyah Alaidrus - 17 Mei 2019
Pansus pemilihan Wagub DKI Jakarta akan mulai bekerja pada awal pekan depan.
tirto.id - Sekretaris DPRD DKI Jakarta, Yuliandi memastikan panitia khusus (Pansus) pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI pengganti Sandiaga Uno sudah siap bekerja.

"Sudah [siap], kan Senin sudah mulai kerja, tanggal 20 [Mei] mulai rapat pertama," kata Yuliandi saat dihubungi pada Jumat (17/5/2019).

Yuliandi menjelaskan, meski waktu lama kerja pansus itu tentatif, namun batas maksimalnya sudah diatur dalam PP Nomor 12 Tahun 2018. "Pansus itu maksimal [lama kerjanya] 6 bulan," ujar dia.

Informasi soal terbentuknya pansus pemilihan Wagub DKI tersebut juga telah disampaikan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi pada 13 Mei lalu.

"Ini kan sudah saya laksanakan [pembentukan pansus], nanti secepatnya setelah tanggal 22 Mei, kami akan gelar Rapim," kata Prasetyo saat di Restoran Batik Kuring, Jakarta.

"Nah tahapan-tahapan [pemilihan wagub] itu kami buat di Pansus itu supaya aturannya jelas. Kalau memang dua-duanya enggak keterima, ya datang lagi yang baru," tambah Prasetyo.

Pansus tersebut diketuai oleh Mohamad "Ongen" Sangaji yang juga merupakan Ketua Fraksi Hanura. Sementara posisi wakil ketua dipegang oleh Ketua Fraksi Nasdem, Bestari Barus.

Pembentukan pansus ini sudah direncanakan sejak Maret 2019. Tepatnya setelah PKS dan Gerindra resmi bersepakat mengusulkan nama Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu sebagai Cawagub DKI pada 22 Februari lalu.


Baca juga artikel terkait WAGUB DKI atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus
(tirto.id - Politik)

Reporter: Fadiyah Alaidrus
Penulis: Fadiyah Alaidrus
Editor: Addi M Idhom