OPPO Reno3 Tersemat 5 Kamera, Apa Fungsi dan Fiturnya?

Oleh: Ibnu Azis - 19 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Spesifikasi OPPO Reno3 untuk kebutuhan fotografi mobile tak main-main lantaran total tersemat 5 buah kamera.
tirto.id - OPPO Reno3 untuk kebutuhan fotografi mobile dibekali amunisi 5 buah kamera, terdiri dari 4 kamera belakang dan 1 kamera selfie. Apa fungsi dan fitur dari masing-masing kamera itu?

Aryo Meidianto selaku PR Manager OPPO Indonesia mengatakan OPPO selalu berada di garis depan dalam pengembangan dan inovasi fotografi smartphone.

"Melalui Reno3, OPPO berupaya memberikan definisi baru mobile photography untuk memberikan pengalaman fotografi smartphone terbaik kepada penggunanya," imbuhnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tirto, Kamis (19/3/2020).

OPPO Reno3 kata dia hadir untuk memberikan solusi fotografi dengan berbagai skenario pencahayaan untuk menghadirkan hasil dengan kualitas yang luar biasa.

Pada bagian belakang Reno3, terdapat 48MP Zoom Quadcam yang terdiri dari kamera utama 48MP Ultra-Clear, 13MP lensa telephoto, 8MP lensa sudut lebar, dan 2MP lensa mono.

Aryo mengatakan OPPO Reno3 dapat memenuhi kebutuhan fotografi melalui sudut pandang yang luas, normal, dan foto jarak jauh.

Kehadiran fitur 108MP Ultra Clear Image dapat menghadirkan foto yang tampil tajam dan tanpa kehilangan detail. Melalui kamera utama, OPPO Reno3 dapat merekam informasi sub-pixel dengan resolusi gambar yang sangat tinggi.


Ketika menggunakan fitur 108MP Ultra Clear Image, Reno3 akan mengambil foto multi-frame dan melalui kecerdasan buatan akan secara otomatis digabungkan.

"Dengan Optical-Flow Sub-pixel Registration, kamera dapat mencocokkan dan mengkalibrasi sub-pixel pada frame yang berbeda untuk menghasilkan gambar asli dengan pixel yang rendah dengan lebih banyak informasi," kata Aryo.

Setelah itu, melalui Sub-pixel Interpolation, gambar asli dengan pixel yang rendah akan diubah menjadi gambar dengan resolusi tinggi, tajam, dan jelas.

Pada bagian depan, 44MP Ultra Night Selfie pada kameranya menghadirkan foto selfie berdefinisi tinggi untuk kondisi malam hari dengan detail tekstur wajah yang terjaga.

Aryo mengatakan OPPO pertama kalinya mengembangkan dan memperbaharui algoritma Ultra Night Mode pada kamera depan.

Selain itu, OPPO juga memanfaatkan NPU dengan algoritma kecerdasan buatan baru untuk memberikan fitur Ultra Dark Mode yang akan aktif apabila kondisi pencahayaan rendah di bawah 1 lux.

Aspek video juga wajib diperhatikan lantaran ini terkait dengan performa kamera. Untuk itu, OPPO juga menanamkan fitur-fitur andalan di Reno3.


Semenjak debut 5X Dual-Camera Zoom pada MWC 2017, OPPO menjadi salah satu produsen smartphone yang memprioritaskan untuk mengatasi masalah perbesaran gambar pada smartphone melalui zooming technology.

Konsistensi OPPO dalam zooming technology ini diaplikasikan pada lini seri Reno mulai dari 10x Hybrid Zoom hingga pada Reno3 yang mengusung 5x Hybrid Zoom dengan kemampuan 20x Digital Zoom.

"Yang berbeda, kini pada Reno3 teknologi perbesaran ini juga hadir pada perekaman video," kata Aryo.

Reno3 juga membawa evolusi fitur Ultra Steady Video yang hadir sejak perangkat Reno2 diperkenalkan. Ultra Steady Video 2.0 membawa dua mode yang berbeda yaitu Ultra Steady Video dan Ultra Steady Video Pro.

Pada mode Ultra Steady Video, OPPO memanfaatkan teknologi Electronic Image Stabilization (EIS) yang dikembangkan dengan algoritma baru sehingga meningkatkan efek anti-shake, kemulusan hasil video.

"Kualitas gambar yang ditingkatkan dengan frame rate tinggi 1080p 60fps pada mode Ultra Steady Video dan 1080p 30fps pada mode Ultra Steady Video Pro," ujar Aryo.

OPPO juga membawa fitur Video Bokeh, Video Zoom, dan AI Beauty Mode untuk mendorong penggunanya dalam membuat konten video dengan mudah.

Kemudahan ini kata Aryo ditambah dengan kehadiran Soloop, yang merupakan Smart Video Editor bagi pengguna pemula untuk merekam kesehariannya melalui video.

OPPO Reno3 telah meluncur di Indonesia pada 17 Maret 2020 lalu dan dapat mulai dipesan pada periode 17 – 26 Maret 2020 dengan benefit berupa speaker bluetooth OASE S3 senilai Rp1 juta. Reno3 hadir dalam dua pilihan warna hitam dan putih.


Baca juga artikel terkait OPPO RENO3 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Sumber: Siaran Pers
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight