Modal Swiss Jelang Laga Pembuka vs Brasil di Piala Dunia 2018

Oleh: Ibnu Azis - 15 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Swiss tampil impresif di babak kualifikasi zona Eropa dan laga uji coba jelang Rusia 2018.
tirto.id - Usai laga Kosta Rika melawan Serbia, duel antara Brasil vs Swiss bakal menjadi pertandingan Piala Dunia 2018 Grup E lainnya di Stadion Rostov Arena, Rusia, pada Senin (18/6/2018). Berkaca pada babak kualifikasi dan laga uji coba, Tim Nasional (Timnas) arahan Vladimir Petkovic ini sedianya memiliki modal cukup kendati Brasil difavoritkan.

Di babak kualifikasi Rusia 2018 zona Eropa, tim berjuluk Die Nati tersebut hanya kalah selisih gol dari juara grup, Portugal yang mengemas poin sama, 27. Finis di posisi runner-up, Swiss di babak play-off mengandaskan perlawanan Irlandia Utara dengan agregat 1-0 sebelum lolos ke putaran final.

Secara keseluruhan, tim yang tampil di enam edisi Piala Dunia ini melakoni 12 laga di babak kualifikasi dengan mengemas 10 kemenangan serta imbang dan kalah masing-masing satu kali. Sementara di laga uji coba jelang Rusia 2018, Ricardo Rodriguez dan kawan-kawan tak tersentuh kekalahan dalam enam pertandingan terakhir termasuk empat laga di tahun ini.


Selain dari dua catatan di atas, rekor head-to-head Brasil dan Swiss ternyata berimbang kendati Selecao unggul dalam hal prestasi. Mereka pertama kali bersua di Piala Dunia 1950 dan di laga ini, Brasil selaku tuan rumah dipaksa Swiss bermain imbang 2-2.

Berikutnya, pertemuan tersebut terjadi dalam dua laga persahabatan. Dihelat di Bassel pada 16 November 2006, Brasil mengatasi Swiss dengan skor tipis 1-2. Namun, tujuh tahun kemudian, masih di tempat yang sama, Swiss mampu membalas 1-0 berkat gol bunuh diri Dani Alves.

Menakar peluang Swiss di Rusia 2018, laga berat melawan Brasil pada Senin mendatang wajib dimaksimalkan. Apabila mampu melewati rintangan ini dengan hasil positif, kans Swiss lolos dari fase grup cukup terbuka. Karena, tim yang tiga kali melaju ke perempat final Piala Dunia ini tinggal berhadapan dengan lawan yang relatif lebih ringan, yakni Serbia (28/6) dan Kosta Rika (28/6).


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis