Menteri Perdagangan Jepang Undang Indonesia Bahas Energi Terbarukan

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 29 Mei 2019
Dalam KTT G20 di Jepang juga akan membahas persoalan energi baru terbaharukan untuk menciptakan energi ramah lingkungan.
tirto.id - Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri (METI) Jepang, Hiroshige Seko mengundang perwakilan dari Indonesia untuk menghadiri pembicaraan mengenai transisi energi pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Jepang bulan Juni mendatang.

Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Perencanaan Strategis, Yudo Dwinanda Priaadi mengatakan, pertemuan itu nantinya akan dilaksanakan selama 15-16 Juni 2019. Peserta dalam pertemuan ini, direncanakan dari menteri-menteri bidang terkait dari sejumlah negara.

Hal itu, kata Yudo, disampaikan langsung oleh Hiroshige Seko saat mengunjungi Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan di kantornya.


Dalam lawatan itu, Seko dan Jonan diketahui membicarakan sejumlah topik di bidang energi.

"Menteri METI datang ke sini mengundang Pak Jonan mengikuti pertemuan energy transition saat G20 di Jepang," ucap Yudo kepada wartawan saat ditemui di gedung Kemen ESDM, Rabu (29/5/2019).

"Nama pertemuannya itu Energy Transition ministerial meeting," tambah Yudo.

Pertemuan di Jepang ini, kata Yudo, nantinya berfokus membahas transisi energi ke arah yang lebih ramah lingkungan.

Di antaranya mencangkup energi yang bersih dan hijau. Hal ini berarti KTT G20 itu nantinya juga akan membahas Energi Baru Terbarukan (EBT).

Yudo juga mengatakan, tidak menutup kemungkinan bila nantinya akan ada nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Indonesia dan Jepang di bidang energi.

Yudo menambahkan, saat menerima kunjungan menteri dari Jepang, Jonan juga menawarkan investasi kepada jepang di bidang energi.

"Intinya Kemen ESDM mengundang Jepang untuk investasi di EBT," ucap Yudo.


Baca juga artikel terkait KTT G20 atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Zakki Amali
DarkLight