Mengenal Fitur Baru Slack yang Dapat Menjadwalkan Pesan dan Caranya

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 11 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Fitur baru Slack Scheduled menjadi kabar baik terutama bagi pengguna Slack yang bekerja dengan zona waktu dan lokasi yang berbeda dengan koleganya.
tirto.id - Fitur penjadwalan pesan dirilis Slack yang memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan pesan guna dikirim nanti. Bernama Scheduled Send, fitur ini tersedia di versi dekstop maupun mobile.

"Kami meluncurkan Scheduled Send untuk mendorong pengguna berkomunikasi dan berkolaborasi dengan cara terbaik bagi mereka," ujar pihak perusahaan seperti diansir dari The Verge.

Kedatangan fitur ini menjadi kabar baik terutama bagi pengguna layanan pesan ini yang bekerja dengan zona waktu dan lokasi yang berbeda dengan koleganya. Pesan ini dilaporkan bisa dijadwalkan hingga 120 hari ke depan dan pengguna bisa melakukan pengeditan hingga penghapusan meski pesan sudah dijadwalkan.

Berikut cara menjadwalkan pesan Slack di desktop seperti dikutip dari situs resmi Slack:

1. Klik "Compose Button" atau buka percakapan yang ingin Anda kirimi pesan.

2. Ketik pesan di kolom pesan.

3. Klik ikon panah ^.

4. Pilih tanggal dan waktu dari daftar atau pilih "Custom time" untuk mengatur waktu yang Anda inginkan.

Cara menjadwal pesan Slack di mobile:

1. Dari "Home tab", pilih "Compose Button" buka percakapan yang ingin Anda kirimi pesan.

2. Ketik pesan di kolom pesan.

3. Ketuk dan tahan ikon pesawat kertas.

4. Pilih tanggal dan waktu dari daftar atau pilih "Custom Time" untuk mengatur waktu yang Anda inginkan.

Setelah melakukan langkah di atas, Anda juga masih bisa melihat, mengedit, mengatur ulang waktu penjadwalan, bahkan menghapusnya sebelum pesan dikirim. Adapun kemampuan untuk menjadwalkan pesan juga sebelumnya telah dimiliki layanan email seperti Gmail.

Untuk di desktop caranya, klik "Scheduled" di bagian sebelah kiri bar untuk melihat semua pesan yang dijadwalkan, kemudian pilih pesan dan ikon di pojok kanan atas untuk melakukan pengontrolan.

Lantas untuk versi mobile caranya adalah dari tab "Home", ketuk bagian "Scheduled" yang ada di atas kemudian ketuk dan tahan pesan lalu pilih ikon dari daftar yang ada.


Baca juga artikel terkait SLACK atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Ibnu Azis
DarkLight