Menuju konten utama

Melihat Progres Pembangunan MRT Jakarta

MRT dinilai bisa menjadi terobosan transportasi. Diperkirakan dapat mengangkut 280 ribu penumpang perhari. Proyek sebesar 1,5 milliar dollar AS ini dinilai sebanding dengan manfaat yang akan dirasakan warga dengan hadirnya MRT. Ibukota lepas dari belenggu kemacetan akut.

Melihat Progres Pembangunan MRT Jakarta
Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 rute Lebak Bulus - Bundaran HI, TIRTO/Andrey Gromico
2016/09/08/DSC_5460copy_ratio-16x9.jpg
Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 rute Lebak Bulus - Bundaran HI, TIRTO/Andrey Gromico
2016/09/08/DSC_5511copy_ratio-16x9.jpg
Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 rute Lebak Bulus - Bundaran HI, TIRTO/Andrey Gromico
2016/09/08/DSC_5358copy_ratio-16x9.jpg
Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 rute Lebak Bulus - Bundaran HI, TIRTO/Andrey Gromico
2016/09/08/DSC_5594copy_ratio-16x9.jpg
Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 rute Lebak Bulus - Bundaran HI, TIRTO/Andrey Gromico
2016/09/08/DSC_5574copy_ratio-16x9.jpg
Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 rute Lebak Bulus - Bundaran HI, TIRTO/Andrey Gromico
2016/09/08/DSC_5430copy_ratio-16x9.jpg
Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 rute Lebak Bulus - Bundaran HI, TIRTO/Andrey Gromico
2016/09/08/DSC_5944copy_ratio-16x9.jpg
Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 rute Lebak Bulus - Bundaran HI, TIRTO/Andrey Gromico
2016/09/08/DSC_5867copy_ratio-16x9.jpg
Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 rute Lebak Bulus - Bundaran HI, TIRTO/Andrey Gromico
2016/09/08/DSC_5747copy_ratio-16x9.jpg
Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 rute Lebak Bulus - Bundaran HI, TIRTO/Andrey Gromico
2016/09/08/DSC_5902copy_ratio-16x9.jpg
Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 rute Lebak Bulus - Bundaran HI, TIRTO/Andrey Gromico
2016/09/08/DSC_5979copy_ratio-16x9.jpg
Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 rute Lebak Bulus - Bundaran HI, TIRTO/Andrey Gromico
2016/09/08/DSC_6032copy_ratio-16x9.jpg
Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 rute Lebak Bulus - Bundaran HI, TIRTO/Andrey Gromico
2016/09/08/DSC_5799copy_ratio-16x9.jpg
Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 rute Lebak Bulus - Bundaran HI, TIRTO/Andrey Gromico
2016/09/08/DSC_5769copy_ratio-16x9.jpg
Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 rute Lebak Bulus - Bundaran HI, TIRTO/Andrey Gromico
2016/09/08/DSC_5730copy_ratio-16x9.jpg
Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 rute Lebak Bulus - Bundaran HI, TIRTO/Andrey Gromico
2016/09/08/DSC_5666copy_ratio-16x9.jpg
Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 rute Lebak Bulus - Bundaran HI, TIRTO/Andrey Gromico
2016/09/08/DSC_5349copy_ratio-16x9.jpg
Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 rute Lebak Bulus - Bundaran HI, TIRTO/Andrey Gromico
2016/09/08/DSC_6069copy_ratio-16x9.jpg
Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 rute Lebak Bulus - Bundaran HI, TIRTO/Andrey Gromico
2016/09/08/DSC_6096copy_ratio-16x9.jpg
Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 rute Lebak Bulus - Bundaran HI, TIRTO/Andrey Gromico
2016/09/08/DSC_6180copy_ratio-16x9.jpg
Penyelesaian pekerjaan konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 rute Lebak Bulus - Bundaran HI, TIRTO/Andrey Gromico
Ruang bawah tanah Jakarta ramai dan berisik dengan proyek transportasi masa depan. Proyek itu adalah pembangunan MRT (Mass Rapid Transit) Jakarta, sebuah sistem transportasi transit cepat yang akan beroperasi pada tahun 2019. MRT dinilai bisa menjadi terobosan transportasi. Diperkirakan dapat mengangkut 280 ribu penumpang perhari. Proyek sebesar 1,5 milliar dollar AS ini dinilai sebanding dengan manfaat yang akan dirasakan warga dengan hadirnya MRT. Ibukota lepas dari belenggu kemacetan akut.

Jalur MRT Jakarta akan membentang sepanjang 110,8 kilometer yang terdiri dar dua koridor, yakni Koridor Selatan - Utara (Lebak Bulus - Kampung Bandan) sepanjang 23,8 kilometer dan Koridor Timur - Barat sepanjang 87 kilometer. Angkutan modern ini juga dibangun 13 stasiun disepanjang rute. Terdiri dari 7 stasiun layang, dan 6 stasiun bawah tanah. Stasiun layang meliputi Stasiun Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete, Haji Nawi, Pasar Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja. Sedangkan untuk stasiun bawah tanah meliputi Stasiun Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bunderan HI.

Penyelesaian proyek MRT Jakarta Tahap I sudah mencapai 50 persen untuk terowongan bawah tanah, dan 22 persen untuk jalur layang.Pengerjaan konstruksi terowongan jalur bawah tanah saat ini mencapai 3.412,5 meter. ada empat mesin bor bawah tanah yang bekerja disepanjang kawasan Senayan hingga Bundaran HI. Dengan rincian, mesin bor Antareja telah berhasil mengebor terowongan bawah tanah sepanjang 1.276,5 meter, mesin bor Antareja II sepanjang 1,012,5 meter, mesin bor Mustikabumi I sepanjang 682,5 meter dan Mustikabumi II sepanjang 441 meter.

Terowongan MRT ini memiliki diameter 6,05 m yang dibentuk oleh 6 panel dinding berukuran 1,5 m dan dengan ketebalan 30 cm. Teknologi yang digunakan untuk pembuatan terowongan ini adalah dengan menyuntikkan cairan yang dapat mengeras dalam waktu 10 detik. Teknologi ini untuk mengisi kekosongan antara tanah dan terowongan agar tidak terjadi penurunan permukaan tanah.

Proyek pengerjaan MRT saat ini terus dikebut agar bisa cepat dinikmati warga Ibukota. kualitas hidup warga Jakarta dan suburbannya dinilai bakal lebih meningkat dengan adanya MRT. Duduk santai di kereta sambil membaca buku, sampai kantor tepat waktu, dan sampai rumah badan masih segar tidak loyo dihantam oleh kemacetan. Semoga saja.

Foto dan Teks: Andrey Gromico
Baca juga artikel terkait FOTO-TIRTO atau tulisan lainnya

Editor: Andrey Gromico