Martin Birch, Produser Black Sabbath & Iron Maiden Meninggal Dunia

Oleh: Ahmad Efendi - 10 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Semasa hidupnya, Martin Birch sering menjadi produser Iron Maiden, Whitesnake, Black Sabbath hingga Deep Purple.
tirto.id - Martin Birch, produser kondang yang menelurkan sembilan album Iron Maiden dan rekaman dari band rock tersohor lain seperti Whitesnake, Deep Purple hingga Black Sabbath, meninggal dunia pada usia 71 tahun.

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh vokalis Whitesnake, David Coverdale, melalui sebuah twit. “Dengan sangat berat hati, saya baru saja memastikan bahwa teman baik saya dan produser Martin Birch telah meninggal dunia,” tulisnya di Twitter pribadi, @davidcoverdale, pada Senin (10/8/2020).

Ia menambahkan,“Martin adalah bagian terbesar dalam hidup saya […] membantu saya sejak pertama kali kami bertemu hingga Slide It In. Pikiran dan doaku [dipersembahkan] untuk keluarga, teman, dan penggemarnya," pungkas frontman band rock yang Maret lalu menyambangi Yogyakarta itu.

Seperti dilansir NME, penyebab kematian Birch belum diumumkan ke publik. Kendati demikian, kabar kematian pria Inggris tersebut sampai di telinga pembetot bass Black Sabbath, Geezer Butler, yang langsung memberikan penghormatan.

Melalui akun Twitter miliknya, Butler menulis bahwa ia merasa begitu sedih mendengar kabar kematian tersebut. Tak lupa, ia juga memuji Birch sebagai seorang produser yang brilian.

“Sangat sedih mendengar meninggalnya Martin Birch. Produser yang brilian. Merasa senang bekerja dengannya di album Black Sabbath #HeavenandHell dan #MobRules. Belasungkawa untuk Vera dan keluarga. #RIPMartin,” ungkapnya.

Karier Martin Birch

Lahir pada tahun 1948, situs IMDb mencatat: nama Birch mulai dikenal secara luas berkat memproduseri beberapa album tersohor dari Iron Maiden, seperti Killers (1981), Live After Death (1985), Maiden England (1989), dan Mother Russia (1990).

Pada tahun 1992, ia kembali memproduseri album Bruce Dickinson dan kolega bertajuk Fear of the Dark (1992), yang meledak di pasaran, dan menjadi album terakhir yang ia garap sebelum dirinya pensiun.

Selain Iron Maiden, Birch juga dikenal karena tugas produksinya yang panjang dengan menghasilkan enam album pertama Whitesnake. Di tempat lain, ia juga membantu Black Sabbath bersama vokalis baru Ronnie James Dio yang menggantikan Ozzy Osbourne, dalam merekam single “Heaven and Hell”. Ia juga memproduseri beberapa lagu Deep Purple hingga Fleetwood Mac.

Ultimate Classic Rock, laman yang menyajikan ulasan seputar musik cadas klasik, membuat daftar 10 album terbaik yang digarap oleh Martin Birch. Berikut daftarnya:

1. The Number of the Beast (1982) – Iron Maiden

2. Heaven and Hell (1980) – Black Sabbath

3. Rising (1976) – Rainbow

4. Burn (1974) – Deep Purple

5. Machine Head (1972) – Deep Purple

6. Saints & Sinners (1982) – Whitesnake

7. Killers (1981) – Iron Maiden

8. Fire of Unknown Origin (1981) – Blue Oyster Cult

9. Argus (1972) – Wishbone Ash

10. Then Play On (1969) – Fleetwood Mac


Sebelum kematiannya, seperti dikutip dari Variety, Birch pernah menjawab pertanyaan mengapa band yang ia produseri selalu sukses keras.

Birch tidak menganggap bahwa dirinya seorang “teknisi super”. Namun, ia hanya bekerja secara sederhana: “memahami apa yang mereka (band) ingin capai,” ujarnya.

“Atau” ia menambahkan, “mungkin band mempercayai saya dalam jangka waktu yang lama, hanya karena mereka menganggap saya sebagai karakter yang sangat disukai!”


Baca juga artikel terkait MUSISI DUNIA atau tulisan menarik lainnya Ahmad Efendi
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Ahmad Efendi
Penulis: Ahmad Efendi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight