Marshall McLuhann Ultah Diperingati Google Doodle Hari Ini

Oleh: Maya Saputri - 21 Juli 2017
Dibaca Normal 1 menit
Siapakah ilmuwan komunikasi asal Kanada yang hari ini ultahnya diperingati jadi Google doodle hari ini?
tirto.id - Hari ini Google menghiasi laman pencariannya dengan doodle menarik. Terdapat kotak-kotak dengan animasi yang bila diklik akan mengarah pada laman pencarian. Ada pula wajah seorang pria di kotak tersebut, Marshall McLuhann, siapakah dia?

Dunia ilmu komunikasi tentunya tidak asing dengan nama ini, ilmuwan komunikasi dan kritikus asal Kanada ini dikenal dengan teorinya yang terkenal tentang global village. Teori “media adalah pesan itu sendiri” atau terkenal dengan “medium is the message” dan prediksinya tentang kemunculan internet (world wide web) 30 tahun sebelum ditemukan.

Google doodle hari ini secara khusus memperingati ulang tahunnya yang ke-106 untuk menghargai pencapaiannya dalam dunia komunikasi. Kotak-kotak animasi yang ditampilkan ini menggambarkan prediksi McLuhann mengenai tahap-tahap lahirnya internet dalam teori global village (desa global).

Seperti dilansir dari The Telegraph, pria yang lahir pada 21 Juli 1911 ini menjelaskan teori desa global dalam empat periode dengan urutan periode akustik, literatur, produksi massal dan elektronik.

Buku yang diterbitkan tahun 1962 memuat mengenai teori ini dalam waktu yang sama popularitas televisi sedang naik.

Periode yang paling akan mempengaruhi kehidupan umat manusia yakni era elektronik, disebutkan Marshall McLuhann dalam teori tersebut. Esensi dari teori desa global terletak pada teori ini bahwa komunitas atau sekumpulan orang akan terhubung dengan teknologi. Singkatnya, manusia akan mengakses informasi yang sama melalui teknologi

Setelah The Guttenberg Galaxy, McLuhann menerbitkan buku kedua Understanding Media yang nantinya melambungkan namanya. Ia merinci penjelasan bahwa di era elektronik atau internet, metode komunikasi akan jadi sesuatu yang lebih berpengaruh ketimbang informasi itu sendiri. Dengan kata lain “the medium is the message”.

Teori di buku kedua ini memberi pengaruh pada pemikiran tokoh-tokoh besar seperti filsuf Jean Baudrillard, ayah Perdana Menteri Kanada Pierre Elliot Trudeau, dan seniman Andy Warhol.

Teori ini menuai kontroversi di kalangan akademik sekitar tahun 1970-an. Bahkan hingga McLuhann meninggal pada 31 Desember 1980, kontroversi masih berlangsung.

Jasa Marshall McLuhann menemukan teori di dunia komunikasi tentang munculnya internet baru terasa setelah internet mulai dikenal pada 1989.

Baca juga artikel terkait GOOGLE DOODLE atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Humaniora)

Reporter: Maya Saputri
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri