Akibat hujan deras di wilayah Bogor, longsor kembali terjadi di lokasi penambangan emas rakyat di Gunung Pongkor, Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Bogor, pada Minggu (12/5/2019).

Longsor ini mengakibatkan puluhan penambang tertimbun dan hingga saat ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada lima orang meninggal dunia yang belum diketahui identitasnya.

Tiga korban selamat yakni Uus (35), warga Desa Bantar Karet; Dede (30), warga Desa Cisarua; dan Dika (24) warga Desa Cisarua.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pencarian dan pertolongan terhadap korban tertimbun telah dilakukan.

"Struktur tanah yang labil serta hujan deras yang terus-menerus mengakibatkan tanah longsor di Gunung Pongkor," kata Sutopo melalui pesan tertulis yang diterima Tirto di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Tim SAR mengalami kesulitan mengevakuasi korban karena lokasi longsor yang sangat curam dan ada di kaki gunung. Medan cukup berat dan hanya bisa dilakukan secara manual. Pencarian dihentikan saat ini dan dilanjutkan esok hari.

"Puluhan penambang lain yang tertimbun belum ditemukan. Tim pencarian dan pertolongan mengalami kesulitan karena lokasi longsor yang sangat curam dan ada di kaki gunung," jelas Sutopo.