Liga Spanyol

Lionel Messi Berpeluang Pecahkan Banyak Rekor pada Tahun 2019

Oleh: Beni Jo - 3 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pada tahun 2019, banyak catatan yang dapat dicapai oleh Lionel Messi atau bahkan melebihi pencapaian selama ini. Di antaranya, 50 kali hattrick selama berkarier di lapangan hijau.
tirto.id - Pemain Barcelona Lionel Messi berpeluang memecahkan banyak rekor atau melampaui rekor yang selama ini sudah dicapai oleh pemain lain sepanjang 2019. Dalam 12 bulan ke depan, banyak catatan yang dapat dicapai oleh bintang asal Argentina itu di level klub bersama Barcelona.

Dilansir dari Marca pada Kamis (3/1/2019), jika Barcelona mampu meraih treble tahun ini, yaitu juara Liga Spanyol, Copa del Rey, dan Liga Champions, Messi akan meraih 36 trofi hanya dalam satu klub. Prestasi ini akan menyamai rekor yang dipegang oleh pemain sayap Manchester United, Ryan Giggs.

Sebagai catatan, di ajang Liga Champions, Barcelona belum mampu meraih gelar juara lagi sejak tahun 2015. Dalam tiga musim terakhir, Barca selalu terhenti di perempat final, secara beruntun oleh Atletico Madrid (2016), Juventus (2017), dan AS Roma (2018).

Prestasi berikutnya bisa dicapai oleh La Pulga dalam hal jumlah caps bersama Barcelona. Messi berpeluang menjadi pemain kedua yang mempunyai jumlah laga terbanyak bersama tim asal Catalunya itu.

Selama ini, rekor tersebut dipegang oleh Xavi Hernandez. Pemain yang saat ini bermain di Timur Tengah itu menjadi pemain dengan jumlah caps terbanyak Barcelona dengan total 767 penampilan. Di tempat kedua, ada nama Andres Iniesta yang mempunyai catatan 674 pertandingan.

Saat ini, Messi masih mempunyai 657 kali pertandingan. Dengan bertanding dalam 18 laga lagi, maka dipastikan pemain 31 tahun itu akan melampaui rekor Andres Iniesta.

Selain itu, kapten timnas Argentina itu juga bisa meraih rekor dengan jumlah kemenangan terbanyak di La Liga Spanyol. Saat ini Messi hanya mempunyai selisih 11 pertandingan saja dengan rekor yang dipegang oleh Iker Casillas. Mantan kiper Real Madrid itu masih memegang rekor jumlah kemenangan terbanyak dengan 334 kali laga.

Berikutnya, rekan setim Luis Suárez itu juga mempunyai kesempatan untuk meraih Sepatu Emas Eropa keenam kalinya di tahun 2019. Hal tersebut sekaligus menandai rekornya selama ini yang berhasil meraih sepatu emas untuk yang ketiga kalinya secara berturut-turut.

Rekor fenomenal yang lainnya, yaitu menyangkut jumlah hattrick. Selama ini, penyerang andalan dari Ernesto Valverde itu mencatatkan sejumlah 49 kali mencetak tiga gol dalam satu laga. Messi hanya butuh satu kali lagi untuk mencapai 50 hattrick selama kariernya.

Barcelona, yang menjadi klubnya sejak usia belia, masih menguasai puncak klasemen liga Spanyol dengan 37 poin. Pencapaian ini tentu juga berkat gol-gol yang dihasilkan oleh La Pulga musim 2018/2019. Messi masih menjadi top skor sementara La Liga dengan torehan 15 gol.



Baca juga artikel terkait LIONEL MESSI atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Beni Jo
DarkLight