Link Live Streaming LTMPT Soal SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2021

Oleh: Yantina Debora - 11 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Link live streaming LTMPT yang membahas soal SBMPTN, UTBK dan SBMPTN 2021.
tirto.id - Informasi tentang SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2021 dapat disaksikan melalui live streaming di Youtube dan akun Instagram Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 12 Desember 2020 pukul 9.00-12.00 WIB.

Berikut Link Youtube dan Instagram LTMPT:



SNMPTN dan SBMPTN merupakan dua jalur masuk ke universitas negeri di Indonesia. Selain dua jalur ini, Anda juga bisa mengikuti seleksi mandiri di masing-masing kampus.

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan seleksi masuk menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilihnya pada Perguruan Tinggi (PTN).

Berdasarkan pendaftaran SNMPTN 2020, Siswa Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.

Cara Daftar SNMPTN:

  • Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh sekolah, menggunakan email dan password login ke laman Portal LTMPT http://portal.ltmpt.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  • Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.
  • Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman https://www.snmptn.ac.id.
  • Siswa pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.


Tahapan Seleksi SNMPTN 2020

Seleksi dilakukan berdasarkan prinsip:
  • Mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih;
  • Memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah; dan
  • Menggunakan kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara adil, akuntabel, dan transparan.

Seleksi dilakukan dengan tahapan sebagai berikut.
  • Siswa pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi;
  • Siswa pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.


Sementara SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional.

UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi.

Persyaratan UTBK 2020 adalah sebagai berikut:

  • Siswa SMA/MA/SMK Kelas XII pada tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020 dengan maksimal umur 25 Tahun;
  • Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019 atau lulusan Paket C tahun 2018 dan 2019 dengan maksimal umur 25 Tahun;
  • Peserta mengikuti satu kali tes UTBK;
  • Membayar biaya UTBK.


Baca juga artikel terkait SNMPTN 2021 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight