Bursa Transfer Pemain

Lille Penghasil Calon Bintang Eropa: Ribery, Hazard, Kini Osimhen

Oleh: Wan Faizal - 3 Agustus 2020
Dibaca Normal 2 menit
Lille sering menghasilkan talenta besar di persepakbolaan Eropa, sebut saja Franck Ribery, Eden Hazard, hingga Victor Osimhen.
tirto.id - Victor Osimhen sudah resmi pindah ke Napoli dalam bursa transfer 2020. Transfer tersebut semakin menegaskan status Lille sebagai salah satu penghasil talenta besar di persepakbolaan Eropa. Sebelumnya ada Franck Ribery, Eden Hazard, dan beberapa nama lainnya yang merupakan alumnus klub Ligue 1 itu.

Nama Osimhen mencuat setelah penampilan bagusnya di musim 2019-2020 bersama Les Dogues, julukan Lille. Pemain berusia 21 tahun itu total mencetak 13 gol dan empat asis dari 27 penampilannya di Liga Perancis.

Jika ditambah dengan kompetisi lain yang diikuti Lille, maka Osimhen mencatatkan 22 gol dan empat asis dari 43 pertandingan.

Performa gemilangnya tersebut membuat Napoli tertarik. Tim asuhan Gennaro Gattuso itu pada akhirnya menebus Osimhen dengan harga 70 juta euro yang bisa bertambah 10 juta euro sesuai kesepakatan.

Langkah ini terbilang bagus bagi Napoli sebagai peremajaan mengingat usia Dries Mertens dan Jose Callejon yang sudah tidak muda lagi.

Osimhen tentu bukan satu-satunya pemain berbakat yang pernah muncul dari tim akademi Lille. Tercatat ada beberapa nama yang tak kalah tenarnya.

Franck Ribery

Lille sebenarnya sempat memiliki seorang Ribery di tim akademi mereka. Eks gelandang andalan Timnas Perancis itu bergabung ke Lille pada 1996 dari FC Conti de Boulogne-sur-Mer.

Sayangnya, kiprah Ribery di Lille tak bertahan lama. Lille sempat mengumumkan alasan melepas Ribery karena kondisi fisik dan masalah tingkah laku. Pada 2012, Ribery menyanggah hal tersebut bahwa alasan utama saat itu karena ia mengalami cedera siku.


Eden Hazard

Siapa yang tak kenal dengan pemain bernama lengkap Eden Michael Hazard ini? Bergabung dengan tim junior Lille pada 2005, nama Hazard mencuat dua tahun kemudian ketika bisa menembus tim utama Lille.


Bermain di sana sampai 2012, Hazard lantas pindah ke Chelsea dengan transfer 32 juta pounds. Berbagai gelar prestisius diraih Hazard bersama The Blues dan menjadikannya sebagai salah satu winger terbaik Premier League.

Terhitung sejak musim lalu, Hazard sudah berganti klub ke Real Madrid. El Real harus rela merogoh dana senilai sekitar 100 juta euro.


Yohan Cabaye

Yohan Cabaye merupakan salah satu alumni akademi Lille. Pemain yang kini bermain untuk Saint Etienne tersebut bergabung dengan tim muda Lille pada 1998 sebelum menembus tim utama pada 2004.

Perjalanan gemilang bersama Lille, termasuk gelar juara Ligue 1 2010/2011 bersama Hazard, membuatnya diboyong Newcastle United pada 2011.

Puncak karier Cabaye terjadi bersama PSG ketika ia total meraih lima trofi bersama tim kaya raya tersebut.

Divock Origi

Divock Origi adalah pahlawan Liverpool di Liga Champions 2018/2019. Golnya ke gawang Barcelona di semi final memastikan keberhasilan The Reds melaju ke partai puncak.

Di final, striker Belgia yang jarang menjadi pilihan utama ini kembali menunjukkan
tajinya dengan satu gol ke gawang Tottenham Hotspur.

Sebelum di Anfield, perjalanan karier Origi bermula ketika ia masuk ke tim akademi Lille dari Genk pada 2010 lalu. Menembus tim utama Lille pada 2012, performa bagusnya diganjar dengan panggilan dari Timnas Belgia di Piala Dunia 2014.

Bermain apik bersama Belgia di Brasil menjadi pemicu Liverpool merekrutnya dengan dana 10 juta pounds.

Kiprah Origi di Liverpool memang tak mulus. Ia kerap dipinjamkan termasuk kembali ke Lille, dan Wolfsburg.

Saat ini pun, Origi sering menjadi pelapis bagi Roberto Firmino meski namanya mungkin sudah masuk dalam pemain legendaris Liverpool berkat golnya ke gawang Barcelona.


Benjamin Pavard

Benjamin Pavard, sang peraih medali juara Piala Dunia 2018 bersama Timnas Perancis, adalah didikan akademi Lille. Ia berada di sana dari 2005, menembus tim utama tahun 2015, sebelum diboyong oleh VfB Stuttgart ke Liga Jerman.

Musim setelah Pavard meraih gelar Piala Dunia dan gol indahnya ke gawang Argentina, ia gagal menyelamatkan Stuttgart dari degradasi. Tapi secara personal, Pavard mengalami peningkatan karier karena direkrut oleh Bayern Munchen dan meraih gelar Bundesliga pertamanya musim lalu.

Selain kelima nama tersebut, masih ada beberapa pemain terkenal lain yang juga adalah didikan akademi Lille, sebut saja seperti Lucas Digne, Kevin Mirallas, atau Martin Terrier.

Tak hanya itu, tak sedikit pemain ternama yang pernah mampir membela Lille dalam kariernya.

Dari Eric Abidal, Pierre-Emerick Aubameyang, Joe Cole, Mathieu Debuchy, Gervinho, Salomon Kalou, Patrick Kluivert, Peter Odemwingie, Dimitri Payet, Nicolas Pepe, Adil Rami, Loic Remy, hingga Rafael Leao.

Baca juga artikel terkait EDEN HAZARD atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight