Liga Inggris

Jadwal Community Shield 2020: Liverpool vs Juara FA Cup 29 Agustus

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 30 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
FA Community Shield Liga Inggris 2020 akan mempertemukan Liverpool melawan juara Piala FA.
tirto.id - FA Community Shield Liga Inggris dijadwalkan pada 29 Agustus 2020. Juara EPL Premier League 2019/2020, Liverpool, akan menghadapi kampiun Piala FA 2020 di Stadion Wembley. The Reds bakal bertanding lawan Arsenal atau Chelsea di ajang tahunan tersebut.

"Ajang tradisional pengangkat tirai musim yang baru ini akan digelar di Stadion Wembley yang dihubungkan oleh EE (aplikasi resmi Wembley) pada Sabtu 29 Agustus, dengan kampiun Premier League menghadapi salah satu dari dua klub London yang bersaing di final Heads Up Piala FA pekan ini," tulis pernyataan di laman resmi FA.

Final Piala FA sendiri dijadwalkan pada Sabtu (1/8) pukul 23.30 WIB besok. Dalam laga ini, Arsenal mengincar trofi FA yang ke-14. Sedangkan Chelsea berkesempatan meraih trofi FA yang kesembilan.

Community Shield musim ini dilaporkan sudah boleh dihadiri suporter dalam jumlah yang terbatas. Hal tersebut sebagai bagian dari rencana FA mengembalikan suporter ke stadion dengan protokol yang cukup ketat.

Pertandingan tersebut akan diikuti dengan jeda internasional antara 2-10 September. Kemudian, musim Liga Inggris baru bergulir pada 12 September.

Liverpool Menuju Rekor

FA Community Shield merupakan ajang tahunan yang digelar sebelum musim Premier League digelar. Tahun ini, Community Shield dijadwalkan dua pekan sebelum Liga Inggris dimulai pada 12 September mendatang.

Jelang turnamen ini, Liverpool berkesempatan meraih trofi Community Shield ke-16 sepanjang sejarah. The Reds hanya kalah raihan Community Shield dari Arsenal dan Manchester United.

Liverpool merupakan kontestan Community Shield musim lalu. Pada 2018/2019, Manchester City meraih treble domestik dengan memenangi Premier League, Piala Liga, dan Piala FA. Jatah Community Shield pun diberikan kepada Liverpool yang finis runner up di Premier League.


Musim lalu, The Reds kalah dari Manchester City di Community Shield. Skuad asuhan Jurgen Klopp takluk setelah melakoni babak adu penalti usai imbang 1-1 selama 90 menit.

Apabila Chelsea memenangi Piala FA, Liverpool berkesempatan mengulangi kesuksesan pada 2006. Waktu itu, The Reds yang berstatus juara FA mengalahkan Chelsea dengan skor 1-2 di ajang Community Shield.

Sebaliknya, jika Arsenal mengalahkan Chelsea, The Reds berpeluang membalas kekalahan Community Shield dari The Gunners pada 2002 lalu.

Pada 2002, Liverpool yang lolos sebagai runner up Premier League dibungkam Arsenal dengan skor 1-0.

Baca juga artikel terkait COMMUNITY SHIELD atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Ikhsan Abdul Hakim
Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight