5 Pilihan Ronaldo: Messi, Salah, Hazard, Neymar, Mbappe, Tanpa CR7

Oleh: Beni Jo - 2 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Ronaldo Luís Nazário de Lima mengungkapkan 5 pesepakbola terbaik pilihannya: Messi, Salah, Hazard, Neymar, serta Mbappe, tidak ada nama Cristiano Ronaldo.
tirto.id - Ronaldo Luís Nazário de Lima mengungkapkan 5 pesepakbola terbaik pilihannya. Di urutan pertama, legenda hidup sepak bola Brasil ini menyebut Lionel Messi, lalu Mohamed Salah, Eden Hazard, Neymar Jr., serta Kylian Mbappe. Menariknya, tidak ada nama Cristiano Ronaldo alias CR7.

"Messi, tentu saja. Dia nomor satu, dia adalah bakat yang dibutuhkan waktu 20 atau 30 tahun untuk bisa menyamai," tutur Ronaldo, dilansir AS, Senin (1/6/2020).

"Saya juga senang dengan (Mohamed) Salah, (Eden) Hazard, Neymar, saya suka melihatnya bermain, dan tentu saja (Kylian) Mbappé," tambah mantan bomber PSV Eindhoven, Barcelona, Inter Milan, Real Madrid, dan AC Milan ini.

Berbicara mengenai Mbappé, Ronaldo menilai penyerang muda Paris Saint Germain (PSG) itu memiliki beberapa kesamaan dengan dirinya saat masih bermain dulu.

Namun, yang peraih juara Piala Dunia 1994 dan 2002 bersama Timnas Brasil yang kini berusia 43 tahun ini menolak membandingkan dirinya dengan Mbappe dengan alasan perbedaan generasi serta situasi berbeda yang dihadapi.

"Banyak orang berkata dia (Mbappé) mirip saya. Dia memiliki kecepatan, finishing yang bagus, dan pergerakan yang hebat. Dengan kedua kakinya, dia mempunyai langkah yang luar biasa," ungkap Ronaldo.

"Kami memiliki hal serupa. Tetapi saya tidak pernah suka membanding-bandingkan, terutama antara pemain dari generasi yang berbeda lantaran situasi yang dihadapi juga berbeda," imbuh pemenang dua kali Balon d'Or dan tiga kali Pemain Terbaik FIFA ini.


Tak Menyebut Cristiano Ronaldo

Dalam lima pemain pilihan Ronaldo tersebut, yang cukup membuat menarik adalah tidak ada nama Cristiano Ronaldo alias CR7. Kedua pemain memang memiliki nama yang sama meskipun berasal dari negara yang berbeda.

Padahal, keduanya pernah membela Los Blancos di era yang berbeda. Ronaldo Brasil pada 2002 hingga 2007, sedangkan Ronaldo Portugal pada 2009 hingga 2018.

Saat masih bermain dulu, Ronaldo Nazario da Lima mempersembahkan satu kali trofi juara La Liga untuk Real Madrid meskipun belum pernah meraih gelar di pentas Eropa.

Sementara CR7 menyabet dua gelar La Liga, 4 kali trofi Liga Champions, serta 3 kali juara Piala Dunia Antarklub bareng El Real sebelum hengkang ke Juventus.

Dua Ronaldo ini juga kerap disebut-sebut memiliki persamaan dalam gaya permainan di atas lapangan.

Setelah gantung sepatu pada 2011, Ronaldo Nazario de Lima kini mulai aktif lagi di sepak bola. Pengemas 62 gol dalam 98 laga dengan caps Timnas Brasil, serta mengoleksi 352 gol dalam 518 laga di level klub ini kembali ke Laliga Spanyol.

Ronaldo sekarang adalah pemilik salah satu klub di Liga Spanyol, yakni Real Valladolid. Sayangnya, Valladolid saat ini sedang berjuang dalam misi menghindari zona degradasi di Laliga 2019/2020.

Baca juga artikel terkait CRISTIANO RONALDO atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight