Kronologi Kasus Dinda Shafay Kopi Kenangan yang Viral di Medsos

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 3 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Kronologi kasus Kopi Kenangan dan Dinda Shafay: dugaan pelecehan seksual.
tirto.id - Kopi Kenangan jadi perbincangan warganet pada Rabu (3/3/2021) di media sosial. Hal ini terjadi karena kasus dugaan pelecehan seksual yang dialami seorang warganet bernama Dinda Shafay.

Awalnya, Dinda mengunggah pelecehan seksual yang menimpa dirinya ini melalui TikTok @dindasafay pada Selasa (2/3/2021).

Dalam unggahan TikTok tersebut, Dinda menceritakan, salah satu karyawan Kopi Kenangan masuk ke toilet pelanggan, bukan ke toilet karyawan yang terletak di lantai dua.

Disebut Dinda, karyawan itu mendobrak pintu toilet tempat Dinda berada. Setelah itu, karyawan tersebut keluar dari toilet sambil tertawa bersama rekan barista lainnya.

Dinda yang terkejut karena pintu toilet tiba-tiba terbuka langsung berang dan marah pada karyawan itu. Kejadian yang terjadi di Kopi Kenangan cabang Medan ini kemudian direpons oleh manajemen.

Dalam respons-nya, Kopi Kenangan menyatakan, mereka telah meminta maaf pada Dinda Shafay atas kejadian pelecehan seksual yang dialaminya.

"Kopi Kenangan masih melakukan penyelidikan internal untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap mengenai kejadian yang dialami di salah satu gerai kami," tulis Kopi Kenangan.

Mereka menambahkan, "Kami akan menindaklanjuti kasus ini serta memberikan sanksi tegas jika karyawan terbukti melakukan hal yang tidak mencerminkan nilai perusahaan Kopi Kenangan."

Warganet dibuat geram dengan pernyataan Kopi Kenangan, karena mereka tidak menindak tegas karyawan tersebut. Banyak warganet ramai-ramai menolak untuk membeli Kopi Kenangan.

"Kopi kenangan silence on that sexual harassment issue is sickening," tulis akun @halalpaynette 20 jam yang lalu.

"Kopi kenangan, this is the end for you," tulis akun @cellepatriciaa pada Selasa (2/3/2021).

"I just watched a video and the worker of kopi kenangan, istg that mf tidak cukup hanya dengan dipecat. he deserve to go to jail. LIKE CMON, THIS GIRL GOT SEXUAL HARRASMENT CUZ OF UR UNPROFESSIONAL WORKER THERE," tulis salah satu warganet.

Kopi Kenangan kemudian mengunggah kembali pernyataan terbaru mengenai kasus ini yang menyatakan bahwa karyawan yang bersangkutan sedang diperiksa. Kopi Kenangan sedang melakukan investigasi untuk kasus ini.

"Sehubungan dengan kejadian yang disampaikan oleh salah satu pelanggan kami yaitu Ibu DInda Shafay, Manajemen Kopi Kenangan sedang melakukan penyelidikan internal untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap mengenai kejadian yang dialami di salah satu gerai kami."

Saat ini, Kopi Kenangan telah mengambil tindakan untuk merumahkan sementara karyawan yang terlibat dalam insiden tersebut sambil menunggu hasil penyelidikan internal.



Baca juga artikel terkait KOPI KENANGAN atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight