Komponen-komponen Utama Komputer dan Fungsinya

Oleh: Ega Krisnawati - 27 September 2021
Dibaca Normal 1 menit
Komponen utama komputer terdiri dari 3 macam yang terpasang pada mainboard. Berikut penjelasannya disertai dengan fungsi masing-masing.
tirto.id - Komponen-komponen utama komputer adalah hardware, software, dan brainware. Lazimnya, komponen utama komputer ini telah terpasang pada mainboard dalam satu kesatuan atau onboard.

Komputer adalah gabungan dari berbagai komponen elektronik yang terintegrasi. Agar dapat beroperasi dengan baik, komputer harus dilengkapi dengan komponen-komponen utamanya.

Komputer juga dipahami sebagai sebuah alat elektronik yang berfungsi untuk memanipulasi informasi atau data, menyimpan, mengambil, dan mengolah data.

Kendati begitu ada pula komputer memerlukan komponen tambahan guna menambah performa kerjanya, demikian seperti yang dilansir dari laman resmi Fakultas Teknik Universitas Pasundan.


Komponen Utama Komputer dan Fungsinya

Berikut komponen utama komputer dan fungsinya, dikutip dari laman Rumah Belajar.

1. Hardware

Disebut juga dengan perangkat keras, hardware dalam sistem komputer adalah komponen yang dapat dilihat dan diraba. Komponen ini membentuk suatu kesatuan sehingga dapat digunakan dalam sistem komputer.

Contoh hardware, yaitu:

  • Keyboard

Sebelum memasuki tahun 90an, keyboard belum memiliki fasilitas yang lengkap. Kendati demikian, saat ini keyboard sudah memiliki perkembangan dengan adanya tombol tambahan seperti power down, cd player dan connect internet. Bahkan, ada pula keyboard yang tidak membutuhkan kabel dalam operasionalnya.

  • Mouse

Tidak hanya keyboard, mouse juga mengalami perkembangan yang pesat mulai dari yang tanpa kabel (wireless) hingga yang berjenis optic.

  • Central Processing Unit (CPU)

CPU adalah otak dari komputer. Di dalam CPU terdapat seluruh proses yang berlangsung di dalam seperangkat komputer dan dikendalikan oleh prosesor. Semakin canggih performa CPU, maka semakin canggih pula performa komputernya.

  • Printer

Printer adalah hardware yang digunakan untuk mencetak hasil kerja di komputer. Lazimnya, dalam mencetak dokumen printer juga membutuhkan kertas.

Kendati begitu, printer tidak hanya digunakan untuk mencetak. Printer juga bisa digunakan untuk scanning dan duplikat dokumen yang telah dicetak.


2. Software

Software dikenal juga dengan perangkat lunak. Software merupakan salah satu program yang berisi perintah agar dapat dimengerti oleh komputer.

Operasional software harus dibarengi dengan hardware. Dengan adanya software, pengguna dapat mengetik, menghitung, menggambar, mengeluarkan suara dan lain sebagainya.

Bagian-bagian software, yaitu:

  • Pengolah Kata (Word Processing). Misalnya Microsoft Word, Word Perfect, Open Office, dsb;
  • Pengolah Angka atau Data tabel (Spreadsheet). Misalnya, Microsoft Excel, Lotus 123, SuperCalc, dsb;
  • Pengolah Database. Misalnya, Microsoft Access, FoxPro, dsb;
  • Membuat Slide Presentasi. Misalnya Microsoft Power Print, StoryBoard, dsb;
  • Pengolah Gambar. Misalnya, Adobe Photoshop, ACDSee, dsb;
  • Java Bahasa Pemrograman. Misalnya, Pascal, Java, Visual Basic, dsb;
  • Game (Software Permainan). Misalnya, PC Game, dsb.

3. Brainware

Brainware dikenal dengan sebutan pemakai komputer atau orang yang mengoperasikan komputer (User). Brainware memiliki tiga tingkatan, yaitu:

  • Sistem Analis;
  • Programmer;
  • Operator.


Baca juga artikel terkait KOMPUTER atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Ibnu Azis
DarkLight