Piala Dunia 2018

Klasemen Akhir Grup A: Uruguay Raih Poin Sempurna Tanpa Kebobolan

Oleh: Agung DH - 25 Juni 2018
Uruguay meraih tiga kali kemenangan tanpa kebobolan di babak penyisihan Grup A Piala Dunia 2018.
tirto.id - Laga terakhir di Grup A Piala Dunia 2018 rampung digelar di Rusia, Senin (25/6/2018) malam. Tuan rumah Rusia yang sebelumnya menang dalam dua laga, ditaklukkan Uruguay dengan skor telak 3-0. Sementara di laga lain, Arab Saudi memenangkan laga pamungkasnya saat menghadapi Mesir.

Uruguay melangkah ke babak 16 besar dengan poin sempurna dan tanpa kebobolan dalam tiga laga. Pada laga pertama kontra Mesir, Uruguay menang 1-0. Pasukan Oscar Tabares ini mengulang sukses serupa saat menghadapi laga kedua melawan Arab Saudi dengan skor tipis 1-0 dan di laga ketiga kontra tuan rumah menang 3-0. Dua dari lima gol Uruguay di babak penyisihan dihasilkan oleh Luiz Suares.

Rekor tanpa kebobolan di laga penyisihan Uruguay ini menyamai Argentina pada Piala Dunia 1998.

Sementara itu tuan rumah Rusia yang memenangkan dua laga di babak penyisihan lolos sebagai runner up Grup A. Rusia yang mencetak delapan gol dalam dua laga, bakal melangkah ke babak knock out sebelum bisa mengulang sukses mereka di Piala Dunia 1966 saat masih bernama Uni Soviet.

Sementara wakil Afrika di Grup A, Mesir, gagal meraih kemenangan pertama mereka di Piala Dunia 2018. Setelah unggul 1-0 melalui cungkilan Mohemad Salah, Mesir harus takluk 2-1 dari wakil Asia, Arab Saudi.

Arab Saudi yang di babak penyisihan grup kebobolan 7 gol akhirnya bisa mengurangi defisit golnya berkat penalti Salman Al Faraj dan gol dramatis Salem Al-Dawasari pada menit 90+5.
Bagi Arab Saudi kemenangan ini adalah yang pertama sejak Piala Dunia 1994. Saat itu Arab Saudi mengalahkan Belgia dengan skor 1-0.

Grup A Piala Dunia 2018 akahirnya berakhir dengan Mesir sebagai juru kunci.





Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH