tirto.id - Informasi mengenai kisi-kisi soal UKKJ Pamong Belajar 2024, termasuk jadwal tes dan tahapannya ini penting untuk diketahui oleh para peserta tes UKKJ.
UKKJ (Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang) Jabatan Fungsional (JF) Pamong Belajar 2024 adalah tes yang berguna untuk menentukan kelayakan seorang Pamong Belajar untuk bisa naik ke jenjang satu tingkat lebih tinggi di atasnya.
Dengan mengikuti UKKJ, seorang Pamong Belajar dapat menilai kompetensi manajerial, teknis, dan sosial kultural, serta sebagai pengembangan karier pemangku Jabatan Fungsional Pamong Belajar dalam melaksanakan tugas dan fungsi jabatan yang berpusat pada peserta didik.
Kini UKKJ Pamong Belajar Periode 2 tahun 2024 telah memasuki tahapan persiapan pelaksanaan tes Uji Kompetensi yang akan berlangsung pada 27 Agustus 2024 mendatang.
Selanjutnya, pengumuman hasil tes UKKJ, termasuk penerbitan sertifikat dan surat rekomendasi akan berlangsung pada 27 September hingga 2 Oktober 2024.
Jadwal Tes UKKJ Pamong Belajar Periode 2
UKKJ Pamong Belajar periode 2 ini memiliki sejumlah tahapan dalam jadwal sudah ditentukan dan harus diikuti oleh seluruh peserta uji kompetensi.
Untuk mendapatkan gambaran, berikut ini jadwal lengkap tes UKKJ Pamong Belajar periode 2 sebagaimana dirujuk dari Kemdikbud:
- Sosialisasi Pendaftaran dan Coaching Clinic UKKJ: 11 Juni 2024
- Pendaftaran peserta UKKJ secara mandiri: 18 Juni - 1 Juli 2024
- Verifikasi dan validasi berkas pendaftaran peserta UKKJ yang dilakukan tim uji kompetensi: 2 - 5 Juli 2024
- Pengumuman Peserta UKKJ yang telah lulus verifikasi dan validasi dokumen: 26 Juli 2024
- Pelaksanaan Uji Kompetensi berupa tes objektif yang dilaksanakan secara luring dan daring di TUK: 27 Agustus 2024
- Pengumuman hasil kelulusan, penerbitan sertifikat dan surat rekomendasi: 27 September - 02 Oktober 2024
Kisi-kisi Soal Tes UKKJ Pamong belajar
Untuk mempersiapkan tes UKKJ yang akan berlangsung pada 27 Agustus 2024 mendatang, berikut ini akan disampaikan kisi-kisi soal UKKJ Pamong Belajar periode 2 tahun 2024:
I. Kisi-kisi soal UKKJ Pamong Belajar untuk menduduki jenjang Ahli Muda
A. Kompetensi Pedagogik1. Menguasai karakteristik. kebutuhan dan perkembangan peserta didik.
- Mengidentifikasi karakteristik peserta didik sesuai dengan tingkat usia dan peran sosialnya. Materi: Karakteristik peserta didik.
- Mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik sesuai dengan tingkat usia dan peran sosialnya. Materi: Kebutuhan belajar peserta didik sesuai dengan tingkat usia dan peran sosialnya.
- Mengidentifikasi perkembangan kemampuan peserta didik. Materi: Perkembangan kemampuan peserta didik.
- Mengevaluasi hasil identifikasi. Materi: Evaluasi hasil identifikasi.
2. Menguasai teori belajar dan prinsip - prinsip pembelajaran pedagogi dan andragogi.
- Menerapkan teori belajar dan metodologi yang mendukung pendekatan pedagogi dan andragogi. Materi: Teori belajar Peneraan pendekatan pedagogi.
- Menerapkan prinsip- prinsip pembelajaran pedagogi dan andragogi. Materi: Penerapan prinsip-prinsip pembelajaran pedagogi/andragogi.
3. Mampu mengelola program kegiatan pembelajaran.
- Merencanakan program kegiatan pembelajaran. Materi: Silabus Pembelajaran/pelatihan, Rencana pelaksanaan pembelajaran/pelatihan, Penilaian Pembelajaran/Pelatihan,
- Melaksanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran. Materi: Pelaksanaan pembelajaran/pelatihan.
- Melakukan evaluasi terhadap program pembelajaran. Materi: Evaluasi program pembelajaran/pelatihan, Analisis hasil evaluasi program pembelajaran/pelatihan.
- Menggunakan hasil evaluasi untuk pengembangan program kegiatan pembelajaran. Materi: Pemanfaatan hasil evaluasi program pembelajaran/pelatihan.
4. Menguasai strategi kegiatan pembelajaran
- Mengidentifikasi karakteristik materi pembelajaran. Materi: Karakteristik materi pembelajaran.
- Mengidentifikasi karakteristik kebutuhan peserta didik. Materi: Karakteristik kebutuhan peserta didik.
- Menerapkan metode, teknik, media kegiatan pembelajaran sesuai dengan karakteristik, kebutuhan, dan minat peserta didik serta potensi lingkungannya. Materi: Metode, teknik pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan, dan minat peserta didik.
5. Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui tindakan reflektif
- Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Materi: Refleksi pembelajaran
- Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan/pengembangan kegiatan pembelajaran. Materi: Pemanfaatan hasil Refleksi Pembelajaran.
- Melakukan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Materi: Pengembangan model program pembelajaran/pelatihan.
B. Kompetensi Profesional
6. Memahami kebutuhan belajar, sumber belajar, potensi, dan permasalahan peserta didik.
- Mengidentifikasi kebutuhan belajar, sumber belajar, potensi dan permasalahan peserta didik. Materi: Kebutuhan belajar. sumber belajar, potensi dan permasalahan peserta didik.
- Merancang program pembelajaran, pelatihan dan pembimbingan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Materi: Rancangan program pembelajaran/ pelatihan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, RPP pembelajaran/pelatihan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
7. Menguasai konsep keilmuan yang relevan untuk kegiatan pembelajaran. pengkajian dan pengembangan model.
- Mengoleksi dan mendalami bahan-bahan ajar untuk pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan peserta didik. Materi: Konsep keilmuan proses pembelajaran PAUD dan Dikmas, Penilaian pembelajaran.
- Mempelajari kebutuhan konsep yang terkait proses pengkajian program PAUDNI. Materi: Desain Pengkajian Program PAUD dan Dikmas, Pendekatan dan Metode Pengkajian Program PAUD dan Dikmas, Pengolahan Data Pengkajian Program PAUD dan Dikmas.
- Mempelajari kebutuhan konsep yang terkait proses pengembangan model PAUDNI. Materi: Konsep pengembangan model.
- Mengembangkan kurikulum berdasarkan kebutuhan peserta didik. Materi: Kurikulum program PAUD dan Dikmas.
8. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
- Merancang penggunaan TIK pada proses pembelajaran sesuai kebutuhan. Materi: TIK dalam proses pembelajaran.
- Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam kegiatan pembelajaran, pengkajian dan pengembangan program sesuai kebutuhan. Materi: TIK dalam kegiatan pembelajaran
- Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menyebarluaskan hasil pengkajian program dan pengembangan model. Materi: Menyebarluaskan hasil pengkajian program danpengembangan model.
9. Mampu melakukan kegiatan pembelajaran, pengkajian program dan pengembangan model.
- Melaksanakan kegiatan pembelajaran, pelatihan dan pembimbingan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Materi: Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan pelatihan.
- Melaksanakan pengkajian program yang terkait dengan PAUDNI. Materi: Pelaksanaan pengkajian program PAUD dan Dikmas
- Melaksanakan pengembangan model program PAUDNI potensi lingkungannya. Materi: Pelaksanaan pengembangan model.
10. Menguasai konsep prinsip prinsip. metode dan teknik penelitian
- Menerapkan prinsip-prinsip penelitian untuk kegiatan pembelajaran dan pengembangan model PAUDNI. Materi: Prinsip-prinsip pengembangan model
- Melakukan penelitian untuk kegiatan pembelajaran dan pengembangan model serta penyusunan karya ilmiah untuk mengembangkan keprofesionalan. Materi: Karya Tulis Ilmiah
- Mengimplementasikan hasil-hasil penelitian untuk kegiatan pembelajaran dan pengembangan model. Materi: Implementasi hasil pengembangan model.
11. Menguasai pengetahuan dan keterampilan fungsional
- Menerapkan pengetahuan dan keterampilan/ fungsional dengan menggunakan sumber belajar yang tersedia di lingkungan sekitar. Materi Lingkungan sekitar sebagai sumber belajar untukmengembangkan kemampuan anak
II. Kisi-kisi soal UKKJ Pamong Belajar untuk menduduki jenjang Ahli Madya
A. Kompetensi Pedagogik
1. Menguasai karakteristik. kebutuhan dan perkembangan peserta didik
- Mengevaluasi hasil identifikasi. Materi: Evaluasi Hasil Identifikasi Program
2. Menguasai teori belajar dan prinsip - prinsip pembelajaran pedagogi dan andragogi.
- Menerapkan teori belajar dan metodologi yang mendukung pendekatan pedagogi dan andragogi. Materi: Teori belajar pembelajaran pedagogi dan andragogi.
- Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran pedagogi dan andragogi. Materi: Penerapan prinsip-prinsip pembelajaran pedagogi dan andragogi.
3. Mampu mengelola program kegiatan pembelajaran.
- Merencanakan program kegiatan pembelajaran. Materi: Silabus pembelajaran /pelatihan, Rencana pelaksanaan pembelajaran/pelatihan, Penilaian Pembelajaran/Pelatihan.
- Melaksanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran. Materi: Pelaksanaan pembelajaran/pelatihan
- Melakukan evaluasi terhadap program pembelajaran. Materi: Evaluasi program pembelajaran/pelatihan, Analisis hasil evaluasi program pembelajaran/pelatihan.
- Menggunakan hasil evaluasi untuk pengembangan program kegiatan pembelajaran. Materi: Pemanfaatan hasil evaluasi program pembelajaran/pelatihan.
4. Menguasai strategi kegiatan pembelajaran.
- Mengidentifikasi karakteristik materi pembelajaran. Materi: Karakteristik materi pembelajaran.
- Menerapkan metode. teknik. media kegiatan pembelajaran sesuai dengan karakteristik. kebutuhan. dan minat peserta didik serta potensi lingkungannya. Materi: Metode, teknik pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik. kebutuhan. dan minat peserta didik.
5. Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui tindakan reflektif.
- Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Materi: Refleksi pembelajaran
- Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan/ pengembangan kegiatan pembelajaran. Materi: Pemanfaatan hasil Refleksi Pembelajaran
- Melakukan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Materi: Pengembangan model program pembelajaran/pelatihan.
B. Kompetensi Profesional
6. Memahami kebutuhan belajar. sumber belajar. potensi. dan permasalahan peserta didik.
- Mengidentifikasi kebutuhan belajar, sumber belajar, potensi dan permasalahan peserta didik. Materi: Kebutuhan belajar, sumber belajar. potensi dan permasalahan peserta didik
- Merancang program pembelajaran, pelatihan dan pembimbingan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Materi: Rancangan program pembelajaran/ pelatihan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, Silabus pembelajaran/pelatihan sesuai dengan kebutuhan peserta didik
7. Menguasai konsep keilmuan yang relevan untuk kegiatan pembelajaran. pengkajian dan pengembangan model.
- Mengoleksi dan mendalami bahan bahan ajar untuk pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan peserta didik. Materi: Konsep bahan ajar pembelajaran PAUD dan Dikmas, Penilaian pembelajaran.
- Mempelajari kebutuhan konsep yang terkait proses pengkajian program PAUDNI. Materi: Desain Pengkajian Program PAUD dan Dikmas. Instrumen Pengkajian Program PAUD dan Dikmas.
- Mempelajari kebutuhan konsep yang terkait proses pengembangan model PAUDNI. Materi: Konsep pengembangan model.
8. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
- Merancang penggunaan TIK pada proses pembelajaran sesuai kebutuhan. Materi: Rancangan penggunaan TIK program PAUD dan Dikmas.
- Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam kegiatan pembelajaran. pengkajian dan pengembangan program sesuai kebutuhan. Materi: TIK dalam kegiatan pembelajaran
- Memanfaatkan teknologi informasi dan Menyebarluaskan hasil pengkajian program dan komunikasi dalam menyebarluaskan hasil pengkajian program dan pengembangan model. Materi: Pengembangan model.
9. Mampu melakukan kegiatan pembelajaran. pengkajian program dan pengembangan model
- Melaksanakan kegiatan pembelajaran, pelatihan dan pembimbingan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Materi: Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan pelatihan
- Melaksanakan pengkajian program yang terkait dengan PAUDNI. Materi: Pelaksanaan pengkajian program PAUD dan Dikmas.
- Melaksanakan pengembangan model program PAUDNI potensi lingkungannya. Materi: Pelaksanaan pengembangan Model.
10. Menguasai konsep prinsip-prinsip. metode dan teknik penelitian.
- Menerapkan prinsip-prinsip penelitian untuk kegiatan pembelajaran dan pengembangan model PAUDNI. Materi: Prinsip-prinsip penelitian.
- Melakukan penelitian untuk kegiatan pembelajaran dan pengembangan model serta penyusunan karya ilmiah untuk mengembangkan keprofesionalan. Materi: Gagasan melakukan penelitian untuk perbaikan pembelajaran
- Mengimplementasikan hasil-hasil penelitian untuk kegiatan pembelajaran dan pengembangan model. Materi: Hasil penelitian untuk kegiatan pembelajaran/pengembangan model.
- Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan pengembangan model. Materi: Penyebarluasan hasil penelitian dan pengembangan model.
11. Menguasai pengetahuan dan keterampilan fungsional.
- Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan fungsional sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan potensi lingkungannya. Materi: Pengetahuan/keterampilan fungsional.
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yulaika Ramadhani