Menlu Retno:

Kerja Sama Indonesia-Jepang Harus Hasilkan Proyek Monumental

Oleh: Alexander Haryanto - 27 Oktober 2017
Dibaca Normal 1 menit
Fukuda menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia merupakan bagian besar dari pertumbuhan ekonomi dari Asia dan sangat bermakna bagi Jepang.
tirto.id - Hubungan kerja sama Indonesia dan Jepang akan memasuki usia ke-60 tahun pada tahun 2018 mendatang. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyatakan, selama ini hubungan antara Indonesia dan Jepang berlangsung dengan baik.

Hal itu disampaikan Retno usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima delegasi Asosiasi Jepang-Indonesia (Japinda) yang dipimpin mantan Perdana Menteri (PM) Jepang, Yasuo Fukuda, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (27/10/2017) siang.

“Kami juga ingin bahwa peringatan 60 tahun hubungan diplomatik ini juga dapat menghasilkan satu proyek-proyek yang monumental yang dapat dirasakan oleh rakyat Indonesia,” kata Menlu Retno dikutip dari Setkab.go.id.

Menlu Retno menyatakan investasi Jepang pada tahun 2016 meningkat dengan sangat signifikan. Oleh karena itu, kata dia, Presiden Jokowi berharap investasi itu bisa lebih ditingkatkan lagi pada tahun 2017.

“Beberapa proyek yang dibahas tadi antara lain proyek yang sedang berjalan setiap hari teman-teman lihat adalah pembangunan MRT, Pelabuhan Patimban, kemudian Blok Masela, juga pembangunan jalan tol dan sebagainya,” ungkap Retno.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Jepang-Indonesia (Japinda) Yasuo Fukuda mengatakan, bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia merupakan bagian besar dari pertumbuhan ekonomi dari Asia, sangat bermanfaat, dan sangat bermakna bagi Jepang juga.

Menurut Fukuda, Pemerintah Indonesia telah banyak membangun infrastruktur, seperti MRT, infrastruktur tenaga listrik, saluran pembuangan air limbah dan sebagainya.

Fukuda juga menyatakan bahwa ke depannya, kerja sama antara Jepang dan Indonesia akan semakin maju dan meningkat di segala bidang. Ia juga berharap bahwa pembangunan itu bisa berdampak baik pada peningkatan kehidupan masyarakat Indonesia.

“Tentu kerja sama antara Indonesia dan Jepang sudah dilakukan di berbagai bidang dan jumlah proyek kerja sama itu tidak bisa dihitung jumlahnya, sangat banyak,” ujar mantan PM Jepang itu.

Menurutnya, salah satu hasil kerja sama selama ini, Indonesia sudah menjadi negara stabil dan memberikan kontribusi sangat baik di kawasan Asia.

“Ini hasil dari kerja sama yang sangat baik antara Jepang dan Indonesia. Dan meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia juga, ini salah satu tujuan akhir dari kerja sama ini,” pungkas Fukuda.

Baca juga artikel terkait HUBUNGAN DIPLOMATIK atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Alexander Haryanto
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Alexander Haryanto