Kebakaran Gedung PT Dipa Cideng Lantai 5 Akibat Korsleting Listrik

Oleh: Alfian Putra Abdi - 11 Juli 2019
Kebakaran PT Dipa Pharmalab Intersains Cabang yang terletak di Cideng dipicu oleh arus pendek listrik di lantai 5.
tirto.id - Komandan Regu Keamanan Rahmat Wahyudi membenarkan telah terjadi kebakaran di tempatnya bertugas yakni PT Dipa Pharmalab Intersains Cabang yang terletak di Cideng, Jakarta Pusat.

Ia menuturkan, kejadian saat para petugas keamanan gedung berjaga malam.

"Saat itu yang jaga shift malam. Kejadiannya [kebakaran] pukul 6.30 WIB," ujarnya di lokasi, Kamis (11/7/2019).

Ia menjelaskan, titik kebakaran disebabkan oleh arus pendek listrik. Kebakaran tersebut terjadi di lantai 5. Para petugas yang berjaga saat itu, menurutnya, dengan sigap memadamkan kebakaran.

"Dipadamkan sama kita-kita saja. Apinya tidak terlalu membesar seperti yang diberitakan. 60 persen kami yang padamkan, baru selebihnya dibantu Damkar," ujarnya.

Sampai dengan saat ini, Rahmat belum bisa memastikan dampak yang ditimbulkan. Namun ia menjelaskan, tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut.

"Aktifitas hari ini juga tidak terlalu tergantung. Sekarang sih sudah steril," ucapnya.

Dari pantauan Tirto di lokasi, aroma kabel terbakar masih menyengat indera penciuman. Para petugas kebersihan kantor pun terlihat masih bebenah. Sementara para pegawai nampak hilir mudik dengan menggunakan masker.

PT Dipa memiliki tiga bangunan, para pegawai yang berada di gedung terbakar dialihkan ke gedung yang tidak terdampak.

Berdasarkan unggahan resmi akun media sosial Twitter resmi milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta menyebutkan, petugas pemadam kebakaran memadamkan kobaran api yang melalap lantai 5 gedung itu.

Selain pemadam kebakaran, petugas dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), Palang Merah Indonesia (PMI), AGD, Satpol PP, Tagana, polsek, dan TNI pun turut memadamkan api.



Baca juga artikel terkait KEBAKARAN atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight