Janji Zulkifli Zaini: Tarif Terjangkau hingga Sehatkan Keuangan PLN

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 23 Desember 2019
Zulkifli Zaini usai ditunjuk jadi dirut PLN berjanji akan melakukan beberapa hal, antara lain: membuat tarif terjangkau dan berkeadilan serta menyehatkan keuangan PLN.
tirto.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi menunjuk Zulkifli Zaini menjadi Direktur Utama PT PLN (Persero). Zulkifli pun mengatakan ada beberapa tugas yang dititipkan Erick untuk diselesaikan.

Beberapa di antaranya yaitu menyelesaikan rasio elektrifikasi sampai ke kawasan terpencil dan terjauh sampai membuat kondisi keuangan PLN sehat dan lebih menguntungkan negara.

"Pertama kami harus mampu mengatasi pemadaman listrik atau security off supply. Kedua sudah barang tentu tarif kita harus terjangkau dan berkeadilan. Ketiga tidak ada perusahaan yang mampu untuk melaksanakan mandatnya kecuali keuangannya baik," jelas dia di Kementerian BUMN, Senin (23/12/2019).

Ia menjelaskan, pihaknya akan mengupayakan agar keuangan PLN menjadi lebih sehat.

"Neraca sehat, cash flow sehat," terang dia.

Selain itu, ada pula catatan keempat yang harus diselesaikan Zulkifli, yaitu membuat operasional PLN harus lebih efisien.

"Artinya didukung oleh organisasi yang efisien, organisasi yang solid, sumber daya PLN kita harapkan untuk kompeten, saling bekerja sama atau sinergi dan memiliki prientasi untuk melayani," jelas dia.

Kemudian langkah yang akan dilakukan terakhir yaitu, PLN akan lebih fokus untuk memanfaatkan energi baru dan terbarukan.

"Membangun kemitraan yang sehat, fair, dan ekosistem yang kondusif. Kita mengharapkan persepsi dan reputasi PLN ke depan akan lebih baik. Sudah barang tentu kita harus mengadopsi teknologi, inovasi, dan pelayanan dengan baik. Itu hal yang akan kita lakukan ke depan," kata dia.


Baca juga artikel terkait PLN atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Abdul Aziz
DarkLight