Timnas Indonesia U23

Jadwal Uji Coba Timnas U-23 vs Bali United Batal Seperti PS TIRA?

Oleh: Iswara N Raditya - 4 Maret 2021
Dibaca Normal 2 menit
Ada kemungkinan laga uji coba Timnas Indonesia U-23 vs Bali United batal digelar.
tirto.id - Jadwal laga uji coba Timnas U-23 vs Bali United seharusnya digelar pada Jumat (5/3/2021). Namun, ada kemungkinan pertandingan tersebut bisa batal seperti laga antara Timnas Indonesia U23 vs PS TIRA Persikabo yang urung dihelat pada Rabu (3/3/2021) lantaran masalah izin keramaian dari kepolisian.

Laga uji coba Timnas U23 vs TIRA Persikabo kemarin akhirnya urung terlaksana. Para pemain dari kedua tim yang akan berlaga sejatinya sudah tiba di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, sekitar 1 jam sebelum pertandingan.

Namun, laga itu ternyata belum mengantongi izin dari yang berwenang sehingga tidak bisa dilaksanakan. Para pemain dan ofisial dari kedua tim pun diminta kembali ke penginapan karena pertandingan dipastikan belum dapat digelar malam itu.

Kapolsek Metro Tanah Abang, Komisaris Polisi Singgih Hermawan, mengatakan bahwa penyebab tidak bisa digelarnya pertandingan Timnas Indonesia U23 vs TIRA Persikabo karena panitia penyelenggara pertandingan terlambat mengajukan perizinan.

"Kegiatan ini (laga Timnas Indonesia U23 vs TIRA Persikabo) belum ada izinnya sehingga kami melarang untuk dilaksanakan," tegas Singgih Hermawan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (3/3/2021) dikutip dari Antara.


Singgih Hermawan menambahkan, panitia penyelenggara pertandingan baru memasukkan surat permohonan izin kepada kepolisian pada hari digelarnya laga, yakni hari ini, Rabu (3/3/2021).

"Panitia sudah bersurat tetapi baru hari ini. Terlalu mepet," sebut Singgih Hermawan.
Menanggapi pembatalan tersebut, PSSI telah memberikan klarifikasinya.

"PSSI mengerti dan memahami kenapa Mabes Polri belum mengizinkan pertandingan,” buka Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi dilansir situs resmi federasi.

“Mungkin karena izin kami (PSSI) terlalu mendadak sehingga Mabes Polri perlu melakukan kajian lebih mendalam sebelum mengeluarkan izin. Dengan ini PSSI meminta maaf kepada Mabes Polri yang sudah direpotkan,'' imbuhnya.


Laga Uji Coba Timnas U23 vs Bali United Juga Batal?

Batalnya laga uji coba Timnas Indonesia U23 vs TIRA Persikabo ternyata berdampak terhadap Bali United yang seharusnya segera terbang ke Jakarta untuk persiapan pertandingan pada Jumat (5/3/2021) besok.

Melalui laman resmi klub, Laskar Tridatu menyatakan bahwa pihaknya batal berangkat ke ibu kota. Kepastian urungnya skuad asuhan Stefano Cugurra Teco ke Jakarta dikonfirmasi langsung oleh Manager Bali United, Michael Gerald.

"Selamat malam. Pertandingan dengan Timnas tanggal 5 Maret dibatalkan. Jika diundur ke tanggal lain akan diinfokan lebih lanjut," sebut Michael Gerald dikutip dari laman resmi klub Bali United, Rabu (3/3/2021) malam.

Rencana laga uji coba Timnas Indonesia U23 merupakan rangkaian persiapan sebelum skuad asuhan Shin Tae-yong tampil di SEA Games 2021 Vietnam pada November hingga Desember 2021 mendatang.

“Jadi memang tim ini butuh uji coba. Itu sebabnya pelatih Shin Tae-yong menjadwalkan uji coba dengan klub Liga 1 agar tim lebih berkembang karena Timnas Indonesia ditargetkan meraih emas di SEA Games 2021," tutur Yunus Nusi.

"Untuk itu, sambil menunggu proses administrasi perizinan, kami menyiapkan pertandingan uji coba sesuai roadmap pelatih Shin Tae-yong," tambahnya.

"Namun, sampai dengan satu jam menjelang kick-off, kami belum mendapatkan izin dari pihak kepolisian. Untuk langkah selanjutnya, PSSI akan terus melakukan koordinasi dengan Mabes Polri,” tutup Yunus Nusi.

Sementara bagi TIRA Persikabo dan Bali United, laga uji coba kontra skuad Garuda Muda seharusnya bisa dijadikan pemanasan sebelum berpartisipasi dalam turnamen pramusim Liga 1 bertajuk Piala Menpora 2021 mulai 21 Maret 2021 nanti.

Selain itu, Bali United juga bakal tampil di babak penyisihan grup Piala AFC 2021 Zona ASEAN pada 22-28 Juni 2021 mendatang.

Baca juga artikel terkait LAGA UJICOBA TIMNAS U23 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight