Jelang Pra Piala Asia U23 2022

Jadwal Timnas Indonesia U23 vs Tajikistan Prediksi Laga 19 Okt 2021

Oleh: Iswara N Raditya - 15 Oktober 2021
Dibaca Normal 3 menit
Jadwal Timnas Indonesia U23 vs Tajikistan, laga uji coba jelang Pra Piala Asia U-23 2022, Selasa (19/10/2021).
tirto.id - Jadwal Timnas Indonesia U23 vs Tajikistan dalam laga uji coba internasional jelang Pra Piala Asia atau Kualifikasi AFC Cup U-23 2022 bakal dihelat pada Selasa (19/10/2021) di Central Republican Stadium, Dushanbe, mulai pukul 18.00 waktu setempat. Prediksi pertandingan ini sulit diperkirakan lantaran kedua tim belum pernah bertemu sebelumnya.

Menghadapi tuan rumah Tajikistan bakal menjadi pertandingan pemanasan bagi Timnas Indonesia U23 sebelum melakoni laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 Grup G melawan Australia yang bakal dihelat menjelang akhir bulan Oktober 2021.

Kamis (14/10/2021), skuad Garuda Muda asuhan pelatih Shin Tae-yong telah tiba di Tajikistan dan segera menggelar persiapan, termasuk untuk menjalani laga uji coba internasional melawan tuan rumah sebelum tampil di Kualifikasi Kualifikasi AFC Cup U-23 2022 Grup G.

"Setelah melakukan perjalanan panjang ke Tajikistan dan tiba di hotel, pemain langsung sarapan dan istirahat sebentar. Sore ini, kami langsung menjalani latihan perdana di sini," ungkap pelatih Timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong, dikutip dari laman resmi PSSI.

“Alhamdulillah setelah melakukan perjalanan yang panjang kami akhirnya sampai di Tajikistan. Kondisi kami baik-baik saja dan langsung beristirahat untuk persiapan latihan nanti sore," imbuh penjaga gawang Garuda Muda yang baru saja memperkuat timnas senior, Muhammad Riyandi.

Jadwal Timnas Indonesia U23 vs Tajikistan Tanggal 19 Oktober 2021

AFC selaku Konfederasi Sepak Bola Asia memutuskan untuk memindahkan laga Kualifikasi Piala Asia U23 2022 Grup G ke Tajikistan. Sebelumnya, Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Grup G, namun masih adanya aturan ketat mengenai masuknya orang dari luar negeri ke tanah air terkait pandemi COVID-19 membuat AFC membatalkan keputusan itu.

Selain menghelat laga Pra AFC Cup U-23 2022 Grup G, Tajikistan juga bertindak sebagai tuan rumah untuk Grup B. Tajikistan bakal bertarung di Grup B yang juga dihuni oleh Lebanon, Nepal, dan Iran. Rangkaian pertandingan Grup B bakal dihelat dari tanggal 25 hingga 31 Oktober 2021 mendatang.

Sedangkan komposisi kontestan di Grup G tinggal menyisakan dua tim saja yakni Indonesia dan Australia setelah Brunei Darussalam dan Cina mengundurkan diri. Federasi Sepak Bola Tajikistan menyebut, laga Indonesia vs Australia dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 Grup G bakal dihelat sebanyak dua kali pada 27 dan 30 Oktober 2021.

Melalui akun Instagram resminya, Federasi Sepak Bola Tajikistan atau FFT juga memastikan bakal digelarnya laga uji coba internasional melawan Timnas Indonesia U23 atau yang oleh mereka disebut sebagai tim Olimpiade, pada 19 Oktober 2021 nanti.

“Sebagai bagian dari tahap akhir persiapan Kualifikasi Piala Asia 2022, tim Olimpiade Tajikistan (U23) akan memainkan pertandingan persahabatan dengan Indonesia," tulis FFT via akun Instagram resminya.

"Pertemuan antara tim Olimpiade Tajikistan dan Indonesia di bawah 23 tahun akan berlangsung pada Selasa, 19 Oktober, di Central Republican Stadium di Dushanbe, dan akan dimulai pada pukul 18.00,” lanjut pernyataan FFT.

Kepastian laga uji coba antara Timnas Indonesia U23 vs Tajikistan pada 19 Oktober 2021 ini juga tertulis dalam artikel yang terhimpun di laman resmi atau website Federasi Sepak Bola Indonesia alias PSSI.


Prediksi Timnas Indonesia U23 vs Tajikistan Jelang Pra Piala Asia U-23 2022

Pelatih Timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong, membawa sebagian pemain muda yang sebelumnya sukses mengantarkan tim nasional senior merebut tiket Kualifikasi Piala Asia 2023 usai dua kali mengalahkan China Taipei atau Taiwan dengan skor agregat 5-1.

Para pemain tersebut antara lain Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, Pratama Arhan, Ramai Rumakiek, Muhammad Riyandi, Rizky Ridho, Taufik Hidayat, Hanis Saghara, Gunansar Mandowen, Ernando Ari Sutaryadi, dan Muhamad Firli.

Sedangkan Egy Maulana Vikri dan Syahrian Abimanyu telah kembali ke klub masing-masing. Egy Maulana Vikri balik ke FK Senica di Liga Slovakia, sedangkan Syahrian Abimanyu ke klub papan atas Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT).

Demikian pula dengan Rachmat Irianto yang pulang dulu ke Indonesia untuk memperkuat Persebaya Surabaya di Liga 1 2021. Adapun Saddil Ramdani yang kini bermain di Sabah FC (Malaysia) tidak jadi bergabung dengan skuad Timnas Indonesia karena mengalami cedera.

Di Tajikistan, tim besutan Shin Tae-yong harus beradaptasi dengan cuaca dingin yang sedang melanda negara pecahan Uni Soviet tersebut. Laga kontra Tajikistan juga bisa dijadikan salah satu tolak ukur mengenai perkembangan Witan Sulaeman dan kawan-kawan jelang laga Pra Piala Asia U-23 2022 kontra Australia nanti.

"Saat ini suhu udara bagi kami belum terlalu dingin. Namun saat pertandingan nanti pasti lebih dingin. Pemain harus bisa melawan cuaca dingin," tandas Shin Tae-yong.

Mundurnya Cina dan Brunei Darussalam membuat situasi Indonesia tidak menguntungkan di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Tim-tim yang lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-23 2022 adalah juara masing-masing grup ditambah 4 runner-up grup terbaik.

Hal ini menyulitkan bagi Timnas Indonesia U23. Satu-satunya jalan adalah mengincar posisi juara Grup G untuk bisa melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2022. Namun, misi itu tidak mudah karena rival yang akan dihadapi adalah Australia.

"Situasi yang tidak ideal untuk kami karena mundurnya Brunei dan Cina. Apalagi hanya posisi pertama saja di grup ini yang akan lolos ke putaran final Piala AFC U-23 2022," sebut Shin Tae-yong yang pernah menukangi Korea Selatan di Piala Dunia 2018.


Jadwal Timnas Indonesia U23 Oktober 2021

Selasa, 19 Oktober 2021
Tajikistan vs Indonesia (Laga Uji Coba)

Rabu, 27 Oktober 2021
Indonesia vs Australia (Kualifikasi Grup G)

Sabtu, 30 Oktober 2021
Australia vs Indonesia (Kualifikasi Grup G)


Hasil Drawing Pra Piala Asia U23 2022

Grup A: Suriah, Qatar, Yaman, Sri Lanka
Grup B: Iran, Tajikistan, Lebanon, Nepal
Grup C: Irak, Bahrain, Afghanistan, Maladewa
Grup D: Arab Saudi, Bangladesh, Kuwait, Uzbekistan
Grup E: Uni Emirat Arab, Oman, India, Kirgistan
Grup F: Jordania, Palestina, Turkmenistan
Grup G: Australia, Indonesia, Cina (mundur), Brunei (mundur)
Grup H: Korea Selatan, Singapura, TimorLeste, Filipina
Grup I: Vietnam, Myanmar, ChinaTaipei
Grup J: Thailand, Malaysia, Laos, Mongolia
Grup K: Hong Kong, Jepang, Kamboja, Korea Utara (mundur)

Skuad Timnas U23 di Pra Piala Asia U23 2022

Kiper
Muchamad Aqil Savik (Persib Bandung), Muhamad Riyandi (Barito Putera), Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya)

Belakang
Komang Tri Arta Wiguna (Bali United), Komang Teguh Trisnanda (Borneo FC), Bayu Mohamad Fiqri (Persib Bandung), Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners/Korea Selatan), Muhammad Firli (Barito Putera), Rizky Ridho Ramadhani (Persebaya Surabaya), Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya), Pratama Arhan (PSIS Semarang)

Tengah
Feby Eka Putra (Arema FC), Natanael Siringo Ringo (Kelantan FA/Malaysia), Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya), Beckham Putra (Persib Bandung), Braif Fatari (Persija Jakarta), Irsan Lestaluhu (Persipura Jayapura), Subhan Fajri (Persiraja Banda Aceh), Mohammad Kanu (Persis Solo), Eka Febri (PSIS Semarang), Genta Alparedo (Semen Padang), Gunansar Mandowen (Persipura Jayapura)

Depan
Rabbani Tasnim Siddiq (Borneo FC), Amiruddin Bagus Kahfi (Utrecht FC/Belanda), Ronaldo Kwateh (Madura United), Witan Sulaeman (Lechia Gdansk/Polandia), Taufik Hidayat (Persija Jakarta), Ramai Rumakiek (Persipura Jayapura), Hanis Sagara Putra (Tira Persikabo)

Pelatih
Shin Tae-yong

Baca juga artikel terkait JADWAL TIMNAS U23 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Penyelia: Addi M Idhom
DarkLight