Timnas Indonesia U-23

Kualifikasi AFC Cup U23: Jadwal Timnas Okt 2021, Skuad, & Lawan

Oleh: Wan Faizal - 13 Oktober 2021
Dibaca Normal 2 menit
Skuad Timnas Indonesia U23 akan tampil dalam jadwal Kualifikasi AFC Cup U-23 2022 pada akhir Oktober 2021. Lawan siapa?
tirto.id - Timnas Indonesia U23 akan tampil dalam jadwal Kualifikasi Piala Asia atau AFC Cup U-23 2022 akhir Oktober 2021 mendatang. Pelatih Shin Tae-yong sudah memanggil para pemain yang akan mengisi skuad Timnas U23. Lantas, siapa saja lawan tim Garuda Muda nanti?

Di Kualifikasi AFC Cup U23 2022, Timnas Indonesia tergabung di Grup G yang semula juga dihuni Australia, Cina, dan Brunei Darussalam. Namun, Brunei kemudian menyatakan mundur dari ajang ini. Yang terbaru, Cina juga melakukan tindakan serupa.

Dengan mundurnya Brunei dan Cina, maka di Grup G hanya tinggal Indonesia dan Australia. AFC selaku konfederasi sepak bola Asia belum memberikan keputusan terkait nasib Grup G di Kualifikasi Piala Asia U23 2022.

Jika AFC memutuskan untuk tidak mengubah apa pun, maka Indonesia hanya bertanding 1 kali saja melawan Australia. Pemenangnya dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia U23 di Uzbekistan tahun depan.

Apabila Indonesia kalah dari Australia, kemungkinan lolos ke putaran final sangat kecil bahkan mustahil. Meskipun ada jalur runner-up grup terbaik untuk 4 tim, namun Indonesia tidak akan mendapatkan posisi itu.

Jika kalah dari Australia dan hanya bertanding sekali, maka Indonesia tidak mendapatkan poin, berbeda dengan runner-up dari grup-grup lainnya yang pastinya punya poin lantaran bertanding lebih dari sekali.


Persiapan Timnas Indonesia U23 di Kualifikasi AFC Cup U-23 2022

Kendati situasi belum pasti akibat mundurnya Brunei Darussalam dan Cina dari Grup G Kualifikasi AFC Cup U23 2022, namun Indonesia tetap mempersiapkan diri, termasuk dengan memanggil para pemain untuk mengisi skuad asuhan Shin Tae-yong.

Beberapa pemain muda yang baru saja memperkuat Timnas Indonesia senior di play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Thailand, langsung terbang ke Tajikistan, lokasi digelarnya Kualifikasi AFC Cup U23 2022.

Kabar bagusnya adalah tidak ada pemain yang mengalami cedera dari laga terakhir kontra China Taipei kemarin. Para pemain yang menyusul ke Tajikistan dari tanah air juga dilaporkan berada dalam kondisi fit untuk mengikuti persiapan.

“Setelah pertandingan kemarin tidak ada masalah dengan kondisi para pemain. Sebagian pemain pulang ke Indonesia dan yang lain melanjutkan perjalanan ke Tajikistan. Kami akan melakukan persiapan serius di Tajikistan sebelum berlaga di kualifikasi nanti,” kata Shin Tae-yong.

Sayangnya, Timnas Indonesia U23 tak bisa menurunkan skuad terbaiknya di laga nanti. Lantaran bukan agenda resmi FIFA, klub berhak menolak untuk melepas pemainnya, terutama klub-klub yang berasal dari luar Indonesia.

Egy Maulana Vikri (FK Senica/Slovakia) dan Syahrian Abimanyu (Johor Darul Takzim/Malaysia) harus kembali ke klub masing-masing. Sedangkan Rachmat Irianto diminta balik ke Persebaya Surabaya dulu sebelum menyusul ke Tajikistan.

Satu nama lagi yang urung bergabung adalah Saddil Ramdani. Pemain milik Sabah FA (Malaysia) ini masih berkutat dengan cedera yang ia alami. Hal ini pula yang membuat Saddil Ramdani sebelumnya juga batal bermain melawan Cina Taipei.

Jadwal Kualifikasi AFC Cup U-23 2022 Timnas Indonesia U23

Rabu, 27 Oktober 2021
19.00 WIB: Indonesia vs Australia


Hasil Drawing Kualifikasi AFC Cup U23 2022

  • Grup A: Suriah, Qatar, Yaman, Sri Lanka
  • Grup B: Iran, Tajikistan, Lebanon, Nepal
  • Grup C: Irak, Bahrain, Afghanistan, Maladewa
  • Grup D: Arab Saudi, Bangladesh, Kuwait, Uzbekistan
  • Grup E: Uni Emirat Arab, Oman, India, Kirgistan
  • Grup F: Jordania, Palestina, Turkmenistan
  • Grup G: Australia, Indonesia, Cina (mundur), Brunei (mundur)
  • Grup H: Korea Selatan, Singapura, TimorLeste, Filipina
  • Grup I: Vietnam, Myanmar, ChinaTaipei
  • Grup J: Thailand, Malaysia, Laos, Mongolia
  • Grup K: Hong Kong, Jepang, Kamboja, Korea Utara (mundur)

Daftar Pemain Timnas Indonesia U23 untuk Kualifikasi AFC Cup U23 2022

Kiper
Muchamad Aqil Savik (Persib Bandung), Muhamad Riyandi (Barito Putera), Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya)

Belakang
Komang Tri Arta Wiguna (Bali United), Komang Teguh Trisnanda (Borneo FC), Bayu Mohamad Fiqri (Persib Bandung), Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners/Korea Selatan), Muhammad Firli (Barito Putera), Rizky Ridho Ramadhani (Persebaya Surabaya), Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya), Pratama Arhan (PSIS Semarang)

Tengah
Feby Eka Putra (Arema FC), Natanael Siringo Ringo (Kelantan FA/Malaysia), Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya), Beckham Putra (Persib Bandung), Braif Fatari (Persija Jakarta), Irsan Lestaluhu (Persipura Jayapura), Subhan Fajri (Persiraja Banda Aceh), Mohammad Kanu (Persis Solo), Eka Febri (PSIS Semarang), Genta Alparedo (Semen Padang), Gunansar Mandowen (Persipura Jayapura)

Depan
Rabbani Tasnim Siddiq (Borneo FC), Amiruddin Bagus Kahfi (Utrecht FC/Belanda), Ronaldo Kwateh (Madura United), Witan Sulaeman (Lechia Gdansk/Polandia), Taufik Hidayat (Persija Jakarta), Ramai Rumakiek (Persipura Jayapura), Hanis Sagara Putra (Tira Persikabo)

Pelatih
Shin Tae Yong

Baca juga artikel terkait JADWAL TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight