Timnas Indonesia U23

Skuad Indonesia Pra Piala Asia U23: Jadwal Main Timnas U23 Okt 2021

Oleh: Iswara N Raditya - 14 Oktober 2021
Dibaca Normal 3 menit
Skuad Timnas Indonesia U23 di Pra Piala Asia U-23 2022 dan jadwal main Oktober 2021.
tirto.id - Skuad Timnas U23 akan menjalani pemusatan latihan sebelum main di laga uji coba internasional kontra Tajikistan dan melakoni jadwal pertandingan Kualifikasi AFC Cup atau Pra Piala Asia U-23 2022 pada Oktober 2021 ini. Pelatih Shin Tae-yong membawa sebagian pemain Timnas Indonesia senior yang masih bisa memperkuat Timnas U23 ke Tajikistan.

Tim nasional Indonesia senior baru saja menuntaskan laga play off melawan China Taipei (Taiwan) di Thailand untuk memperebutkan tiket ke Kualifikasi Piala Asia 2022 ronde ketiga. Hasilnya, skuad asuhan Shin Tae-yong memenangkan 2 leg kontra Taiwan dengan skor agregat 5-1. Dengan demikian, Indonesia mendapatkan satu tempat di Kualifikasi Piala Asia 2022 untuk level senior.

Sebagian pemain yang mengisi skuad timnas senior Indonesia saat ini masih berusia di bawah 23 tahun. Mereka bisa langsung dibawa ke Tajikistan untuk memperkuat pasukan Garuda Muda yang juga dibesut oleh Shin Tae-yong dalam menjalani pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 di Grup G.

"Sebelum terbang ke Tajikistan, Timnas Indonesia melakukan pertemuan dan makan malam dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok. Selain dari Bangkok, para pemain Timnas U23 juga akan berangkat malam ini dari Jakarta," ungkap Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, dikutip dari laman federasi, Selasa (12/10/2021).

Jadwal Timnas Indonesia U23 di Tajikistan

Di Tajikistan, Timnas Indonesia U23 langsung menggelar pemusatan latihan sebelum menjalani laga uji coba kontra tuan rumah yang akan dihelat pada 19 Oktober 2021.

Berikutnya, skuad Garuda Muda disebutkan bakal dua kali menghadapi Australia dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 Grup G pada 27 dan 30 Oktober 2021 setelah mundurnya Cina dan Brunei Darussalam.

Informasi tersebut datang dari Federasi Sepak Bola Tajikistan (FFT) melalui akun Instagram resminya. AFC selaku Konfederasi Sepak Bola Asia telah menunjuk negara pecahan Uni Soviet yang terletak di Asia Tengah itu sebagai penyelenggara Grup B dan Grup Kualifikasi AFC Cup U-23 2022.

“Sebagai bagian dari tahap akhir persiapan Kualifikasi Piala Asia 2022, tim Olimpiade Tajikistan (U23) akan memainkan pertandingan persahabatan dengan Indonesia," tulis FFT via akun Instagram resminya.

"Pertemuan antara tim Olimpiade Tajikistan dan Indonesia di bawah 23 tahun akan berlangsung pada Selasa, 19 Oktober, di Central Republican Stadium di Dushanbe, dan akan dimulai pada pukul 18.00,” lanjut pernyataan FFT.

AFC awalnya memutuskan Indonesia sebagai tuan rumah Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Namun, keputusan itu dibatalkan karena Indonesia masih memperketat orang asing masuk ke tanah air terkait pandemi COVID-19. AFC kemudian menunjuk Tajikistan sebagai penyelenggara Grup G sekaligus Grup B.


Di Kualifikasi AFC Cup U-23 2022, tim nasional U23 Tajikistan berada di Grup B bersama Lebanon, Nepal, dan Iran. Rangkaian pertandingan Grup B bakal dihelat dari tanggal 25 hingga 31 Oktober 2021 mendatang.

FFT juga menyebut bahwa di Grup G, Timnas Indonesia U23 bakal dua kali berhadapan dengan Australia di Dushanbe, Tajikistan, yakni tanggal 27 dan 30 Oktober 2021. Grup G saat ini memang hanya dihuni oleh dua tim tersebut setelah mundurnya Cina dan Brunei Darussalam.

Pihak AFC belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait nasib Grup G yang hanya menyisakan Indonesia dan Australia. Sebagai informasi, tim-tim yang lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-23 2022 adalah juara masing-masing grup ditambah 4 runner-up grup terbaik.

Situasi ini menyulitkan bagi Timnas Indonesia U23 jika AFC tidak memutuskan perubahan terkait Grup G. Satu-satunya jalan adalah mengincar posisi juara Grup G untuk bisa melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2022. Namun, mimpi itu tidak mudah karena rival yang akan dihadapi adalah Australia.

Skuad Timnas U23 di Kualifikasi Piala Asia U23 2022

Skuad Timnas Indonesia U23 di Pra Piala Asia U-23 2022 dihuni oleh beberapa pemain muda yang sebelumnya memperkuat tim nasional senior di laga play off Kualifikasi Piala Asia 2023, termasuk Muhammad Riyandi, Ernando Ari Sutaryadi, Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Witan Sulaeman, Ramai Rumakiek, hingga Hanis Sagara Putra.

Selain itu, pelatih Shin Tae-yong juga memanggil striker jebolan Garuda Select yang saat ini memperkuat tim muda Utrecht FC (Belanda), Amiruddin Bagus Kahfi. Jika dimainkan, laga nanti akan menjadi momen comeback penyerang asal Magelang itu ke skuad timnas setelah cukup lama absen karena cedera parah.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berharap skuad Timnas Indonesia U23 tampil maksimal di Tajikistan nanti. Problem ketahanan fisik yang selama ini menjadi salah satu kelemahan pemain Indonesia diharapkan juga sudah teratasi berkat tempaan Shin Tae-yong beserta tim pelatih.

‘’Saya lihat pemain sudah kompak. Fisik pemain juga terlihat untuk bermain 2x45 menit tanpa kendur sedikit pun. Itu kemajuan luar biasa soal fisik. Memang Shin Tae-yong menggenjot fisik dengan keras. Hasilnya Anda bisa lihat, pemain bisa tampil spartan,” pesan Mochamad Iriawan sebelum skuad Timnas U23 berangkat ke Tajikistan.

Jadwal Timnas U23 Oktober 2021

Selasa, 19 Oktober 2021
Tajikistan vs Indonesia (Laga Uji Coba)

Rabu, 27 Oktober 2021
Indonesia vs Australia (Kualifikasi Grup G/Belum Resmi)

Sabtu, 30 Oktober 2021
Australia vs Indonesia (Kualifikasi Grup G/Belum Resmi)


Hasil Drawing Pra Piala Asia U23 2022

  • Grup A: Suriah, Qatar, Yaman, Sri Lanka
  • Grup B: Iran, Tajikistan, Lebanon, Nepal
  • Grup C: Irak, Bahrain, Afghanistan, Maladewa
  • Grup D: Arab Saudi, Bangladesh, Kuwait, Uzbekistan
  • Grup E: Uni Emirat Arab, Oman, India, Kirgistan
  • Grup F: Jordania, Palestina, Turkmenistan
  • Grup G: Australia, Indonesia, Cina (mundur), Brunei (mundur)
  • Grup H: Korea Selatan, Singapura, TimorLeste, Filipina
  • Grup I: Vietnam, Myanmar, ChinaTaipei
  • Grup J: Thailand, Malaysia, Laos, Mongolia
  • Grup K: Hong Kong, Jepang, Kamboja, Korea Utara (mundur)

Skuad Timnas U23 di Pra Piala Asia U23 2022

Kiper
Muchamad Aqil Savik (Persib Bandung), Muhamad Riyandi (Barito Putera), Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya)

Belakang
Komang Tri Arta Wiguna (Bali United), Komang Teguh Trisnanda (Borneo FC), Bayu Mohamad Fiqri (Persib Bandung), Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners/Korea Selatan), Muhammad Firli (Barito Putera), Rizky Ridho Ramadhani (Persebaya Surabaya), Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya), Pratama Arhan (PSIS Semarang)

Tengah
Feby Eka Putra (Arema FC), Natanael Siringo Ringo (Kelantan FA/Malaysia), Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya), Beckham Putra (Persib Bandung), Braif Fatari (Persija Jakarta), Irsan Lestaluhu (Persipura Jayapura), Subhan Fajri (Persiraja Banda Aceh), Mohammad Kanu (Persis Solo), Eka Febri (PSIS Semarang), Genta Alparedo (Semen Padang), Gunansar Mandowen (Persipura Jayapura)

Depan
Rabbani Tasnim Siddiq (Borneo FC), Amiruddin Bagus Kahfi (Utrecht FC/Belanda), Ronaldo Kwateh (Madura United), Witan Sulaeman (Lechia Gdansk/Polandia), Taufik Hidayat (Persija Jakarta), Ramai Rumakiek (Persipura Jayapura), Hanis Sagara Putra (Tira Persikabo)

Pelatih
Shin Tae-yong

Baca juga artikel terkait PRA PIALA ASIA U23 2022 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Penyelia: Addi M Idhom
DarkLight