Piala AFC 2021

Jadwal AFC Cup 2021 Zona ASEAN: Ada Bali United & Nasib Persipura

Oleh: Iswara N Raditya - 29 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Indonesia diwakili oleh Bali United dan Persipura di Piala AFC 2021 Zona ASEAN.
tirto.id - Konfederasi Sepak Bola Asia merilis hasil undian AFC Cup 2021 Zona ASEAN. Jadwal babak penyisihan grup Piala AFC 2021 untuk kawasan Asia Tenggara bakal digelar secara terpusat pada 22-28 Juni 2021 mendatang. Indonesia diwakili oleh Bali United dan Persipura Jayapura.

Hasil drawing babak penyisihan grup AFC 2021 dalam pengundian yang dilakukan di Kuala Lumpur, pada Rabu (27/1/2021) menempatkan Bali United di Grup G. Laskar Tridatu langsung tampil di fase ini dengan status juara Liga Indonesia 2019 lantaran Liga 1 2020 dibatalkan.

Di Grup G babak penyisihan Piala AFC 2021, Bali United akan bersaing dengan perwakilan negara-negara ASEAN lainnya seperti Hanoi FC (Vietnam), Boeung Ket (Kamboja), dan masih menunggu pemenang kualifikasi atau playoff I.

Indonesia sebenarnya masih punya satu calon wakil lagi di fase penyisihan grup Piala AFC 2021 nanti, yakni Persipura. Namun, nasib Persipura masih dipertanyakan karena klub kebanggaan masyarakat Papua ini telah dibubarkan lantaran mengalami kesulitan finansial.

Jika jadi ikut serta, Persipura harus melalui fase kualifikasi terlebih dulu sebelum menapakkan kaki di babak penyisihan grup AFC Cup 2021. Tim Mutiara Hitam akan menghadapi pemenang antara Visakha FC (Kamboja) melawan Lalenok United (Timor Leste).

Apabila mampu melewati kualifikasi dengan kemenangan, maka Persipura akan ditempatkan di Grup H bersama Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura), dan Saigon FC (Vietnam), untuk memperebutkan tiket ke babak berikutnya.

Tim-tim terbaik dari di fase penyisihan grup Piala AFC 2021 Zona ASEAN bakal melaju ke semi final yang akan dihelat pada 10-11 Agustus 2021. Pemenangnya akan bertarung lagi di final AFC Cup 2021 Zona ASEAN yang dijadwalkan pada 25 Agustus 2021 mendatang.

Nasib Persipura di AFC Cup 2021

Persipura sebelumnya telah membubarkan tim karena Bank Papua selaku sponsor utama memutuskan untuk membatalkan kontrak. Benhur Tomi Mano selaku Ketua umum Persipura mengatakan, pembatalan kontrak itu terjadi mendadak saat tim akan bersiap tampil di Piala AFC 2021.

"Kami sangat sayangkan situasi ini, padahal kita punya kesempatan untuk berlaga di AFC Cup 2021. Karena tidak mungkin kita paksakan tim berjalan tanpa membayar gaji pemain, pelatih, dan ofisial," keluh Benhur Tomi Mano, Kamis (7/1/2021), dikutip dari Antara.

"Dengan surat Bank Papua ini berarti kami tidak lagi punya sumber dana untuk beraktivitas, dan kita semua tahu bagaimana menurunnya ekonomi selama pandemi COVID-19, sehingga kemampuan kita secara finansial juga menurun, apalagi ada kewajiban untuk tetap membayar gaji seluruh personel tim," bebernya.

Mengenai situasi pelik tersebut, PSSI berencana akan menjalin komunikasi dengan Persipura untuk membicarakan masalah yang terjadi sekaligus terkait dengan keikutsertaan Tim Mutiara Hitam di ajang AFC Cup 2021 nanti.

"Dalam situasi pandemi COVID-19 dengan ketidakpastian yang cukup tinggi seperti saat ini, yang bisa dilakukan PSSI adalah berkomunikasi dengan para anggotanya termasuk Persipura," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, kepada Antara di Jakarta, Kamis (28/1/2021).


Hasil Undian Babak Grup AFC Cup 2021

Grup G
  • Hanoi FC (Vietnam)
  • Bali United (Indonesia)
  • Boeung Ket (Kamboja)
  • Pemenang Kualifikasi I
Grup H
  • Kedah Darul Aman (Malaysia)
  • Lion City Sailors (Singapura)
  • Saigon FC (Vietnam)
  • Pemenang Kualifikasi II
Grup I
  • Kaya FC-Iloilo (Filipina)
  • Pemenang Shan United (Myanmar) vs Ayeyawady United (Myanmar)
  • Terengganu FC (Malaysia)
  • Geylang International FC (Singapura).

Baca juga artikel terkait AFC CUP 2021 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight