Jadwal Serie A Liga Italia 2019-2020 Digelar Kembali Mulai 20 Juni

Oleh: Fitra Firdaus - 29 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal Serie A Liga Italia 2019/2020 yang sempat terhenti karena pandemi virus Corona (COVID-19) akan dimulai kembali pada 20 Juni 2020.
tirto.id - Kompetisi Serie A Liga Italia 2019/2020 yang sempat dihentikan sementara karena pandemi virus Corona (COVID-19) resmi digelar kembali mulai Sabtu, 20 Juni 2020. Kepastian ini diumumkan oleh Menteri Olahraga Italia, Vincenzo Spadafora. Serie A akan diputar lagi setelah Coppa Italia diselesaikan.

"Italia memulai segalanya kembali, dan sepak bola juga demikian. Liga (Italia) dimulai kembali pada 20 Juni, saya sudah berkonsultasi dengan Perdana Menteri (Giuseppe) Conte," kata Spadafora pada Kamis (28/5/2020).

Tidak hanya memastikan Serie A musim ini akan diselesaikan, Spadafora juga menyebutkan, Coppa Italia musim ini, yang mengalami penundaan setelah laga leg pertama babak semifinal, juga akan dirampungkan. Restart Coppa Italia dilakukan seminggu lebih cepat daripada Serie A.

"Saya harap kita dapat menyelesaikan Coppa Italia dalam periode minggu 13 hingga 20 Juni 2020. Ini akan menjadi sinyal untuk kepentingan semua rakyat Italia, mengingat (Coppta Italia) adalah kompetisi yang ditampilkan di layanan publik (televisi)," tambah sang menteri olahraga.



Setelah pernyataan Spadafora, Presiden Lega Serie A, Paolo Dal Pino mengakui, pandemi COVID-19 adalah masa-masa kompleks yang penuh rintangan. Namun, ia juga menegaskan, dengan semangat dan kerja keras, Serie A dapat membayar antusiasme jutaan penggemar kompetisi tersebut.

"Kami bekerja hanya dengan satu pikiran: apa yang terbaik untuk sepak bola dan menjaga masa depan olahraga ini. Bagi Serie A ini bermakna, kembali menjadi liga terindah di dunia.

"Hanya dengan semangat ini, kami dapat membalas gairah dan antusiasme jutaan penggemar yang mengikuti olahraga ini," papar Dal Pino dikutip situs web resmi Serie A.



Senada dengan Paolo Dal Pino, Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Gabriele Gravina menyebutkan, lampu hijau dari pemerintah untuk diputarnya kembali Serie A adalah pesan harapan untuk seluruh rakyat Italia.

"Restart sepak bola merupakan pesan harapan bagi seluruh negeri (ini). Saya senang dan puas. Proyek kami adalah tanggung jawab besar karena melibatkan seluruh dunia profesional di Italia, dengan Serie A, B, C dan, semoga, juga Serie A sepak bola wanita," terang Gravina dikutip situs web resmi FIGC.



Di semifinal Coppa Italia, Juventus sementara memiliki agregat imbang 1-1 dengan AC Milan. Laga leg kedua, yang seharusnya berlangsung pada 4 Maret 2020 lalu, akan dimainkan di Stadion Allianz, Turin.

Sementara itu, dalam pertandingan lain, Napoli sementara unggul agregat 1-0 dari Internazionale. Laga leg kedua akan diputar di Stadion San Paolo, Naples.

Di Liga Italia, saat kompetisi dinyatakan ditunda, Juventus ada di puncak klasemen Serie A dengan keunggulan hanya satu angka dari runner-up, Lazio. Masih ada 12 pekan tersisa untuk penentuan gelar juara kompetisi, yang dalam 8 musim terakhir selalu menjadi milik Juve.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Italia hingga Kamis (28/5/2020) pukul 18.00 waktu setempat, terdapat total 231.732 kasus positif virus Corona (COVID-19) di negara tersebut. Dari jumlah itu, kasus aktif terjadi pada 47.986 orang, sedangkan kasus sembuh mencapai 150.604 orang. Jumlah kematian karena pengaruh COVID-19 mencapai 33.142 orang.


Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight