Jadwal Live Streaming Closing Ceremony Olimpiade di TVRI & Vidio

Oleh: Rofi Ali Majid - 8 Agustus 2021
Dibaca Normal 2 menit
Live streaming closing ceremony Olimpiade 2020 dapat ditonton hari Minggu (8/8), mulai pukul 18.00 WIB di Vidio & TVRI. World We Share jadi tema penutupan.
tirto.id - Jadwal live streaming closing ceremony atau upacara penutupan Olimpiade Tokyo 2020 dapat disaksikan melalui Vidio hari ini, Minggu (8/8/2021) mulai pukul 18.00 WIB hingga 21.00 WIB. Rangkaian acara yang dihelat di Stadion Olimpiade Tokyo tersebut juga bisa ditonton lewat siaran langsung TVRI.

Jelang upacara penutupan petang nanti, kontingen Cina masih bersaing ketat dengan Amerika Serikat (AS) di papan klasemen perolehan medali demi gelar juara umum. Cina yang nyaris selalu memimpin tabel medali sejak awal Olimpiade Tokyo, kini mulai terkejar oleh AS.

Berkat raihan emas dari cabor bola basket putri yang selesai menggelar laga final pagi tadi, kini perolehan medali emas AS akhirnya berhasil menyamai Cina dengan 38 emas. Namun demikian AS lebih berhak duduk di puncak, lantaran koleksi medali perak dan perunggu yang lebih banyak ketimbang Cina.

Hingga hari Minggu (8/8/2021) pukul 12.00, kontingen Negeri Paman Sam berhasil mengumpulkan 38 emas, 39 perak, dan 33 perunggu. Di lain pihak, Cina mendulang 38 emas, 31 perak, dan 18 perunggu.

Persaingan ketat kedua kubu tampaknya masih akan berlanjut hingga detik akhir kompetisi. Lantaran AS masih punya potensi emas dari final voli putri, serta 2 wakil di final cabor tinju putra. Sebaliknya Cina punya potensi 1 tambahan emas dari final cabor tinju putri. Secara matematis peluang Amerika Serikat untuk menyabet gelar juara umum memang lebih besar.

Terlepas dari persaingan 2 kontingen papan atas tersebut, Jepang selaku tuan rumah tampaknya telah memastikan diri duduk di peringkat 3 klasemen. Negeri Sakura berhasil mengumpulkan 27 emas, 14 perak, dan 17 perunggu.

Koleksi medali Jepang sudah tak mungkin dikejar oleh Inggris Raya di peringkat 4 yang baru mengoleksi: 21 emas, 21 perak, dan 22 perunggu.

Sementara itu kontingen Indonesia kembali turun peringkat jelang upacara penutupan. Jika Sabtu (7/8/2021) kemarin Merah Putih masih menempati posisi 52, maka siang ini harus rela turun ke nomor 54 dengan koleksi: 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Momen "twisties" Selama Olimpiade Tokyo

Selama perhelatan Olimpiade Tokyo 2020, ada sejumlah momen dramatis yang sempat menjadi sorotan. Selain akselerasi Amerika Serikat yang menyusul Cina di klasemen perolehan medali pada hari terakhir, momen kejutan lain datang dari pesenam AS, Simone Biles.

Biles menarik diri pada 5 dari 6 kompetisi yang ia ikuti, salah satunya pada putaran final tim wanita. Ia melakukan hal tersebut dengan alasan terkait kesehatan mentalnya.

Atlet berusia 24 tahun itu berbicara tentang perjuangan menghadapi beratnya harapan yang dibebankan kepadanya. Kasus ini membuat dunia menyadari tentang "twisties", sejenis blok mental yang mencegah atlet melakukan keterampilan terbaiknya, lantaran adanya tuntutan berlebih. Dalam satu-satunya sisa kompetisi yang ia ikuti, Biles akhirnya memenangkan perunggu.


Penyerahan Tongkat Olimpiade

Pada upacara penutupan petang nanti, Jepang selaku tuan rumah bakal menyerahkan tongkat estafet kepada penyelenggara Olimpiade edisi berikutnya, yakni Kota Paris, Perancis. Olimpiade Paris dijadwalkan pada 2024 mendatang.

Upacara penutupan Olimpiade Tokyo kali ini masih menggunakan tema besar "Moving Forward" seperti upacara pembukaan. Namun demikian tema utama yang diusung dalam upacara penutupan adalah "Worlds We Share."

"Permainan telah dan akan memberi kita makanan untuk memikirkan keragaman dan inklusi saat kita melanjutkan ke Paralympic Games," rilis panitia Olimpiade.

"Bahkan jika kita tidak bisa bersama, kita dapat berbagi momen yang sama, dan itu adalah sesuatu yang tidak akan pernah kita lupakan. Pesan penting inilah yang kami yakini akan membuat Upacara Penutupan yang akan membuka pintu bagi masa depan yang lebih cerah," imbuh mereka.


Live Streaming Closing Ceremony Olimpiade Tokyo

Rangkaian pertandingan Olimpiade Tokyo 2020 hingga upacara penutupan dapat ditonton melalui siaran langsung TVRI dan live streaming Vidio. Pengguna Telkomsel bisa menyaksikan pertandingan Olimpiade Tokyo 2020 lewat Vidio secara gratis.

Sementara itu, para pengguna kartu lainnya dapat memilih paket berlangganan yang disediakan Vidio. Terdapat paket Platinum 7 hari seharga Rp19.000, Platinum 30 hari dengan harga Rp29.000, dan Platinum 1 tahun yang dibanderol Rp199.000.

Link Live Streaming Closing Ceremony Olimpiade Tokyo

Baca juga artikel terkait OLIMPIADE 2020 atau tulisan menarik lainnya Rofi Ali Majid
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Rofi Ali Majid
Penulis: Rofi Ali Majid
Editor: Oryza Aditama
DarkLight