Jadwal Imsak Kab. Aceh Barat 1 Ramadhan 3 April 2022

Reporter: Tim Konten Ramadan, tirto.id - 2 Apr 2022 18:21 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal Imsak dan Buka Puasa Kab. Aceh Barat hari ini, 1 Ramadan 1443 atau bertepatan dengan 3 April 2022.
tirto.id - Ibadah puasa hari ke-1 bertepatan dengan Minggu 3 April 2022. Umat Islam di Kab. Aceh Barat dapat mengacu jadwal imsakiyah hari ini yang dirangkum dari Kemenag RI. Dengan mengetahui waktu salat dapat mengantar kesempurnaan ibadah umat muslim di Kab. Aceh Barat sepanjang Ramadan.

Umat muslim penting mengetahui jadwal imsak serta jadwal buka puasa supaya aktivitas sahur dapat segera diakhiri saat menjelang terbitnya fajar shodiq, dan segera membatalkan puasa setelah adzan maghrib. Ibadah puasa dimulai ketika fajar shodiq telah muncul atau saat waktu subuh datang hingga terbenamnya matahari yang bertepatan dengan datangnya waktu sholat maghrib.

Selain jadwal imsak dan jadwal buka puasa di Kab. Aceh Barat, informasi mengenai alamat masjid setempat juga diperlukan oleh warga muslim yang kebetulan sedang singgah di daerah tersebut sehingga mereka bisa menjalankan ibadah sholat fardhu dengan berjamaah.

Jadwal Imsak dan Jadwal Buka Puasa Kab. Aceh Barat 3 April 2022

Untuk menyambut bulan puasa pada Ramadhan 2022 (1443 H), Tirto.id menyediakan informasi jadwal imsak, subuh, zuhur, asar, buka puasa, magrib, dan isya di Kab. Aceh Barat berdasarkan data Kemenag RI sebagai berikut:



Sebelum mengerjakan puasa, seorang muslim diwajibkan untuk melafalkan niat berpuasa Ramadhan pada malam harinya. Bacaan doa niat puasa Ramadan dan artinya adalah sebagai berikut.

Niat Puasa Ramadhan

Berniat sebelum melakukan ibadah wajib merupakan suatu keharusan, termasuk puasa Ramadan. Niat ini menunjukkan kejelasan ibadah yang akan ditunaikan. Hukumnya wajib, meskipun hanya dalam hati. Sementara itu, menurut ulama mazhab Syafi'i, pelafalan niat sangat dianjurkan.

Berikut bacaan niat puasa ramadhan dalam bahasa Arab, latin beserta artinya dalam terjemahan bahasa Indonesia:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin an'adai fardi syahri ramadhani hadzihisanati lillahita'ala

Artinya: "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

Doa Buka Puasa

Dengan mengetahui jadwal buka puasa di Kab. Aceh Barat, umat Islam akan lebih mudah dalam menjalankan ibadah puasa. Selain itu, adanya keterangan waktu buka akan membuat umat Islam bisa mensegerakan untuk membatalkan puasa. Pada umumnya doa buka puasa yang dibaca umat Islam adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

Allahumma laka shumtu wa 'ala rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama'u wabtalatil 'uruqu wa tsabatal ajru insya-allah ta'ala.

Artinya, "Duhai Allah, untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezeki-Mulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaAllah Ta'ala."

Daftar Masjid di Kab. Aceh Barat

Warga ataupun musafir yang kebetulan singgah di Kab. Aceh Barat dapat melaksanakan sholat subuh dan sholat fardhu lainnya.

KAB. ACEH BARAT dikenal karena memiliki sejumlah masjid ikonik. Beberapa contohnya antara lain, Masjid Muta'allimin, Masjid Baitussalam, dan Masjid Miftahul Jannah. Masjid-masjid tersebut menjadi pusat kegiatan ibadah umat muslim di KAB. ACEH BARAT.

Masjid Muta'allimin dibangun pada tahun 2008. Daya tampung 50 - 100 jamaah. Masjid ini bisa ditemukan di alamat Meunasah Buloh Kaway XVI.

Sedangkan Masjid Baitussalam dibangun pada tahun 1959. Daya tampung 100 - 150 jamaah. Masjid ini berada di alamat Alue Tampak Kaway XVI.

Sementara Masjid Miftahul Jannah dibangun pada tahun 1961. Daya tampung 50 - 100 jamaah. Umat muslim bisa menemukan masjid ini di Gampong Masjid Baro Samatiga.

Ceramah Singkat Ramadhan

Bagi umat muslim di Kab. Aceh Barat dapat memperdalam pengetahuan keislaman sepanjang bulan puasa Ramadan 2022. Salah satu contoh khasanah keislaman itu contohnya tentang Kisah Keteladanan Nabi Adam As: Mengakui Kesalahan dan Bertobat.

Selama sebulan penuh dalam Ramadan, umat Islam punya banyak kesempatan untuk memperbaiki diri. Jika pada hari-hari biasa kontrol terhadap pemuasan hasrat terkesan rendah, puasa akan menjadi saran untuk berlatih tidak tunduk pada dunia. Banyaknya amalan Ramadan yang dapat dilakukan, misalnya qiyam Ramadan atau salat tarawih (malam). Menambah zikir, bertobat atas kesalahan yang telah lampau, merenungi hakikat hidup pada sepertiga akhir malam juga bisa jadi pilihan. Ada berbagai kisah inspiratif terkait pertobatan, termasuk kala Nabi Adam dan Hawa diturunkan ke dunia. Setelah memakan buah khuldi, Adam dan Hawa tidak menyalahkan pihak lain. Mereka memilih untuk mengakui salah dan memohon ampunan Tuhan. Doa Nabi Adam ini tercantum dalam Surah al-A'raf: 23, "Robbana dholamna anfusana wailam taghfirlana watarhamna lanakuunanna minal khosirin" atau "Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni dan memberi rahmat, niscaya kami termasuk orang merugi".

Takjil Buka Puasa Ramadhan Khas Kab. Aceh Barat

Berburu takjil di setiap sore menjelang berbuka puasa di bulan Ramadhan sudah seperti menjadi rutinitas yang wajib. Dari makanan ringan hingga makanan berat biasanya disuguhkan di setiap lapak penjual takjil.

Berikut adalah kuliner khas Kab. Aceh Barat: Bu Kulah, Gulai Jruek, Gulai Boh Panah, Gulai Boh Labu, Mie Aceh

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Tim Konten Ramadan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Tim Konten Ramadan
Penulis: Tim Konten Ramadan
Editor: Tim Konten Ramadan

DarkLight