Jadwal Daftar Ulang Jalur SBMPTN 2019 di UB, UNNES dan USU

Oleh: Yantina Debora - 12 Juli 2019
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal dan cara daftar ulang jalur SBMPTN 2019 di Universitas Brawijaya, UNNES dan USU.
tirto.id - LTMPT telah mengumumkan hasil SBMPTN 2019. Tahapan selanjutnya bagi peserta yang dinyatakan lolos yaitu melakukan registrasi atau daftar ulang di PTN tujuan.

Tiga PTN yaitu Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan Universitas Sumatera Utara (USU) membuka pendaftaran ulang mulai 10 Juli.

Cara Registrasi Ulang di UB

Pemberkasan secara online melalui laman https://admisi.ub.ac.id mulai tanggal 10 pukul 09.00 WIB – 13 Juli 2019 pukul 23.00 WIB. Caranya, pertama lakukan pembuatan akun baru dengan menggunakan alamat email yang valid. Tautan verifikasi akan dikirimkan melalui email.

Bagi yang sudah memiliki akun admisi.ub.ac.id tidak perlu melakukan pembuatan akun baru, dapat langsung login dan melanjutkan verifikasi pemberkasan SBMPTN.

Kedua, login pada laman UB dan lakukan verifikasi pemberkasan SBMPTN dengan memasukkan Nama, No Pendaftaran, dan Tanggal Lahir sesuai dengan pendaftaran SBMPTN.

Ketiga, mengisi seluruh isian berkas pada laman admisi.ub.ac.id secara benar, akurat, dan jujur. Keempat, setelah mengisi seluruh isian berkas, unggah foto diri dan Surat Keterangan Pemeriksaan Buta Warna.

Keempat, bagi calon mahasiswa yang lolos SBMPTN pada program studi di Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Kedokteran Hewan, harus membawa surat keterangan bebas narkoba dan NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah/Instansi yang berwenang serta mengikuti tes Kesehatan dan Psikotes.


Keenam, mencetak Surat Pernyataan Kebenaran Pengisian Data Surat Keterangan Penghasilan Penanggung Biaya Pendidikan.

Ketujuh, pindai atau scan dan Unggah berkas di atas (poin enam) setelah ditandatangani di atas materai sebagai tanda telah melakukan pemberkasan online.

Delapan, pengumuman penetapan UKT Proporsional dengan login ke situs UB pada 14 Juli 2019 dan melihat informasi UKT di Dashboard.

Cara Registrasi Ulang UNNES

Pertama, calon mahasiswa wajib mengisi borang isian data diri serta mengunggah dokumen yang dipersyaratkan sebagai dasar penetapan besaran biaya pendidikan berupa UKT dan seleksi penerima Bidikmisi.

Pengisian data pokok dilakukan secara daring melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id mulai tanggal 10 - 16 Juli 2019.

Kedua, calon mahasiswa wajib mengirimkan dokumen A1 melalui jasa pengiriman dokumen paling lambat tanggal 16 Juli 2019 (cap pos) ke Fakultas masing-masing dengan alamat yang bisa diunduh di laman UNNES.

Ketiga, calon mahasiswa (kecuali yang diterima beasiswa bantuan Bidikmisi) membayar UKT yang dibayarkan sama untuk setiap semester.

Besar biaya pendidikan yang harus dibayar setiap calon mahasiswa diumumkan bersamaan dengan pengumuman penerima beasiswa Bidikmisi pada tanggal 20 Juli 2019 di laman UNNES.

Jadwal Registrasi UNNES

  • Pengisian Data Pokok: 10 - 16 Juli 2019
  • Pengiriman A1: Maksimal 16 Juli 2019 (cap pos)
  • Tes Kesehatan: 15 - 18 Juli 2019 sesuai jadwal fakultas
  • Pembayaran Tes Kesehatan: 10 - 18 Juli 2019
  • Pengumuman UKT: 20 Juli 2019
  • Pembayaran UKT: 20 - 24 Juli 2019
  • Registrasi Daring: 21 - 25 Juli 2019

Cara Registrasi Ulang USU

Jadwal daftar ulang SBMPTN di USU dibuka mulai 10 - 16 Juli 2019 di https://uktdatareg.usu.ac.id/ dengan mengisi data UKT. Berkas UKT dikirim melalui pos di PO BOX 45 mulai 10 - 16 Juli 2019.


Amplop bagian kanan atas wajib menulis Nama, Nomor Ujian, Jurusan/Fakultas, Diterima Jalur SBMPTN 2019, dan tulis Berkas UKT.

Berkas UKT yang dikirim meliputi:

  • Form 01Form 02Slip gaji 1 lembar
  • Fotocopy KTP pihak yang membiayai
  • Fotocopy Kartu Keluarga pihak yang membiayai
  • Fotocopy NPWP pihak yang membiayai
  • Fotocopy bukti pembayaran PBB pihak yang membiayai
  • Fotocopy PKB pihak yang membiayai
  • Fotocopy tagihan rekening listrik atau token pihak yang membiayai
  • Fotocopy SPT Orang Pribadi atau Badan pihak yang membiayai
  • Cetak foto rumah

Pemeriksaan bebas narkoba di RS Pendidikan USU pada 15 - 19 Juli 2019. Cetak billing statement diunduh di https://uktdatareg.usu.ac.id/ pada 25 - 30 Juli 2019.

Pembayaran UKT/SPP dilakukan pada tanggal 25 - 30 Juli 2019. Pembayaran bisa dilakukan di BNI, Mandiri, Bank Sumut dan BTN. Melakukan pra registrasi secara online mulai 25 - 30 Juli 2019 di https://praregistrasi.usu.ac.id/.

Pendaftaran ulang mahasiswa baru dibuka mulai 30 Juli - 2 Agustus 2019. Calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SBMPTN 2019 yang terlambat melakukan pendaftaran ulang sesuai jadwal yang ditentukan, maka kelulusannya dapat dibatalkan, demikian pernyataan di situsweb USU.

Baca juga artikel terkait SBMPTN 2019 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight