Jadwal Copa America 2021 Brasil: Daftar Stadion, Grup, Tim Peserta

Oleh: Permadi Suntama - 4 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal Copa America 2021 yang berlangsung di Brasil dimulai tanggal 14 Juni mendatang. Turnamen ini dibuka dengan laga Brasil vs Venezuela.
tirto.id - Copa America 2021 akan diselenggarakan di Brasil mulai 14 Juni sampai 11 Juli 2021. Sebanyak 5 stadion akan menjadi venue 28 pertandingan putaran final.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, Copa America 2021 akan berlangsung dengan format berbeda. Sebanyak 10 tim terbagi menjadi 2 grup, masing-masing berisi 5 peserta. Empat tim teratas dari masing-masing grup akan lolos ke fase knock out (quarter final).

Dikutip dari situs web resmi CONMEBOL, perubahan tadi dilakukan guna membuat turnamen sepak bola tertua di dunia tersebut lebih menarik.

Laga pembuka Copa America 2021 akan berlangsung di Stadion Mane Garrincha, Brasilia, pada 14 Juni 2021, yakni Brasil vs Venezuela. Sementara laga puncak akan dijadwalkan pada 11 Juli 2021, di Stadion Maracana, Rio de Janeiro.

Sebelumnya, Copa America 2021 sempat akan digelar di Kolombia dan Argentina, tapi batal karena penularan Covid-19 yang meningkat di 2 negara itu. CONMEBOL lalu menunjuk Brasil sebagai tuan rumah.

Lima kota di Brazil yang diklaim memiliki tingkat penularan Covid-19 paling rendah bakal menjadi lokasi pertandingan Copa America 2021.

Berikut daftar kota tuan rumah Copa America 2021 dan stadion tempat pertandingan di Brasil:

  • Rio de Janeiro: Stadion Maracana dan Stadion NiltonSantos
  • Brasilia: Stadion ManeGarrincha
  • Goiania: Stadion Olimpiade
  • Cuiaba: Pantanal Arena


Pembagian Grup di Copa America 2021 & Daftar Peserta

Berbeda dengan Copa America edisi sebelumnya, yang selalu memberi slot negara undangan, kali ini turnamen tersebut hanya diikuti oleh negara-negara anggota CONMEBOL atau Amerika Selatan.

Awalnya, CONMEBOL telah mengundang Qatar, dan Australia untuk berpartisipasi di Copa America 2021 dan keduanya pun bersedia menjadi peserta undangan. Namun, situasi pandemi Covid-19 yang memburuk di Amerika Selatan membuat Qatar dan Australia mundur sehingga tim peserta berkurang dari 12 menjadi 10 tim.

Jumlah peserta yang berkurang membuat format Copa America 2021 juga mengalami perubahan, yakni hanya terbagi dalam 2 grup, dengan masing-masing diisi 5 tim.

Kendati turnamen Copa America 2021 akan digelar dengan format berbeda dan tanpa penonton, CONMEBOL tetap yakin kompetisi itu akan memberi hiburan meriah.

"Copa América yang terbaik sepanjang masa menanti kita, yang akan kita jalani dengan aman dan istimewa, tetapi selalu membuat seluruh benua bergetar dengan para pemain terbaik di dunia dan menyatukan Amerika Selatan," demikian pernyataan resmi CONMEBOL.

Berikut ini adalah pembagian grup dan negara yang berpartisipasi dalam Copa Ameeica 2021 atau edisi ke-47:

Grup A: Argentina, Bolivia, Uruguay, Chili, Paraguay.

Grup B: Brasil, Kolombia, Venezuela, Ekuador, Peru.


Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2021 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Addi M Idhom
DarkLight