iPhone 14

iPhone 14 Resmi Dirilis Apple, Kapan iOS 16 Keluar?

Penulis: Yandri Daniel Damaledo, tirto.id - 8 Sep 2022 11:45 WIB
Dibaca Normal 1 menit
iPhone 14 baru saja dirilis oleh Apple pada 7 September 2022, lalu kapan iOS 16 resmi bisa dinikmati para penggunanya?
tirto.id - Apple baru saja meluncurkan produk terbarunya yaitu iPhone 14 series pada Rabu (7/9/2022) yang ditenagai oleh A16 Bionic, dan dilengkapi kamera 48MP, Always-On display, Crash Detection, Emergency SOS via satelit, dan cara baru untuk menerima notifikasi dan aktivitas dengan Dynamic Island.

Kamera Utama 48MP dilengkapi sensor quad-pixel, dan Photonic Engine, saluran gambar yang disempurnakan yang meningkatkan foto cahaya rendah.

Tersedia dalam ukuran 6,1 inci dan 6,7 inci, kedua model menyertakan layar Super Retina XDR baru dengan ProMotion yang menampilkan layar Selalu Aktif untuk pertama kalinya di iPhone, diaktifkan dengan kecepatan refresh 1Hz baru.

Jajaran Pro baru menampilkan Dynamic Island, desain baru untuk pengalaman iPhone.

"Dynamic Island memungkinkan cara baru untuk berinteraksi dengan iPhone, menampilkan desain yang memadukan garis antara perangkat keras dan perangkat lunak, beradaptasi secara waktu nyata untuk menampilkan peringatan, pemberitahuan, dan aktivitas penting," kata Apple.

Kapan iOS 16 Rilis?


iPhone terbaru ini juga memiliki sistem operasi versi terbaru yaitu iOS 16, yang telah dinanti-nantikan oleh para pengguna.

Mengutip The Verge, Apple mengumumkan bahwa mereka akan merilis sistem operasi terbarunya, iOS 16, pada 12 September mendatang.

Bersamaan dengan itu, Apple juga akan merilis Watch OS 9 untuk perangkat jam tangan pintar atau Apple Watch.

Lalu, perangkat mana saja yang bisa menikmati fitur-fitur pada iOS 16?

Apple menjelaskan bahwa, ponsel keluaran lima tahun terakhir atau siapa pun dengan iPhone 8 atau lebih baru akan dapat menjalankan iOS 16.

Namun, Apple mengingatkan bahwa, iPhone seri lawas mungkin tidak bisa menikmati semua fitur-fitur secara penuh.

Misalnya, bahwa fitur aksesibilitas Teks Langsung baru tersedia di iPhone 11 atau generasi lebih baru, sementara Deteksi Pintu dan Deteksi Orang memerlukan pemindai LiDAR tersedia di iPhone 12 Pro dan lebih baru.

Selain itu, dengan fitur seperti Emergency SOS via satelit dan Crash Detection, seluruh jajaran iPhone 14 memperkenalkan kemampuan keselamatan baru yang dapat memberikan bantuan darurat.

"Kemampuan keamanan yang luar biasa memberikan keamanan lebih kepada pengguna, menawarkan bantuan saat mereka paling membutuhkannya. Dan dengan chip A16 Bionic yang sangat kuat dan efisien serta masa pakai baterai sepanjang hari, ini adalah iPhone terbaik," kata Greg Joswiak, Wakil Presiden Senior Apple untuk Pemasaran Seluruh Dunia.

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan tersedia dalam warna ungu tua, perak, emas, dan hitam ruang dalam kapasitas penyimpanan 128GB, 256GB, 512GB, dan 1TB.

Pra-pemesanan dimulai 9 September, dengan ketersediaan mulai 16 September untuk pelanggan di Australia, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Arab Saudi, Singapura, Spanyol, Thailand, UEA, Inggris, Amerika Serikat, dan 30 negara dan wilayah lainnya, menurut Apple.


Baca juga artikel terkait IPHONE 14 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yantina Debora

DarkLight