Kualifikasi Euro 2020

Inggris vs Ceko: Rashford Cedera, Southgate Mungkin Pakai Sancho

Oleh: Permadi Suntama - 22 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Marcus Rashford, penyerang Manchester United cedera, sehingga tidak bisa memperkuat Inggris dalam 2 pertandingan kualifikasi Euro 2020 menghadapi Ceko dan Montenegro.
tirto.id - Marcus Rashford menjadi pemain ketujuh yang meninggalkan pemusatan latihan tim nasional (Timnas) Inggris di St George’s Park, karena cedera. Rashford dipastikan absen dalam 2 pertandingan kualifikasi Euro 2020 menghadapi Ceko dan Montenegro. Gareth Southgate, pelatih Inggris, berpeluang memakai Jadon Sancho atau Callum Hudson-Odoi,

Hal ini pun dikonfirmasi secara langsung oleh Southgate. Marcus Rashford pun telah dikembalikan ke klubnya, Manchester United untuk menjalani pemulihan.

"Marcus [Rashford] telah bersama kami selama minggu ini dan tiba [di pemusatan latihan timnas] dengan masalah pada kakinya. Sayangnya, [kondisi cedera] belum cukup baik. Jadi, kami telah memutuskan hal terbaik baginya: kembali ke klub," kata Gareth Southgate, dikutip laman resmi Federasi Sepak Bola Inggris (FA) pada Kamis (21/3/2019) waktu setempat.

Dengan dipulangkannya Rashford ke klub, The Three Lions kini tinggal memiliki 21 pemain melawan Republik Ceko dan Montenegro. Kendati tidak dapat memainkan skuat terbaiknya, Southgate tetap yakin timnya mampu mendapat hasil terbaik.

Southgate menyebut kehilangan sejumlah pemain karena cedera, tidak memengaruhi strateginya. Ia pun menyebut pemain-pemain lain yang kini berada di skuad dapat mengisi posisi yang ditinggalkan 7 pemainnya. Untuk lini depan, Southgate mengindikasikan akan memasang Jadon Sancho, sebagai pengganti Rashford.

"Tidak ada keraguan [untuk memberi kesempatan pemain lain], kami akan memainkan seseorang yang kami pikir cocok. Ini adalah peluang bagus untuk pemain lain [yang ada di skuat]. Kami memiliki banyak pemain kreatif. Ada kompetisi nyata untuk setiap posisi,” kata Gareth Souhgate, dikutip BBC.

"Jika pemain kehilangan [posisinya di satu] pertandingan, tidak ada jaminan mereka akan kembali [menjadi pemain inti]. Ini merupakan tantangan bagi tim," tambah pelatih yang juga membawa Inggris menjadi semifinalis Piala Dunia 2018.



Selain Sancho, Southgate juga masih memiliki nama Callum Hudson-Odoi untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Rashford. Kendati masih belum mencatatkan caps di level senior bersama timnas Inggris, lulusan akademi Chelsea itu dianggap layak untuk melakukan debut bersama The Three Lions di laga kualifikasi Euro 2020, melawan Republik Ceko dan Montenegro.

"Orang-orang bertanya apa kebijakan pemilihannya [Hudson-Odoi]. Pada akhirnya para pemain harus memiliki kualitas untuk berseragam timnas. Idealnya mereka akan memainkan beberapa pertandingan untuk klub. Tapi, kami melihat pemain [yang dapat beroperasi] di beberapa posisi berbeda," tandas Southgate.

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI EURO 2020 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Permadi Suntama