Kualifikasi Euro 2020

Alexander-Arnold Cedera, Wan-Bissaka Tak Diangkut ke Timnas Inggris

Oleh: Permadi Suntama - 21 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Meski Trent Alexander-Arnold cedera, pelatih Gareth Southgate enggan menarik Aaron Wan-Bissaka ke timnas senior Inggris.
tirto.id - Trent Alexander-Arnold dipastikan batal memperkuat tim nasional (Timnas) Inggris menghadapi Republik Ceko dan Montenegro di kualifikasi Euro 2020, yang berlangsung pada Sabtu (23/3/2019), dan Selasa (27/3/2019). Namun, pelatih Gareth Southgate enggan menarik Aaron Wan-Bissaka ke timnas senior.

Alexander-Arnold sang bek Liverpool menjadi pemain keenam yang "mundur" dari skuat The Three Lions karena masalah kebugaran. Sebelumnya, pasukan Gareth Southgate sudah kehilangan John Stones, Fabian Delph, Ruben Loftus-Cheek, Luke Shaw, dan Jordan Henderson. Lima pemain itu dikembalikan ke klub karena tidak dalam kondisi prima. Cedera Alexander-Arnold sendiri dikonfirmasi langsung melalui situs resmi Federasi Sepak Bola Inggris (FA).

“Trent Alexander-Arnold telah meninggalkan [pemusatan latihan] dari timnas Inggris dan kembali ke Liverpool. [Sang] Bek kanan tiba [di St George’s Park] dengan menderita cedera punggung dan, meskipun dalam beberapa hari terakhir mengalami kemajuan, [Alexander-Arnold dipastikan] tidak mungkin untuk dapat bermain dalam kualifikasi UEFA Euro 2020 mendatang," keterangan FA pada Rabu (20/3/2019).

Alexander-Arnold yang berusia 20 tahun akan melanjutkan rehabilitasi di klubnya. Ia sudah meninggalkan Gareth Southgate yang kini tinggal memiliki 22 pemain dalam skuatnya.

Cedera Alexander-Arnold, didapat pada pertandingan pekan ke-30 antara Liverpool vs Burnley, yang berkesudahan 4-2 untuk kemenangan The Reds. Sebelumnya, sang pemain telah melaporkan ke tim medis Inggris mengenai kondisi kebugarannya, dan berharap segera pulih agar dapat memerkuat The Three Lions di kualifikasi Euro 2020.



Dengan absennya Alexander-Arnold, Inggris tinggal memiliki Kieran Trippier dan Kyle Walker, sebagai opsi di posisi bek kanan. Sebenarnya Southgate bisa saja memanggil Aaron Wan-Bissaka, tetapi sang juru taktik tidak melakukannya.

“Southgate menolak opsi untuk memanggil Aaron Wan-Bissaka yang kini berada di timnas U21 Inggrris. Bek Crystal Palace [sebenarnya] tampil bagus musim ini, tetapi Southgate lebih suka dia [Wan-Bissaka] memainkan peran kunci bagi tim Aidy Boothroyd [Inggris U21], yang sedang mempersiapkan Euro U21, musim panas di San Marino dan Italia,” tulis Guardian.

Selain kehilangan 6 pemain sejauh ini, Southgate juga belum dapat memastikan 22 pemain yang tersisa di skuadnya dapat tampil. Pasalnya, striker Manchester United, Marcus Rashford, juga mengalami masalah di pergelangan kakinya, sehingga memersempit pilihan Southgate.

Dengan kondisi tim yang dimiliki, Southgate kemungkinan akan memasang Jadon Sancho dan Raheem Sterling, untuk menemani Harry Kane, di lini depan. Sementara di barisan belakang, Michael Keane mungkin akan dipasangkan dengan Harry Maguire di posisi bek tengah. Keane bermain bagus bersama Everton di beberapa pekan terakhir.

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI EURO 2020 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Permadi Suntama