Info Lokasi Vaksin Booster Bogor Hari Ini, 24-28 Agustus 2022

Kontributor: Nurul Azizah, tirto.id - 24 Agu 2022 09:10 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Info lokasi vaksin booster Bogor hari ini dapat dilaksanakan di Puskesmas Mekar Wangi hingga Botani Town Square.
tirto.id - Info lokasi vaksin booster Bogor hari ini dapat dilaksanakan di Puskesmas Mekar Wangi hingga Botani Town Square.

Pelaksanaan vaksinasi merupakan wujud komitmen pemerintah dengan lembaga terkait untuk menanggulangi angka persebaran Covid-19. Pemerintah pusat dengan tangan panjang pemerintah daerah siap sedia mengadakan berbagai sentra vaksinasi Covid-19 di daerahnya masing-masing.

Termasuk sentra vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Bogor. Pemkot Bogor melaksanakan vaksinasi Covid-19 di beberapa lokasi yang berlangsung pada tanggal 24—28 Agustus 2022. Informasi ini disampaikan melalui akun resmi Puskesmas yang berada di wilayah Bogor.



Info Lokasi Vaksin Booster Bogor

1. Puskesmas Mekar Wangi

Vaksinasi Covid-19 Puskesmas Mekar Wangi menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 pada Rabu—Sabtu, 24—27 Agustus 2022. Layanan vaksinasi dibuka pada pukul 08.00—11.30 WIB dan berlokasi di Tenda BNPB (samping Puskesmas Mekarwangi).

Mengutip dari Instagram Puskesmas Mekar Wangi, jenis vaksin yang disediakan adalah vaksin Pfizer dengan dosis 1, 2, 3 (booster). Adapun syarat dan ketentuan yang berlaku meliputi:

-Dosis 1, 2 untuk usia 12 tahun ke atas dan booster untuk usia 18 tahun ke atas;
-Wajib membawa fotokopi KTP/ KK dan bolpoin;
-Untuk vaksinas booster wajib sudah menerima vaksin dosis 1, 2 Sinovac/ Astrazeneca/ Pfizer;
-Vaksinasi booster jarak minimal 3 bulan dari dosis ke-2 vaksinasi Covid-19 dan membawa bukt/ kartu vaksin.

Informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan vaksin oleh Puskesmas Mekar Wangi dapat Anda hubungi melalui 0812-8243-8562.

2. Botani Square Mall

Botani Square Mall menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 pada 22—28 Agustus 2022 di Lantai Ground New Area (depan Farmers Market). Vaksinasi ini digelar pada pukul 08.00—selesai.

Mengutip informasi dari Instagram Botani Square Mall, pendaftaran vaksin ini dapat dilakukan secara online dan on the spot. Pendaftaran online dapat diakses melalui: bit.ly/DaftarVaksin_DinkesKotaBogor. Saat mendatangi lokasi vaksin, Anda diharuskan membawa:

-FC KTP/ Kartu Keluarga;
-Lembar kartu kendali yang dapat download di website Dinkes Kota Bogor;
-Untuk peserta dosis kedua dan ketiga, kartu vaksin. Sertifikat vaksin/ tiket PeduliLindungi.

Jenis vaksin yang disediakan oleh Botani Square Mall, antara lain:
-Pfizer: dosis 1 dan 2 usia 12—18 tahun & dosis 1, 2, 3 usia > 19 tahun;
-Astrazeneca: dosis 1 dan 3 usia > 18 tahun;
-Sinovac: dosis 1 dan 2 usia 6-11 tahun & dosis 3 usia > 18 tahun.

NB: Pemberian vaksin sesuai ketersediaan vaksin.



Efek Samping Vaksin Booster Covid-19



Vaksin booster merupakan vaksin dosis ketiga yang diberikan bagi warga berusia 18 tahun ke atas untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19. Penyuntikan vaksin booster mungkin dapat menimbulkan efek samping. Setiap orang bisa berbeda dalam merasakan efek samping usai mendapat dosis vaksin booster.

Efek samping vaksin Covid-19 termasuk tanda normal bahwa tubuh sedang merespons vaksin dan membangun perlindungan. Efek samping ini bisa memengaruhi atau mengganggu aktivitas sehari-hati, tetapi efek samping akan hilang dalam beberapa hari.

Pada beberapa orang, efek samping mungkin tidak terjadi dan reaksi alergi juga jarang terjadi. Efek samping serius yang dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang sangat tidak mungkin terjadi setelah vaksinasi apa pun termasuk vaksinas Covid-19. Berdasarkan informasi dari laman CDC, dalam pemantauan mereka, efek samping umumnya terjadi dalam waktu enam minggu setelah menerima dosis vaksin.

Baca juga artikel terkait INFO LOKASI VAKSIN BOOSTER atau tulisan menarik lainnya Nurul Azizah
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight