Coppa Italia

Hasil Fiorentina vs Atalanta: Drama Enam Gol di Artemio Franchi

Oleh: Gilang Ramadhan - 28 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pertandingan leg pertama semifinal Coppa Italia 2018/2019 antara Fiorentina vs Atalanta yang digelar pada Kamis (28/2/2019) berakhir dengan skor 3-3.
tirto.id - Hasil Fiorentina vs Atalanta dalam laga leg pertama babak semifinal Coppa Italia 2018/2019 berakhir dengan skor 3-3. Bertanding di Stadion Artemio Franchi pada Kamis (28/2/2019) dini hari waktu Indonesia, drama gelontoran enam gol kedua tim dicetak oleh enam pemain yang berbeda.

Stefano Pioli selaku pelatih Fiorentina melakukan tiga pergantian pada skuatnya sejak terakhir imbang lawan Inter Milan. Luis Muriel, Nikola Milenkovic dan Bryan Dabo kembali menjadi starter menggantikan Giovanni Simeone, Vincent Laurini dan Edimilson Fernandes.

Sementara di kubu lawan, pelatih Gian Piero Gasperini melakukan empat perubahan sejak pertandingan terakhir mereka. Rafael Toloi, Jose Luis Palomino, Marten de Roon dan Alejandro Gomez bermain sejak menit awal menggantikan Berat Djimsiti, Andrea Masiello, Remo Freuler dan Robin Gosens.

Babak pertama dimulai, tim tamu terlebih dahulu unggul berkat gol yang diciptakan oleh Alejandro Gomez pada menit 16. Memanfaatkan umpan terobosan Josip Ilicic di dalam kotak penalti, sepakan pelan Gomez sukses menaklukkan Alban Lafont.

Hanya berselang dua menit, Atalanta sukses menambah keunggulannya. Josip Ilicic kembali menjadi arsitek terciptanya gol yang disarangkan Mario Pasalic. Umpan lambungnya ke muka gawang berhasil disambar Pasalic melewati dua kaki Alban Lafont.



La Viola berhasil memperkecil keteringgalannya pada menit 32. Federico Chiesa berhasil mencuri bola dari Jose Luis Palomino di tengah lapangan. Dengan kecepatannya, Chiesa sukses membawa bola hingga berhadapan langsung dengan kiper, Etrit Berisha. Sepakan mendatarnya sukse menaklukkan sang kiper.

Tuan rumah bahkan sukses menyamakan kedudukan tiga menit usai gol Chiesa. Kali ini Marco Benassi sukses melepaskan sepakan akrobatik dari dalam kotak penalti memanfaatkan umpan dari Luis Muriel. Bola tendangannya melaju mulus ke pojok kiri bawah gawang. Skor 2-2 bertahan hingga paruh pertama usai.

Memasuki babak kedua, Atalanta kembali unggul ketika laga menunjukkan menit ke-58. Bermula dari tendangan sepak pojok yang berhasil dihalau oleh Alban Lafont, bola justru jatuh di hadapan Marten de Roon yang tanpa pengawalan di depan kotak penalti. Sepakan voli keras de Roon tak mampu dibendung Lafont. Skor berubah 3-2 untuk keunggulan tim tamu.

Fiorentina baru dapat menyamakan kedudukan ketika laga memasuki menit 79. Akselerasi Federico Chiesa di sisi kiri pertahanan Atalanta diakhiri dengan umpan tarik mendatar ke muka gawang. Luis Muriel yang berlari dari lini kedua sukses menyambar bola masuk ke gawang. Skor kembali imbang.

Memasuki menit tambahan waktu yang diberikan wasit, Atalanta hampir menyegel kemenangan. Tandukan Hans Hateboer menyambut umpan lambung dari Arkadiusz Reca pada menit 90+3 hanya membentur mistar gawang.

Skor 3-3 bertahan hingga laga usai. Atalanta mampu tampil dominan dengan penguasaan bola mencapai angka 59% serta mencatat 10 peluang yang 4 di antaranya menemui gawang. Tuan rumah juga mencatatkan jumlah peluang yang sama, namun hanya 3 di antaranya menemui gawang Etrit Berisha.

Susunan Pemain

Fiorentina (4-3-3): Alban Lafont; Federico Ceccherini (Vincent Laurini 80'), Nikola Milenkovic, Vitor Hugo, Cristiano Biraghi; Marco Benassi, Bryan Dabo (Giovanni Simeone 76'), Jordan Veretout; Federico Chiesa, Gerson (Edimilson Fernandes 52'), Luis Muriel. | Pelatih: Stefano Pioli

Atalanta (3-4-1-2): Etrit Berisha; Rafael Toloi, Jose Luis Palomino, Gianluca Mancini; Hans Hateboer, Marten de Roon, Mario Pasalic, Timothy Castagne; Alejandro Gomez (Musa Barrow 87'); Josip Ilicic, Duvan Zapata (Arkadiusz Reca 85'). | Pelatih: Gian Piero Gasperini

Baca juga artikel terkait COPPA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus