Harry Kane: Bukan Shearer, Owen, atau Rooney

Oleh: An Ismanto - 19 Juni 2018
Sang kapten Inggris menambahkan catatan impresif ke dalam portofolionya.
tirto.id - Laga Inggris versus Tunisia yang berakhir 2-1 untuk kemenangan Inggris (19/6/2018) melahirkan catatan positif untuk Harry Kane, yang dipercaya menjadi kapten di Piala Dunia Rusia 2018.

Harry Kane adalah pemain pertama Inggris yang mencetak dwigol untuk Inggris di Piala Dunia sejak Gary Lineker melakukannya pada 1 Juli 1990.

Kane juga merupakan pemain kedua yang mencetak gol dengan menaklukkan dua kiper yang berbeda dalam satu pertandingan Piala Dunia. Pemain pertama yang melakukannya adalah Forlan dari Uruguay saat melawan Afrika Selatan pada 2010.

Striker andalan Tottenham Hotspurs ini berhasil mencetak gol pertamanya di turnamen Piala Dunia memanfaatkan bola muntah di sudut kiri gawang Tunisia. Ia melakukannya setelah melakukan 15 tembakan secara keseluruhan bersama Inggris di turnamen besar (13 di EURO, 2 di Piala Dunia).

Gol kedua Harry Kane dicetak pada masa tambahan waktu, tepatnya pada 90+1. Sepak pojok Trippier dibelokkan oleh sundulan John Stones dan mengarah ke sudut kanan gawang Tunisia yang dijaga kiper pengganti Ben Mustapha. Harry Kane telah siap berdiri di sana.

Posisinya tidak memungkinkan Kane untuk menendang, tetapi ia masih sempat memanjangkan lehernya dan menyalurkan tenaga dari otot-ototnya ke kepala untuk mengarahkan bola ke gawang Mustapha. Jala bergetar dan pelatih Southgate bersorak penuh emosi di tepi lapangan.

Seusai lagi, Kane berkomentar, "Sangat massif. Saya bangga dengan teman-teman. Saya rasa kami bermain baik, terutama di babak pertama. Saya belum melihat penalti itu, tapi saya rasa bukan penalti... Mereka (para pemain Tunisia) selalu menahan dan menghalangi kami berlari saat sepak pojok. Akhirnya ada keadilan. Piala Dunia memang keras."

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya An Ismanto
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: An Ismanto
Editor: An Ismanto