Hari Guru Nasional 2020: Daftar Kado yang Bisa Diberikan untuk Guru

Oleh: Dhita Koesno - 24 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Hari Guru Nasional 2020: apa saja kado yang bisa diberikan kepada Guru sebagai bentuk ucapan terima kasih?
tirto.id - Hari Guru Nasional 2020 yang diperingati pada 25 November menjadi berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena tahun ini masih terjadi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Masyarakat pun diimbau untuk memperingati Hari Guru 2020 sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Jasa yang diberikan guru tentu sangat besar pada anak didiknya, salah satunya adalah membimbing secara akademis dan membentuk karakter.

Dikutip situs Hindustan Times, guru adalah fondasi di mana pendidikan berkualitas dibangun, dan mereka mungkin salah satu dari sedikit orang dalam hidup kita yang bersukacita ketika siswanya berhasil mengalahkan mereka.

Karenanya untuk tetap bisa mengapresiasi jasa para guru, tidak ada salahnya sesekali memberikan kado pada mereka sebagai bentuk rasa terima kasih.

Kado yang Bisa Diberikan untuk Guru


Berikut ini beberapa ide kado yang bisa diberikan untuk merayakan Hari Guru Nasional 2020:

1. Kolase Foto atau Video

Mengumpulkan foto-foto seluruh murid sekelas untuk dijadikan kolase pada bingkai yang sudah dihias merupakan salah satu ide kado terbaik, kemudian jangan lupa untuk menempelkan foto terbaik guru di bagian tengah dan beri ucapan singkat yang bermakna.

Selain itu, kolase foto bisa dibuat dalam bentuk video, yang berisi kumpulan foto atau potongan video kebersamaan di kelas, dan juga ucapan terima kasih dari satu-persatu murid di kelas.

2. Karikatur

Jika Anda atau teman memiliki hobi menggambar, maka bisa dimanfaatkan untuk membuat karikatur guru sebagai hadiah. Guru tentu akan lebih senang jika hadiah karikatur yang diberikan adalah hasil karya muridnya sendiri.

3. Tanaman Hias

Ide kado lainnya adalah membelikan tanaman hias dalam pot sebagai kado Hari Guru. Selain keindahannya, hadiah ini juga memiliki filosofi yang sangat menarik.

Sebab, guru termasuk orang yang membantu Anda untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat, seperti tanaman yang juga tumbuh dan buah atau bunganya bisa dimanfaatkan.

4. Buku Jurnal

Padatnya aktivitas sebagai seorang guru akan membuat mereka membutuhkan sebuah buku jurnal untuk mencatat. Maka membeli sebuah buku dengan tambahan cover yang didesain sendiri merupakan ide menarik.

Pada cover ini, bisa juga membuat kreasi ilustrasi atau kalimat motivasi. Kado ini pasti akan menjadi hadiah yang berguna.

5. Prestasi

Ketika berhasil mencapai suatu prestasi dan kesuksesan, pastinya ini akan menjadi hadiah yang sangat membahagiakan dan juga membanggakan bagi guru.

Apalagi jika nantinya pencapaian tersebut bisa bermanfaat bagi orang-orang di sekitar Anda. Pastinya ini akan menjadi hadiah yang tak ternilai harganya.

6. Doa dan Silaturahmi

Terakhir, mungkin terdengar klise, namun doa adalah hadiah terbaik. Jangan sekali-kali melupakan peran guru, doakan mereka selalu. Hadiah sederhana ini menjadi sesuatu yang berjangka panjang.

Dengan memberi, Anda tentu akan mendapatkan kebaikan, terutama mengingat guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Jika sudah lulus dari sekolah, jangan lupa sesekali berkunjung ke sekolahmu yang lama.

Anda bisa berbincang dengan banyak guru, sharing pengalaman, juga menjaga ikatan antara guru dan siswa. Mereka tentu akan senang dan dengan tangan terbuka menerima kedatangan muridnya.


Baca juga artikel terkait HARI GURU NASIONAL 2020 atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dhita Koesno

DarkLight