Harga Xiaomi Redmi Go Murah, Upgrade Bagi Pengguna Redmi 6A?

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 30 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Harga Redmi Go dan Redmi 6A sepadan dengan spesifikasi yang diusung. Namun Redmi Go bukan upgrade sekaligus penerus Redmi 6A.
tirto.id - Xiaomi baru saja memperkenalkan smartphone murah Redmi Go bagi konsumen bujet terbatas. Dibanderol 80 euro atau sekitar Rp1,2 juta (kurs Rp16.122), harga ini tak jauh berbeda dengan Redmi 6A. Apakah perangkat ini upgrade tepat bagi pengguna Redmi 6A?

Sebelum mengarah ke sana, perlu diketahui bahwa Redmi Go merupakan smartphone Android Go atau mengusung sistem operasi (OS) Android 8.1 Go Edition. Ini merupakan OS Android versi ringan yang dikembangkan dan didesain untuk perangkat dengan spesifikasi rendah khususnya RAM terbatas.

Google juga menghadirkan aplikasi versi "Go" seperti Google Go dan YouTube Go untuk mendukung platform Android Go, yang tersedia gratis di toko aplikasi Google Play Store.

Selain itu, Redmi Go ditujukan bagi konsumen dengan koneksi internet kurang memadai. Lantas, apa saja keunggulan atau kelebihan Redmi Go? Berikut ini di antaranya.


OS Android Go Edition

OS ini sangat "ringan" yang dikembangkan Google khusus untuk perangkat Android Go yang minimalis. Selain itu, Android Go juga didukung sejumlah aplikasi "Go" untuk menunjang kebutuhan pengguna dengan kapasitas lebih ringan.

Performa Memadai

Redmi Go ditunjang chipset Snapdragon 425 berkonsep quad-core dengan kecepatan 1,4GHz. Dapur pacu ini dipadukan memori RAM sebesar 1GB. Kemampuan ponsel ini untuk bermain game cukup baik berkat dukungan GPU Adreno 308.

Spesifikasi dapur pacu Redmi Go ini memang tidak terlalu mentereng. Namun, performanya relatif memadai mengingat menggunakan sistem operasi Android Go yang hemat konsumsi sumber daya prosesor dan RAM.

Harga Terjangkau

Melansir The Verge, Rabu (30/1/2019), Redmi Go mulai dipasarkan ke Eropa pada Februari mendatang, harga sekitar Rp 1,2 juta. Harga ponsel ini sepadan dengan kualitasnya.

Bukan Upgrade dari Redmi 6A

Redmi Go ini bukanlah upgrade sekaligus penerus dari Redmi 6A yang sama-sama membidik segmen entry-level. Jika dilihat dari spesifikasi perangkat keras, maka Redmi 6A unggul dibandingkan Redmi Go. Redmi 6A sudah hadir dengan desain kekinian yang menggunakan aspek rasio 18:9.

Performa Redmi 6A juga lebih unggul dari Redmi Go berkat dukungan chipset MediaTek Helio A22 berkonsep quad-core berkecepatan 2GHz. Sisi kamera, Redmi 6A juga masih lebih baik dengan resolusi kamera belakang tinggi mencapai 13MP.

Xiaomi Redmi 6A pertama kali diperkenalkan pada Juni 2018 dan saat ini sudah tersedia di Tanah Air, harga Rp1.299.000 berdasarkan pantauan dari Mi Store Indonesia.

Kendati harga yang ditawarkan kurang lebih sama, Xiaomi merilis Redmi Go dan Redmi 6A dengan tujuan berbeda. Setali tiga uang, pengguna pun akan merasakan pengalaman berbeda pula di dua perangkat itu.


Baca juga artikel terkait XIAOMI REDMI GO atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi