George H.W. Bush Dirawat Usai Pemakaman Istrinya Akibat Infeksi

Oleh: Yuliana Ratnasari - 24 April 2018
George H.W. Bush dirawat di Rumah Sakit Houston Methodist pada Minggu pagi karena terkena infeksi yang menyebar ke darahnya.
tirto.id - Sehari setelah menghadiri pemakaman istrinya, Presiden Amerika ke-41 George H.W. Bush yang kini berusia 93 tahun dirawat di rumah sakit karena terkena infeksi yang menyebar ke darahnya. Bush dirawat di Rumah Sakit Houston Methodist pada Minggu (22/4/2018) pagi.

"Dia merespons perawatan dan tampaknya sedang memulihkan diri. Kami akan mengeluarkan pembaruan tambahan sesuai surat perintah," kata pernyataan juru bicara keluarga, Jim McGrath, seperti dilansir CBS News.

Istrinya, mantan ibu negara Barbara Bush, dimakamkan Sabtu, 22 April 2018. Barbara meninggal pada 17 April di rumahnya di Houston, usianya 92 tahun. Pasangan itu menikah selama 73 tahun.

Dia telah menghentikan perawatan medis beberapa hari sebelumnya untuk fokus pada "perawatan yang nyaman," kata juru bicara keluarga sebagaimana dikutip Dallas News.

Mantan presiden Bill Clinton, Barack Obama, George W. Bush dan pasangan mereka menghadiri upacara pemakaman bersama dengan ibu negara saat ini, Melania Trump.

Bush senior menggunakan kursi roda dan skuter listrik untuk mobilitas setelah menderita penyakit Parkinson. Dia juga membutuhkan perawatan rumah sakit beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir untuk masalah pernapasan.

Bush menghabiskan dua minggu di rumah sakit untuk pengobatan pneumonia dan bronkitis kronis. Kondisi ini, menurut dokternya, biasanya ditemukan pada orang tua, namun dapat memperburuk gejala pneumonia.

Pada 2015, Bush juga sempat dirawat di rumah sakit di Maine setelah jatuh di rumah dan mengalami patah tulang di lehernya Sebelumnya, ia juga dirawat selama sekitar satu minggu karena sesak napas pada Desember 2014. Liburan Natal pada tahun 2012 dihabiskan untuk perawatan intensif karena batuk yang berhubungan dengan bronkitis dan masalah lainnya.

Bush lahir pada 12 Juni 1924, di Milton, Massachusetts. Dia sempat menjabat sebagai komandan dari 1989 hingga 1993, sebagai anggota kongres, direktur CIA, dan wakil presiden Ronald Reagan.





Baca juga artikel terkait AMERIKA SERIKAT atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight