Menuju konten utama

Gangguan Internet Indihome, Telkom Beri Kompensasi kepada Pelanggan

Ganti rugi berupa pengunduran masa pembayaran sampai 25 September dan pemutihan denda keterlambatan pembayaran layanan internet.

Gangguan Internet Indihome, Telkom Beri Kompensasi kepada Pelanggan
ilustrasi produk indihome

tirto.id - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengklaim akan memberikan kompensasi kepada pelanggan Indihome imbas gangguan layanan internet sejak Minggu (19/9/2021). Gangguan itu akibat kerusakan kabel bawah laut Jawa, Sumatera, Kalimantan (Jasuka).

"Bagi pelanggan IndiHome yang terdampak, tentu kami akan memberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan pada kontrak berlangganan masing-masing pelanggan,” kata Vice President Marketing Management Telkom Edie Kurniawan dalam keterangan tertulis, Kamis (24/9/2021).

Edie mengatakan ganti rugi berupa pengunduran masa pembayaran dari tiap pelanggan sampai 25 September 2021 dan pemutihan denda keterlambatan pembayaran layanan internet.

Menurut Edie, gangguan kabel laut mengakibatkan penurunan kualitas internet bagi pelanggan Indihome dan Telkomsel sejak 20 September lalu.

"Kami telah mengalihkan routing layanan ke network lainnya dan saat ini fokus untuk mempercepat perbaikan kabel laut Jasuka serta memberikan win win solution bagi pelanggan,” kata dia.

Dalam keterangan terpisah, Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono menyebut perbaikan kabel bawah laut Jasuka membutuhkan waktu sekitar satu bulan.

Gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 Km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

Perbaikan untuk menyambungkan kembali kabel ini mencakup mempersiapkan cableship yang akan dioperasikan menuju titik gangguan untuk melakukan penyambungan, penyiapan peralatan dan kelengkapan yang diperlukan.

Baca juga artikel terkait INDIHOME GANGGUAN atau tulisan lainnya dari Selfie Miftahul Jannah

tirto.id - Bisnis
Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Gilang Ramadhan