Forest MT Seekrtech yang Viral & Mengapa Orang Suka Tes Kepribadian

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 14 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tes kepribadian Forest viral di media sosial. Mengapa orang menyukainya?
tirto.id - Tes kepribadian Forest mt dari Seekrtech jadi viral di media sosial, terutama Instagram dan Twitter. Forest memprediksi kepribadian seseorang berdasarkan jenis-jenis bunga dan tanaman. Berdasarkan pengamatan Tirto, situs web ini memiliki tampilan yang cukup menarik dan menggunakan background music saat dibuka.

Ada beberapa hasil tes kepribadian yang ditampilkan Forest mt, misalnya Bamboo. Dalam pengertiannya, Bamboo berarti "Steadfast and righteous with unwavering commitment". Dalam penjelasannya, Bamboo digambarkan sebagai orang yang down to earth dan sangat detail.

Selain itu, ia juga orang yang cepat mengambil keputusan, efisien dalam bekerja dan sangat terencana. Orang-orang dengan kepribadian Bamboo fokus dan bertanggung jawab pada tindakan yang ia lakukan.

Dalam hasil tersebut juga diprediksi "Perfect Study Buddy" untuk Bamboo, yaitu Apple Tree dan "Focus Spot" untuk Bamboo adalah "A stricly supervised study room".

Hasil ini tentu berbeda-beda untuk setiap orang, tergantung pada jawaban yang disubmit dalam setiap pertanyaan dari Forest. Tes kepribadian ini dengan cepat viral di media sosial Twitter dan Instagram. Lalu, mengapa orang menyukai tes kepribadian?

Forest menjadi salah satu tes kepribadian yang bukan berasal dari lembaga tertentu dan bukan untuk masuk perusahaan atau universitas. Forest adalah salah satu tes kepribadian gratis yang beredar di internet.

Menyenangkan memang menjawab berbagai pertanyaan secara jujur yang hasil akhirnya akan menunjukkan orang seperti apa kita.

Akan tetapi sebetulnya apa alasan di balik banyaknya orang yang menyukai tes kepribadian? Dilansir dari Psychology Today, setidaknya ada tiga alasan mengapa orang menyukai tes kepribadian.

Alasan yang pertama karena ingin mengetahui banyak hal tentang diri sendiri. Seorang psikolog bernama Simine Vazire mengatakan tes kepribadian disukai karena mengungkapkan informasi yang sebelumnya tidak diketahui tentang diri sendiri.

Hal ini tentu bisa menjadi sisi positif dari tes kepribadian, yang mana berarti menunjukkan sebuah tindakan ingin mengenal diri lebih baik.

Dalam tes kepribadian biasanya juga menunjukkan skor-skor tertentu untuk tingkat intelektualitas maupun kreativitas diri.

Tentu hal ini menjadi hal yang menarik untuk diketahui. Namun, psikolog lebih menyarankan bertanya kepada keluarga atau sahabat untuk mengetahui diri sendiri ketimbang mengikuti tes MBTI atau Ennegram.

Alasan kedua, karena manusia ingin menjadi bagian dari kelompok tertentu. Manusia cenderung memiliki keinginan untuk dipahami dan hal itu adalah normal. Beberapa orang yang melakukan tes kepribadian merasa dia berbeda dengan orang lainnya.

Tes kepribadian memungkinkan para penggunanya untuk mengetahui, "Ada orang lain di luar sana yang seperti saya".

Alasan ketiga, karena manusia ingin memahami orang lain. Dengan mengetahui hasil tes kepribadian seseorang makan akan memudahkan untuk memahami sikap orang tersebut.

Tentu hal ini akan membantu bagaimana memperlakukan orang tersebut dan menciptakan sebuah interaksi sosial yang lancar.


Baca juga artikel terkait FOREST atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight