Fitur-Fitur Baru Adobe Photoshop untuk Desktop dan iPad

Oleh: Adrian Samudro - 6 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Fitur-fitur baru Adobe Photoshop untuk para pengguna Desktop dan iPad yang dirilis Februari lalu.
tirto.id - Bertepatan dengan usianya yang menginjak ke-30 tahun, Adobe Photoshop menghadirkan sejumlah peningkatan fitur pada versi terbaru yang dirilis pada Februari lalu.

Selama 30 tahun ini, Photoshop terus mengembangkan dan menciptakan inovasi baru untuk pengolahan gambar yang lebih baik. Fitur-fitur terbaru ini dapat dinikmati baik oleh pengguna versi desktop ataupun iPad.

Adapun fitur yang ditingkatkan untuk versi desktop di antaranya yakni peningkatan Content-Aware Fill, performa Lens Blur, akses yang lebih responsif, serta mode gelap untuk perangkat Mac.

Sementara pada iPad terdapat beberapa fitur yang dapat lebih memudahkan penggunanya yaitu pengaturan tipografi yang lebih beragam dan tools Object Select yang lebih simple.

Berikut ulasan lengkap mengenai sejumlah fitur yang ditingkatkan pada Photoshop versi desktop dan iPad sebagaimana dikutip dari laman resmi Adobe.

Content-Aware Fill

Peningkatan Content-Aware Fill memungkinkan pengguna untuk dapat membuat banyak pilihan dan menerapkan beberapa olahan gambar tanpa meninggalkan workspace (ruang kerja).

Tombol "Apply" yang kini dihadirkan dapat memudahkan pengguna untuk melakukan perubahan dan meninjau olahan atau editing proyeknya sebelum benar-benar selesai atau dianggap sudah layak.

Selain itu, pengguna juga dapat sampel piksel sumber dari semua layer yang terlihat dalam dokumen dengan memilih opsi Sample All Layer. Sampling Area Options terdapat di bagian kanan panel Content-Aware Fill.

Peningkatan Lens Blur

Lens Blur kini bekerja pada GPU komputer yang memungkinkan secara signifikan meningkatkan hasil ketajaman dan tepian saat menggunakan Lens Blur untuk mengaburkan latar depan, belakang atau bahkan bagian tengah gambar.

Fitur ini juga sekarang menghadirkan bokeh yang lebih baik melalui highlight specular, yang dapat menghasilkan gambar menjadi lebih realistis dan enak dilihat.

Mode Gelap di Mac

Mode gelap (dark mode) tengah menjadi salah satu fitur unggulan di beberapa aplikasi dan sistem operasi. Fitur ini diklaim dapat memberikan tampilan yang lebih adem di mata.

Photoshop pun menghadirkan fitur tersebut untuk perangkat Mac. Untuk menggunakannya, cukup dengan mengaktifkan mode gelap yang ada di pengaturan perangkat Mac.

Pengaturan Tipografi yang Beragam

Dengan pembaruan ini, pengguna Photoshop versi iPad juga dapat menikmati beberapa pengalaman baru yang ditawarkan, misalnya pengaturan tipografi yang lebih beragam.

Pengguna dapat berkreasi dengan lebih banyak pengaturan dan menambahkan sejumlah gaya penulisan untuk membuatnya lebih menarik. Berikut tata cara penggunaannya.

  • Pilih teks yang ingin dimodifikasi di layer Type.
  • Pilih Teks di panel Layer Properties yang terbuka secara default dalam mode Type.
  • Di bawah Teks, selain ukuran Font, dapat menyesuaikan Tracking, Leading, Baseline shift, Vertical scale, dan Horizontal scale atau dapat juga bekerja dengan berbagai opsi pengolahan karakter teks seperti All caps, Small caps, Superscript, Subscript, Underline, dan Strikethrough.
  • Ketuk ikon undo untuk mengembalikan tindakan terakhir yang dilakukan. Ketuk redo () untuk mengembalikan tindakan yang dibatalkan.
  • Ketuk Selesai untuk menerapkan pengaturan Jenisyang dimodifikasi. Ketuk Batal untuk keluar dari mode Jenis.

Object Select

Pembaruan ini juga membuat pemilihan objek pada gambar lebih mudah dan simple berkat adanya fitur Object Select yang didukung oleh Adobe Sensei.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat pilihan objek tunggal dalam komposit yang kompleks saat bekerja dengan Photoshop di perangkat iPad. Berikut tata cara penggunaannya.

  • Ketuk dua kali atau tekan lama Lasso (default) atau alat seleksi lain yang aktif dari pillih Tools untuk memunculkan lebih banyak alat seleksi.
  • Ketuk untuk memilih Objek Select.
  • Ketuk dan gambar batas pilihan di sekitar objek yang ingin dipilih pada komposit. Photoshop secara otomatis memilih objek di dalam wilayah yang ditentukan.


Baca juga artikel terkait ADOBE PHOTOSHOP atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight