Fitur Baru WhatsApp Bisa untuk Transfer Dana

Oleh: Ibnu Azis - 12 Februari 2018
Fitur WhatsApp Payment muncul di aplikasi WhatsApp beta di versi 2.18.41.
tirto.id - Fitur baru WhatsApp memungkinkan pengguna untuk saling mengirim uang. WhatsApp menghadirkan fitur WhatsApp Payment yang diketahui sedang diuji coba ke ratusan pengguna di India sejak Kamis (9/2) pekan lalu.

Fitur pembayaran ini disebut hanya muncul di aplikasi WhatsApp beta di versi 2.18.41. Layanan pembayaran itu berbasis pada Unified Payment Interface (UPI) sebuah solusi real-time untuk transaksi yang dirancang oleh National Payment Corporation of India.

Perusahaan milik Facebook ini telah menguji pembayaran peer-to-peer berbasis UPI di India sejak Agustus 2017 lalu. Dengan demikian, WhatsApp Payment tampaknya eksklusif bagi user di India dan dirancang khusus untuk melayani transaksi pengguna di Asia Selatan. Demikian dikutip Android Headlines, Senin (12/2/2018).

Sebelum menggunakan fitur WhatsApp Payment, pengguna harus menyetujui semua syarat dan kebijakan privasi. Segala transaksi harus dikonfirmasi dengan PIN yang dibuat saat akan trasfer dana, kecuali pengguna sudah memiliki akun UPI.

Pengaturan itu tidak dapat ditemukan di dalam aplikasi WhatsApp melainkan memerlukan prosedur pendaftaran terpisah melalui situs web atau aplikasi mobile UPI.

WhatsApp Payment dilaporkan bisa digunakan di lintas platform (Android ke iOS dan sebaliknya) asalkan kedua pengguna menjalankan aplikasi di versi beta yang sama. Sementara opsi untuk kirim dana bisa diakses melalui antarmuka di layar obrolan yang terletak di bawah tab "Attachments" (lampiran).

Sebelumnya, aplikasi WhatsApp Business resmi diluncurkan oleh WhatsApp bagi pemilik usaha kecil untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka.

Dibandingkan dengan aplikasi reguler, WhatsApp Business mengizinkan informasi tambahan pada halaman profil, seperti deskripsi bisnis, email atau alamat toko, dan situs web, yang akan membantu pelanggan terhubung dengan mereka.

WhatsApp Business juga dilengkapi alat perpesanan yang memungkinkan pengguna mengirim balasan instan untuk memberikan jawaban cepat atas pertanyaan yang sering diajukan dan menyapa untuk mengenalkan diri mereka kepada pelanggan.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Reporter: Ibnu Azis
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
a