FIFA Siapkan 10 Juta Dolar AS untuk Dana Pandemi Corona COVID-19

Oleh: Iswara N Raditya - 18 Maret 2020
Gianni Infantino mengusulkan agar FIFA menyiapkan sumbangan sebesar 10 juta dolar AS untuk membantu WHO mengatasi pandemi Corona atau COVID-19.
tirto.id - Badan Kesehatan Dunia (WHO) sedang mengumpulkan dana solidaritas untuk menangani pandemi virus Corona atau COVID-19. Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengusulkan agar federasi sepak bola dunia yang dipimpinnya menyiapkan sumbangan sebesar 10 juta dolar AS atau sekira 150,8 miliar rupiah.

"Saya mengusulkan FIFA memberikan kontribusi langsung 10 juta dolar AS ke Dana Solidaritas COVID-19 WHO, sebagai bentuk solidaritas proaktif untuk tindakan khusus melawan krisis virus Corona," kata Infantino dikutip dari laman resmi FIFA, Selasa (17/8/2020) malam.

Selain itu, Infantino juga memberikan usulan agar dibentuk Dana Bantuan Sepak Bola Global. Badan ini diharapkan bisa menyalurkan bantuan kepada negara-negara anggota FIFA yang turut terkena dampak pandemi Corona, khususnya di sektor sepak bola.

Pandemi COVID-19 memang telah mengusik agenda sepak bola dunia. Banyak kompetisi atau even sepak bola di berbagai negara yang terpaksa ditunda untuk meminimalisir penyebaran virus tersebut, termasuk di Italia, Inggris, Perancis, Spanyol, Belanda, dan lainnya.

Federasi sepak bola Eropa atau UEFA telah resmi menangguhkan penyelenggaraan Euro 2020 pada pertengahan tahun 2021 mendatang. Demikian pula CONMEBOL yang juga menangguhkan gelaran Copa America 2020.


FIFA sendiri juga memundurkan rencana kongres tahunan mereka di Addis Ababa, Ethiopia, yang semula bakal digelar 5 Juni menjadi 18 September 2020.

Selain itu, FIFA juga memikirkan penjadwalan ulang opsi Piala Dunia Antarklub 2021 edisi inagurasi yang awalnya bakal dihelat di Cina. Ada tiga opsi yang bisa dipilih, yaitu tetap dihelat tahun 2021 tapi pada bulan-bulan akhir, diundur pada 2022 atau bahkan 2023.

"Akan dibangun pula diskusi dengan federasi sepak bola Cina dan pemerintah setempat mengenai penundaan Piala Dunia Antarklub 2021 guna meminimalisir dampak negatif," sebut Infantino dalam pernyataannya.


Baca juga artikel terkait PANDEMI CORONA atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight