Berita Internasional Terkini

Fakta-fakta Kebakaran Hutan di California: Ribuan Orang Mengungsi

Penulis: Alexander Haryanto, tirto.id - 25 Jul 2022 19:07 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut fakta kebakaran hutan di California, termasuk situasi terkini dan berita terbarunya.
tirto.id - Kebakaran hutan yang terjadi di Mariposa County, California telah membakar lebih dari 14 ribu hektar. Menurut para pejabat, kebakaran itu menyebabkan ribuan orang mengungsi dari pedesaan. Seperti apa fakta-faktanya?

Seperti dilaporkan CNN, kebakaran itu sudah terjadi sejak beberapa hari lalu. Api turut melahap pepohonan dan asap tebal membumbung ke langit. Setidaknya, ada satu daerah pedesaan yang terbakar.

"(Pihak berwenang) datang ... dan memberi tahu kami bahwa semua orang harus pergi,"kata Wes Detamore, seorang penduduk daerah Mariposa Pines kepada afiliasi CNN, KFSN.

Selain itu, akses listrik di daerah itu juga mati total pada hari Jumat sekitar pukul 16.00 waktu setempat. "dan api telah datang ke arah kami lebih cepat dan lebih cepat," kata Wes Detamore.


Situasi Terkini Kebakaran di California

Seperti dilaporkan Capradio, kebakaran itu membuat Gubernur Gavin Newsom langsung mengumumkan keadaan darurat, terlebih untuk Kabupaten Mariposa setelah kebakaran memaksa lebih dari 3.000 orang mengungsi dari rumah.

kepada Associated Press, juru bicara Hutan Nasional Sierra mengatakan, pada Sabtu, perintah evakuasi diberlakukan untuk lebih dari 6.000 orang yang tinggal di daerah pedesaan yang jarang penduduknya.

Pejabat Taman Nasional Yosemite mengatakan, pengunjung akan dilarang menyalakan api unggun di beberapa area taman. Tujuannya untuk mengurangi pemicu kebakaran hutan baru karena petugas pemadam kebakaran telah berupaya api sejak pekan lalu.

Sementara itu, warga masyarakat Wawona mulai kembali ke rumah masing-masing pada akhir pekan. Komandan insiden Josh Boehm mengatakan salah satu penyebab orang-orang kembali ke rumah adalah kualitas udara.

Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California mengatakan, kebakaran itu telah menghancurkan kurang lebih 10 bangunan dan merusak lima bangunan lainnya. Kobaran api juga mengancam 2.000 bangunan lainnya.

Masih menurut departemen itu, api juga membakar 6.555 hektar pada Sabtu pagi dan hampir 12.000 pada malam harinya. Aktivitas kebakaran sangat ekstrem, dan personel darurat bekerja untuk mengevakuasi orang dan melindungi bangunan.

Selain itu, ada sebelas petugas pemadam kebakaran dengan lebih dari 400 personel, serta 45 mobil pemadam kebakaran dan empat helikopter diterjunkan untuk memadamkan api.


Baca juga artikel terkait KEBAKARAN HUTAN DI CALIFORNIA atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight