Menuju konten utama

Doa Hari Pahlawan 10 November & Contoh Teksnya untuk Upacara

Berikut adalah contoh teks singkat doa Hari Pahlawan 10 November yang bisa dibaca untuk upacara bendera, simak selengkapnya di artikel ini.

Doa Hari Pahlawan 10 November & Contoh Teksnya untuk Upacara
Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Lapangan Pancasila Ende, NTT, Rabu (1/6/2022). ANTARA FOTO/Iqnas Kunda/wpa/nz.

tirto.id - Saat melaksanakan upacara bendera peringatan Hari Pahlawan 10 November, biasanya pembina upacara akan memimpin doa bersama untuk memohon ampun dan perlindungan dari Tuhan yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Doa Hari Pahlawan biasanya berisi soal permohonan soal pahlawan-pahlawan bangsa yang semoga jasanya dan pahalanya dilipatgandakan dan mendapat kemuliaan.

Selain itu, doa Hari Pahlawan 2023 juga bisa berisi harapan-harapan atas bangsa Indonesia di masa depan agar bisa menjadi bangsa yang semakin makmur dan sejahtera.

Hari Pahlawan 2023 sendiri jatuh pada hari ini, Jumat, 10 November. Lantas, Apa tema Hari Pahlawan tahun 2023? Tahun ini tema peringatan Hari Pahlawan adalah “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Pada Hari Pahlawan, diharapkan masyarakat mampu membangun ingatan kolektif yang dapat menggerakkan kesadaran untuk meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Teks Doa Hari Pahlawan Singkat 10 November

Berikut ini adalah contoh teks doa hari Pahlawan singkat 10 November untuk upacara bendera.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Kami yakin dan kami sadari, bahwa kasih dan sayang-Mu sungguh terbentang luas tiada batas, karena itu hanya Engkaulah tempat kami memuji dan bersyukur.

Ya Allah, dengan kasih sayang-Mu pula pada hari ini seluruh bangsa Indonesia dapat melaksanakan upacara bendera, memperingati hari pahlawankusuma bangsa yang telah gugur mendahului kami, demi kemerdekaan bangsa dan Negara Republik Indonesia. Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengampun.

Ampunilah dosa dan kesalahan para Pahlawan kusuma bangsa Indonesia, lipat gandakanlah pahala mereka, tempatkanlah mereka di sisi-Mu ya Allah, muliakanlah kedatangan mereka sisi-Mu, sebagai syuhada yang telah gugur di medan perang. Dengan semangat juang mereka telah mengorbankan jiwa, raga dan harta demi kemerdekaan nusa dan bangsa. Terimalah dharma bhakti dan amal saleh mereka.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Kuasa.

Tanamkan dan kobarkan semangat kepahlawanan pada seluruh bangsa Indonesia, bersatu dalam perbedaan, bersama dalam keberagaman dalam membangun bangsa dan negara kami, untuk menjadi bangsa yang utuh, bangsa yang menjunjung tinggi perjuangan dan kebersamaan dalam membangun bangsa dan Negara Indonesia yang kuat dan sejahtera di bawah lindungan dan bimbingan-Mu.

Ya Allah hindarkanlah bangsa kami dari bencana dan mala petaka agar kami dapat meneruskan pembangunan bangsa kami demi mewujudkan bangsa Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur, sejahtera lahir dan batin, selalu berada dalam naungan ridha dan ampunan-Mu.

Ya Allah ya ghaffar, ampunilah dosa kami, dosa orang tua kami, dosa para pemimpin kami, muliakanlahya Allah kehidupan mereka di dunia maupun di akhirat, amin.

Demikian contoh doa untuk Pahlawan singkat yang bisa dibaca saat upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional seperti dikutip dari laman Scrib.com.

Baca juga artikel terkait DOA HARI PAHLAWAN atau tulisan lainnya dari Maria Ulfa

tirto.id - Pendidikan
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yantina Debora
Penyelaras: Dhita Koesno

Artikel Terkait

Kamis, 10 Nov 2022

Hari Pahlawan