Daftar Situs Penyedia Download Ebook Online Gratis Secara Legal

Oleh: Devi Putri Aji - 7 Desember 2020
Dibaca Normal 2 menit
Berikut adalah situs penyedia ebook atau buku elektronik secara gratis dan legal.
tirto.id - Membaca adalah salah satu kebiasaan yang baik dan paling produktif. Tidak hanya menambah pengetahuan, membaca juga merangsang kreativitas dan membantu kita berpikir lebih baik.

Saat ini, aktivitas membaca bisa jauh lebih mudah, apalagi banyak tersedia ebook atau buku elektronik secara gratis. Sekarang, ada jutaan buku elektronik gratis yang tersedia secara daring dengan beragam topik. Dilansir Beebom berikut situs penyedia ebook secara legal.

1. Open Library

Situs Open Library tidak hanya menyediakan ebook secara gratis, tetapi juga menyediakan banyak informasi berguna. Open Library memiliki koleksi 1 juta ebook domain publik, yang semuanya dapat diunduh secara bebas dalam berbagai format seperti EPUB, DJVU, MOBI, dan PDF.

Open Library juga menyediakan fitur untuk membaca ebook secara online, lalu terdapat macam-macam genre seperti fiksi, klasik, anak-anak, dan drama. Open Library juga mencatat informasi penting seperti nama penulis, klasifikasi dan edisi terkini. Open library juga bermitra dengan banyak toko buku, memungkinkan pengguna meminjam buku untuk dibaca secara online.

2. Project Gutenberg

Situs ini bisa dibilang salah satu sumber ebook gratis yang paling terkenal. Memiliki lebih dari 50.000 judul (saat tulisan ini dibuat), sebagian besar ebook yang tersedia di Project Gutenberg tersedia di bawah domain publik. Dari klasik hingga terbitan berkala, dan dari sejarah hingga ilmu sosial, ada juga buku-buku yang tersedia tentang beragam subjek.

Tambahan terbaru pada situs web ditampilkan di beranda, dan juga dapat menggunakan penelusuran di seluruh situs jika mencari sesuatu yang spesifik. Sebagian besar buku dapat diunduh dalam berbagai format, seperti EPUB, MOBI, dan TXT.

Terlebih lagi, Project Gutenberg juga dapat menyimpan ebook secara langsung ke berbagai layanan penyimpanan cloud, seperti Dropbox, Google Drive, dan OneDrive.

3. Smashwords

Apabila Anda suka dengan karya sastra penulis indie, maka bisa mengunjungi Smashword. Ini adalah platform berbasis web yang memungkinkan penulis/penerbit di seluruh dunia untuk menerbitkan dan mendistribusikan karya mereka.

Smashwords tersedia secara gratis, yang mencakup berbagai topik/genre yang sangat beragam, seperti antologi, fantasi, horor, misteri, romansa (fiksi); dan panduan karier, hiburan, referensi umum, filsafat, sains (non-fiksi).

Selain ribuan ebook gratis, judul berbayar juga tersedia dengan berbagai harga. Setelah menemukan ebook yang dicari, pembaca dapat mengunduhnya dalam berbagai format seperti EPUB, MOBI, PDB, dan TXT. Ebook juga dapat dibaca secara online.

4. Loyal Books

Dari petualangan hingga komedi, dan dari alam hingga tragedi, koleksi Loyal Book publik gratis dimiliki untuk semua orang. Dalam situs ini juga terdapat karya-karya dari tokoh terkenal dunia seperti Benjamin Franklin, Oscar Wilde, Confucius, dan Karl Marx.

Setelah menemukan ebook yang telah dipilih, pembaca dapat mendownloadnya dalam beberapa format seperti EPUB, MOBI, dan TXT. eBook juga dapat dibaca secara online. Kemudia pembaca juga dapat melakukan streaming online, atau mengunduh sebagai MP3 atau Podcast.


5. Bookbub

Perbedaan Bookbub dari yang lain adalah, situs ini tidak hanya memberikan ebook terbaik, tetapi juga menyajikan rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan minat pembaca. Koleksi buku elektronik gratis Bookbub terus berubah, berdasarkan ebook mana yang tersedia secara gratis pada waktu tertentu.

Ebook yang tersedia di Bookbub ialah biografi & memoar, memasak, misteri sejarah, fiksi sastra, dan thriller. Ebook tersebut dapat diunduh langsung ke perangkat pembaca ebook seperti Kindle, Nook, dan Kobo (dalam format yang didukung perangkat) dari toko buku online masing-masing.

Dan tentu saja, Anda juga dapat menemukan penawaran diskon di banyak ebook lainnya, yang perlu dilakukan hanyalah membuat akun gratis.


Baca juga artikel terkait EBOOK PDF atau tulisan menarik lainnya Devi Putri Aji
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Devi Putri Aji
Penulis: Devi Putri Aji
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight