Daftar Negara yang Tidak lagi Memberlakukan Ujian Nasional atau UN

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 12 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
5 negara yang tidak memberlakukan lagi ujian nasional (UN)
tirto.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim akan menghapuskan Ujian Nasional (UN) mulai tahun 2021.

Hal tersebut disampaikan di Jakarta, Rabu (11/12/2019). Sebagai gantinya, Mendikbud akan mengadakan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.

Indonesia memang baru saja menghapuskan ujian nasional sebagai penilaian kelulusan peserta didik, beberapa negara lain telah meniadakannya sejak lama.

Local School Network dalam lamannya memaparkan negara dengan masing-masing sistem pendidikannya. Berikut adalah negara yang tidak memberlakukan lagi ujian nasional (UN):

1. Kanada

Tidak semua negara bagian di Kanada menghentikan ujian nasional dalam penilaian siswa-siswa mereka. Ontario, negara bagian Kanada terluas kedua, tidak memberlakukan ujian nasional.

Ijazah sekolah menengah bisa didapatkan oleh siswa hanya dengan memperoleh 30 kredit di sekolah menengah, menyelesaikan tes literacy di kelas 10 (siswa kelas 15 atau 16), dan menyelesaikan 40 jam keterlibatan dengan masyarakat.


2. Finlandia

Finlandia merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Dikutip dari laman Finnish National Agency For Education, murid-murid sekolah dasar di Finlandia tidak melakukan ujian nasional. Namun tetap ada ujian matrikulasi bagi siswa usia 18-19 tahun dengan mata uji bahasa, tes bahasa nasional lainnya, matematika, satu ujian dari sains atau humaniora, serta ujian satu atau lebih pilihan.


3. Jepang

World Population Review menuliskan dalam lamannya bahwa Jepang masuk dalam 10 negara dengan sistem pendidikan yang baik. Data tersebut merupakan data pada tahun 2018 dan Jepang berada pada angka 9.

Jepang tidak memberlakukan ujian secara nasional. Seluruh sekolah yang ada di Jepang mengadakan sendiri penilaian akhir untuk tiap siswa dengan pengawasan dewan pendidikan kota.

Sekolah-sekolah mengadakan ujian masuk sendiri baik bagi sekolah nasional maupun swasta. Setiap institusi mengeluarkan ijazah yang disebut dengan Sertifikat Pendidikan Menengah Atas sebagai salah satu persyaratan masuk ke perguruan tinggi.


4. Korea Selatan

Tidak ada ujian akhir nasional bagi murid sekolah tahap menengah ke bawah di Korea Selatan. Namun, untuk masuk ke sekolah baik nasional maupun swasta setiap murid perlu mengikuti ujian masuk.


5. Amerika Serikat

Shiksa Study Abroad menuliskan Amerika Serikat sebagai negara dengan tingkat nomor satu di dunia. Tidak ada kualifikasi yang diberikan kepada para murid yang telah menyelesaikan pendidikan wajib. Guna mendapatkan ijazah penyelesaian sekolah menengah, murid harus lulus dari Massachusetts Comprehensive Assessment System (MCAS) di tingkat 10, Bahasa Inggris, sains, matematika, dan teknologi. Ijazah tersebut digunakan sebagai salah satu syarat memasuki perguruan tinggi.


Baca juga artikel terkait UJIAN NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight