Daftar Kandidat FIFA The Best 2019: Messi, Ronaldo, & Van Dijk

Oleh: Wan Faizal - 2 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Virgil Van Dijk adalah finalis The Best FIFA Men's Player 2019.
tirto.id - Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Virgil van Dijk resmi diumumkan FIFA sebagai tiga finalis The Best FIFA Men’s Player 2019 pada Senin (2/9/2019). Penentuan pemenang sendiri akan berlangsung pada 23 September 2019 dalam The Best FIFA Football Awards di Stadion San Siro, Milan.

"Pemain Terbaik FIFA kategori pria dua kali, Cristiano Ronaldo, kembali ke posisi tiga teratas untuk tahun keempat beruntun, sementara Lionel Messi -pemain terbaik dunia lima kali- kembali dinobatkan di antara tiga besar (FIFA The Best)," pengumuman FIFA pada Senin (2/9/2019).

Nama Messi dan Ronaldo sudah tak asing lagi masuk ke dalam daftar tiga besar Pemain Terbaik FIFA, baik ketika dengan nama FIFA The Best atau ketika masih dilabeli FIFA Ballon d'Or.

Bagi Messi, ia kembali masuk ke daftar teratas, setelah tahun lalu gagal menembus tiga besar karena kalah bersaing dengan CR7, Mohamed Salah, dan Luka Modric. Pemenang The Best FIFA Men's Player 2018 adalah Modric.

Terpilihnya Messi masuk finalis tahun ini adalah hal yang wajar. La Pulga sukses mengantar Barcelona meraih gelar juara Liga Spanyol musim lalu. Selain itu, ia memenangi Sepatu Emas Eropa dan menjadi pencetak assist terbanyak di La Liga. Catatan lain yang membawanya menjadi finalis tahun ini adalah keberhasilan membawa Argentina menjadi juara ketiga di Copa America 2019.

Demikian juga dengan Ronaldo yang meski umurnya bertambah, nyaris tidak pernah kering prestasi. Musim debutnya di Juventus diakhiri dengan raihan scudetto plus menjadi top skor tim di semua ajang. Tak hanya itu, Ronaldo juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Serie-A musim lalu. Yang tak kalah prestisius adalah, CR7 juga sukses mengantar Portugal menjuarai Liga Negara Eropa.

Sementara Van Dijk pun tak kalah modal untuk mendapatkan trofi pemain terbaik. Bek asal Belanda itu meraih gelar Liga Champions 2018/2019 bersama Liverpool. Ia juga menjadi Pemain Terbaik Liga Inggris musim lalu. Di level timnas, ia mengantarkan Belanda menjadi runner-up Liga Negara Eropa.



Double Winner Van Dijk?

Van Dijk bisa dikatakan menjadi nama yang paling inferior jika dibandingkan dengan Messi dan Ronaldo. Pasalnya, ini adalah kali pertama ia masuk kandidat pemain terbaik dunia. Selain itu, bek terakhir yang bisa mendapatkan trofi Pemain Terbaik FIFA adalah Fabio Cannavaro, dan itu sudah terjadi sejak 2006 lalu. Artinya dalam 12 tahun berikutnya, tak ada bek yang dianggap menjadi pemain terbaik.

Akan tetapi bukan berarti eks pemain Celtic dan Southampton itu benar-benar tak punya peluang. Van Dijk sudah mengalahkan Messi dan Ronaldo sebagai Pemain Terbaik UEFA 2019.

Dalam perolehan suara saat itu, Van Dijk jauh mengungguli Messi dan Ronaldo. Jika Van Dijk memperoleh 305 poin, maka Messi hanya 207 poin dan Ronaldo dengan 74 poin saja.

Dalam sejarah lima tahun terakhir terbukti bahwa peraih trofi Pemain Terbaik UEFA juga sukses merengkuh gelar Pemain Terbaik FIFA di tahun yang sama. Hal itu dirasakan oleh Cristiano Ronaldo (2014), Messi (2015), Ronaldo (2016), Ronaldo kembali (2017), dan Modric (2018).

Lalu, apakah ini jadi jaminan Virgil Van Dijk bakal dinobatkan sebagai peraih The Best FIFA Men's Player 2019?

Baca juga artikel terkait PEMAIN TERBAIK FIFA 2018 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight